Manfaat Jalan Kaki Pagi Untuk Tubuh Sehat

Manfaat jalan kaki pagi hari sudah tak bisa dibantahkan perannya. Apalagi pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga. Bagi sebagian besar masyarakat saat ini, olahraga cenderung harus menggunakan alat dengan pergi ke tempat gym atau juga menggunakan peralatan lain untuk berolahraga.

manfaat jalan kaki pagi agar tubuh sehat bugar

Selain itu olahraga memakan waktu yang lama sehingga sangat sulit untuk menyempatkannya. Padahal olahraga sangatlah penting untuk membuat tubuh menjadi lebih prima. Nah untuk olahraga yang mudah dilakukan dan tidak memakan banyak waktu adalah jalan kaki di pagi hari.

Manfaat Jalan Kaki Pagi Yang Menyehatkan

Olahraga ini tidak membutuhkan teknis khusus sehingga bisa dilakukan oleh siapapun. Bagi orang yang sedang berangkat kerja bisa memilih jalan kaki jika kantor kerjanya dekat atau jika kantornya jauh maka parkir kendaraan agak jauh untuk memberikan ruang berjalan kaki. Meskipun simpel dan sederhana tak ada yang menyadari besarnya manfaat jalan kaki pagi hari. Berikut diantaranya.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Hal utama tentu saja menjaga kesehatan tubuh. Olahraga membuat kalori dalam tubuh kamu terbakar sehingga kalori yang berlebihan dan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan terbakar dengan sendirinya. Pembakaran ini akan dirasakan pada tubuh yang hangat ditengah dinginnya pagi. Adapun penyakit yang bisa diatasi dengan jalan kaki pagi hari adalah.

– Osteoporosis

Osteoporosis adalah sebuah penyakit yang berhubungan dengan pangapuran dan pengikisan tulang. Pada tubuh yang kurang bergerak maka akan rentan terhadap kondisi ini. Bagi orang yang mengalami osteoporosis akan sering mengeluhkan rasa sakit pada tulang-tulangnya.

– Jantung

Jalan kaki pagi hari juga bagus untuk memperbaiki kekuatan jantung. Gerakan mudah dan teratur pada jalan kaki akan membuat peredaran darah yang menuju jantung bisa bekerja dengan maksimal sehingga kondisi jantung akan tetap prima.

– Sirkulasi Darah

Sebagaimana disebutkan sebelumnya gerakan santai jalan kaki akan membuat seluruh peredaran darah dalam tubuh berjalan maksimal. Peredaran ini akan membuat kinerja organ lain dalam tubuh bisa bekerja dengan sebaik mungkin dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

– Memperkuat Otot

Gerakan pada kaki dan tangan akan membuat otot berkontraksi sehingga menjadi lebih lentur dan lebih kuat. Apalagi jika dilakukan saat akan bekerja tentunya otot akan lentur sehingga bekerja bisa lebih nyaman dan terhindar dari kram otot atau cepat lelah.

– Menurunkan Berat Badan

Terakhir adalah bisa menurunkan berat badan bagi orang yang mempunyai lemak berlebih. Cara ini adalah cara termudah selain menjaga asupan makanan untuk membakar kalori dan lemak yang tidak dimanfaatkan oleh tubuh.

Memperbaiki Mood Pagi Hari

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, jalan kaki di pagi hari bisa memperbaiki mood yang ada dalam diri sebelum beraktifitas. Mood sangatlah menentukan semangat beraktifitas sepanjang hari. Oleh karena itulah dengan berjalan kaki santai akan membuat mood pagi lebih semangat dan lebih ceria karena kondisi fisik yang prima dalam menghadapi aktifitas nantinya.

Sarana Kebersamaan dengan Keluarga dan Teman

Hari libur akan lebih asyik dan menyenangkan untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Nah bagi yang ingin waktunya lebih bermanfaat dan menyehatkan maka ajaklah keluarga dan teman-teman untuk jalan kaki bersantai bersama. Jalan-jalan ini bisa dilakukan di halaman, di kebun, atau di lapangan atau tempat yang mempunyai banyak udara bersih di dalamnya. Dengan banyaknya tanaman disekitar akan membuat acara pagi lebih nyaman karena udara yang bersih dan segar sehingga menambah semangat berkumpul bersama keluarga atau teman sebagai salah satu manfaat jalan kaki pagi.

Mungkin Anda juga menyukai