Manfaat Jalan Kaki Paling Mengejutkan

Manfaat Jalan Kaki Paling Mengejutkan – Sudahkah Anda tahu apa saja manfaat jalan kaki yang terbaru dan belum pernah diungkapkan sebanyak ini dimanapun? Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berusaha membeberkan informasi penting bagi Anda. Bahkan yang belum pernah terduga oleh Anda sebelumnya.

tips manfaat jalan kaki paling hebat

Di jaman sekarang ini apalagi di Indonesia sudah banyak yang terkena invasi alat transportasi pribadi dari perusahaan asing yang disebut sepeda motor dan mobil pribadi. Yang pada waktu dulu belum seheboh sekarang ini baik pemasaran maupun jumlah unit kendaraan. Kita bisa lihat sendiri iklan penawaran kendaraan motor atau mobil di berbagai media televisi, online, koran dan majalah. Semuanya menawarkan kecanggihan dan kemudahan dalam bertransportasi.

Ada kemungkinan masyarakat tergiur dengan kemudahan pembelian motor dan mobil karena adanya sistem DP yang ringan dan beberapa pilihan cicilan bulanannya yang juga ringan. Apalagi ditambah dengan tipe kendaraan yang beragam walau hanya dari satu merk saja. Anda sudah pasti hafal beberapa merk produk otomotif.

Saya akui bahwa pada dasarnya manusia ingin serba mudah, cepat, dan praktis. Selalu menghindari yang namanya capek. Buat apa berlelah-lelah kalau ada yang lebih mudah dan tidak membuang tenaga seperti menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Namun ada yang terlupakan dan terabaikan dari penggunaan kendaraan bermotor atau mobil pribadi. Sudah tentu akan membuat suara bising mesin dan knalpot jadi lebih banyak jika penggunaannya juga banyak. Menghasilkan polusi udara (asap) serta menjadikan pengendaranya cenderung pasif (sedikit bergerak) tidak seperti berjalan kaki yang terus menerus bergerak aktif.

Saya telah melakukan pengamatan yang berulang-ulang terhadap fenomena ini. Sangat unik dan menarik dalam hati dan pikiran saya. Saya selama ini sangat jarang menggunakan motor pribadi apalagi mobil. Kebetulan sudah terbiasa berjalan kaki dan naik angkutan umum. Dua metode yang menurut saya cukup efektif dalam menjaga kesehatan tubuh (berjalan kaki) dan mengurangi dampak kemacetan di jalan raya.

Entah mengapa saya selalu suka berjalan kaki dan menggunakan angkutan umum seperti mobil angkot. Pada saat dulu ada beberapa kali saya mencoba mengendarai sepeda motor namun ada yang kurang sreg dalam hati saya yaitu bobot sepeda motor yang tentunya sulit diangkat. Melainkan hanya bisa didorong maju dan mundur. Punya motor saya anggap punya banyak beban pribadi bagi penggunanya atau pemiliknya. Apa sajakah itu?

Mari saya akan ajak Anda mengungkapnya satu per satu disini.

Kekurangan Menggunakan dan atau Memiliki Sepeda Motor atau Mobil Menurut Versi Saya:

1. Sepeda motor beratnya sangat besar. Saya ambil contoh salah satu produk motor matic merk dan tipe tertentu beratnya sekitar 87 Kg.

Bandingkan dengan sepeda yang beratnya kurang dari 10 Kg. Bagaimana dengan berjalan kaki dan naik angkutan umum? Kalau berjalan kaki tergantung apa yang kita bawa, apakah tas berisi buku-buku, baju-baju atau yang lainnya.

Bagi yang mempunyai berat badan yang berlebih ini suatu kesempatan baik agar merutinkan berjalan kaki mulai dari kecepatan lambat (santai) sampai kecepatan sedang.

Jika nanti berat badan mulai turun karena selalu rajin berjalan kaki yang gunanya membakar lemak tubuh dan kalori. Seseorang akan bisa berjalan kaki cepat seperti saya yang berat badan kurang dari 50 Kg.

Apabila sudah terlatih dan terbiasa berjalan kaki cepat maka olahraga satu ini akan menjadi hobi yang menyehatkan. Jadi, kembali kepada pembahasan tentang bobot motor yang berat dan juga ukurannya yang bisa dibilang barang besar.

Maka ini yang membuat repot, mendorong-dorong barang berat ini setiap hari tentu akan membuat diri lelah juga sama seperti berjalan kaki yang gerakannya lebih teratur dan berirama.

2. Sepeda motor membutuhkan ruang yang juga tidak sedikit. Bandingkan kembali dengan sepeda yang ukurannya lebih ramping daripada motor bahkan mobil.

Apalagi sekarang ada sepeda lipat. Lalu bandingkan lagi dengan hanya tubuh kita. Pastinya sepeda motor dan mobil belum bisa menandinginya.

Terkadang banyak saya lihat orang memasukkan motor pribadi ke dalam rumahnya bukan ke gudang khusus atau garasi.

Bukankah ini mengganggu ruangan yang ada misalkan ruang tamu. Akan mempersempit luasnya ruang tersebut. Yang lebih parah, pasir atau tanah yang menempel pada ban akan juga ikut mengotori lantai rumah.

3. Sepeda motor seperti kita ketahui walaupun membelinya dalam kondisi baru dari dealer motor. Anda pakai 1 hari saja. Motor itu sudah berstatus bekas. Nilai motor itu turun 1 hari.

Belum lagi jika memakainya berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Statusnya cepat berubah dari barang baru menjadi barang bekas pakai. Alias sudah tidak “perawan” lagi.

4. Pernahkah Anda mendengar harga sepeda motor baru misalnya Rp. 15.000.000 dan dipakai dalam waktu yang cukup lama. Lalu dijual maka harganya kemungkinan besar berkurang separuhnya sekitar Rp. 7.500.000 saja.

Karena motor itu sudah berstatus bekas. Inilah yang dibilang bahwa kepemilikan sepeda motor atau mobil pasti merugi atau harganya jatuh perlahan jika dipakai untuk keperluan pribadi. Intinya sepeda motor tiap tahun harganya jatuh.

Walaupun motor yang diproduksi tahun 1980 atau pada tahun sekarang 2017 lambat laun akan jatuh juga harganya dari waktu ke waktu.

5. Perbaikan sepeda motor yang semakin mahal. Sepeda motor jika dipakai tentunya akan berkurang fungsi dari setiap alat atau komponen motor dan pada akhirnya mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut bisa diperbaiki dan bahkan juga bisa rusak parah. Misalkan saja ban, rem, lampu dan sebagainya. Begitu banyak komponen pada sebuah motor atau mobil. Mungkin ada ribuan. Perbaikan atau pergantian onderdil motor juga tidak murah pada saat ini. Harga onderdil sudah Anda ketahui naik.

6. Ada biaya parkir di tempat-tempat tertentu. Inilah industri parkir yang tentu saja menguntungkan bagi pihak tertentu. Anda tahu berapa biaya parkir motor dan mobil?

Kalau saya tidak tahu.

Ini tentunya akan mengurangi isi dompet Anda walaupun kecil. Kecil akan menjadi besar kalau Anda sering memakai motor dan mobil serta diparkirkan di tempat yang berbayar. Bandingkan jika berjalan kaki, apakah ada biaya parkir?

7. Sepeda motor tentunya sudah diatur sedemikian rupa untuk keselamatan dan keamanan. Untuk itu pemerintah mengatur pengguna sepeda motor dan mobil untuk wajib memiliki Surat Izin Mengemudi dan membayar pajak-pajaknya.

Sekarang pertanyaan saya, apakah Anda selalu membayar perpanjangan SIM dan pajaknya? Jika iya, itu bagus sekali.

Bagaimana jika tidak? Apa alasan Anda tidak membayar? Saya yakin Anda bisa menjawabnya.

Anda merasa repot membayar segala biaya SIM dan pajaknya? Inilah risiko atau kekurangan dari penggunaan sepeda motor yang tidak boleh dianggap main-main. Bandingkan saja dengan berjalan kaki, alat transportasi alami ini saya merasakannya sangat bebas dari SIM dan pajak. Alias bebas pajak. Gratis.

8. Penggunaan sepeda motor dan mobil di jalan raya tentunya selalu diawasi oleh kepolisian. Tindakan razia dan penilangan terhadap pengguna kendaraan bermotor yang melanggar peraturan akan selalu ada.

Pertanyaannya kali ini adalah apakah Anda pernah dirazia? Apakah Anda pernah ditilang karena sebab tertentu?

Bagaimana rasanya? Sedih? Kecewa? Kesal? Marah? Repot?

Anda sendiri yang menjawabnya ya. Bandingkan dengan berjalan kaki yang bebas dari pengawasan polisi alias nyaris tanpa razia dan penilangan. Ini tentunya memudahkan kita.

9. Motor dan mobil jika tidak dirawat dengan baik akan membuat sesuatu hal yang merusak lingkungan yaitu udara. Udara yang bersih dan sejuk dapat rusak sekejap saja dengan berlalu lalangnya motor dan mobil yang mengeluarkan asap dari knalpot.

Saat pagi hari adalah waktu yang baik menghirup udara segar namun itu sangatlah sulit didapat pada saat sekarang karena sudah banyaknya orang mulai keluar dari rumah pergi ke berbagai tempat dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Inilah yang sangat saya sayangkan. Bagaimana tidak, udara atau oksigen yang murni itu sangat kita perlukan sebagai manusia untuk bernafas dengan baik malah kotor dan beracun. Memberi asupan oksigen ke dalam tubuh itu penting.

Bayangkan betapa mahal dan berharganya oksigen itu yang dianugerahkan oleh ALLAH Ta’ala. Tubuh kita, khususnya paru-paru sangat memerlukan oksigen.

Karena oksigen adalah makanan utamanya. Bukan asap. Bukan pula karbon monoksida atau timbal. Jadi, menurut saya bahwa kendaraan bermotor dan mobil ini menjadi mesin produksi asap (racun).

Maukah Anda turut andil dalam proses produksi asap setiap harinya? Saya berpendapat dari dalam lubuk hati yang paling dalam adalah Tidak.

Saya yakin Anda juga tidak ingin menghirup udara beracun (asap) tersebut. Sadarkah kita terhadap dampak buruk ini? Memang motor dan mobil keunggulannya adalah praktis dan cepat. Tapi maukah ktia mengorbankannya dengan sesuatu yang lebih berharga yaitu rusaknya udara bersih, oksigen di lingkungan kita?

10. Banyaknya pengguna motor dan mobil di jalanan semakin memperbesar peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas. Inilah yang termasuk dalam kategori mesin pembunuh terbesar.

Kita tahu bahwa semakin banyak penggunanya makin bervariasi pula level keterampilan pengendara. Mulai dari yang amatir sampai profesional. Karakter pengendara pun juga bervariasi.

Ada yang suka pelan, ada juga yang suka ngebut. Pengendara yang suka ngebut ini yang saya tidak suka dan polisi juga tidak menyukainya. Karena bisa mengancam keselamatan dirinya sendiri dan orang lain. Kalau dibandingkan dengan berjalan kaki, maka kecil kemungkinan terjadi kecelakaan yang parah.

11. Memiliki sepeda motor berarti siap keluar biaya operasional. Biaya operasional disini saya artikan sebagai uang untuk membeli bensin dan lainnya agar motor bisa bergerak.

Ini tentunya akan semakin tinggi ketergantungan Anda terhadap bensin untuk motor atau mobil. Coba jika kita berjalan kaki tidak perlu beli bensin. Cukup minum air dan makan secukupnya saja. Melangkahkan kaki dengan santai atau cepat. Itu lebih mudah dan murah.

12. Mempunyai sepeda motor atau mobil tidak hanya cukup memakainya saja. Namun harus dan sebaiknya menguasai seluk beluk tentang motor atau mobil yang dimiliki.

Anda harus mengerti berbagai komponen yang ada dalam motor atau mobil. Itu akan mempermudah Anda jika suatu saat ada kerusakan. Lebih bagus jika Anda bisa memperbaikinya sendiri. Kalau kurang menguasainya maka Anda harus menyiapkan uang banyak untuk diperbaiki di bengkel.

13. Bagi Anda yang saat ini sedang memakai sepeda motor atau mobil kreditan. Risiko yang paling memalukan adalah saat tidak bisa membayar cicilan bulanan.

Akibatnya motor atau mobil Anda akan ditarik oleh dealer atau lembaga pembiayaan. Ini sebetulnya tidak adil dan salah. Tapi begitulah kondisinya. Anda siap dengan itu? Kalau Anda berjalan kaki, tentunya tidak ada dealer dan lembaga pembiayaan yang bakal menarik kaki Anda.

14. Banyak sekarang berita kecelakaan yang disebabkan oleh hal konyol yaitu orang berkendara sambil mengutak-atik ponsel. Apa yang ada dalam pikiran mereka berkendara sambil menggunakan ponsel? Apakah mereka tidak menganggap itu berbahaya?

Polisi sudah berkali-kali memberikan peringatan jangan gunakan ponsel saat berkendara. Terbukti banyak yang melanggarnya dan akibatnya kecelakaanlah yang terjadi. Bagaimana dengan kita yang berjalan kaki sambil memegang ponsel.

Saya rasa aman saja. Asalkan berjalan pelan dan sembari melihat sekitar. Saat berjalan kaki kita tidak sedang membawa kendaraan. Tapi hanya membawa tubuh sendiri saja. Jadi, yang dipikirkan adalah hanya tubuh dan ponsel saja. Berbeda jika memakai sepeda motor sambil memakai ponsel, maka yang dipikirkan menjadi tiga yaitu tubuh, sepeda motor dan ponsel.

15. Sepeda motor dan mobil bikin macet jalanan. Ini bisa kita lihat kenyataannya walau hanya melihat lewat televisi. Tayangan berita tentang kondisi macet di jalan raya pun sering kita lihat.

Tidak lain adalah karena banyaknya bertaburan kendaraan bermotor di jalanan. Oke, sekarang jika ada banyak orang jalan kaki di jalanan, apakah ada kemacetan? Misalkan ada 1000 orang memakai kendaraan bermotor di jalanan dan dari 1000 orang pengguna kendaraan bermotor itu dibagi dua. 500 orang mengarah ke kiri dan 500 orang mengarah ke kanan. Anda bisa membayangkannya?

Bagaimana kelancaran lalu lintasnya? Nah, sekarang contoh lainnya ada 1000 orang pejalan kaki. Dibagi dua. 500 orang berjalan ke arah kiri dan 500 orang berjalan ke arah kanan. Bisa Anda bayangkan bagaimana alirannya apakah lebih lancar daripada orang-orang yang berkendaraan tadi? Bisa saya simpulkan langsung bahwa alur lalu lintas pejalan kaki lebih lancar dibanding pemakai kendaraan bermotor.

16. Sepeda motor adalah kendaraan mahal dengan biaya tidak sedikit. Jalan kaki lebih murah bahkan boleh dibilang gratis.

Saya rasa tentang kekurangan motor dan mobil sudah kuat pada kesempatan kali ini. Bagaimana dengan Anda? Apakah kekurangan dari kendaraan motor atau mobil pribadi lebih banyak daripada kelebihannya? Ataukah sebaliknya? Itu terserah Anda.

Kenapa saya serius membahas ini, perbandingan antara sepeda motor dan jalan kaki. Karena kesehatan lah yang menjadi fokus perhatian saya. Kesehatan manusia dan juga kesehatan lingkungan. Bukankah kesehatan lebih mahal harga dan nilainya?

Baiklah, sekarang saya akan mengulas lebih jauh lagi tentang Manfaat Jalan Kaki yang tidak hanya baik dalam satu sisi tapi berbagai sisi lainnya. Kenapa ini saya bagikan kepada Anda semua. Karena saya ingin membuka mata hati Anda bahwa berjalan kaki bisa menjadi pilihan terbaik untuk sistem transportasi dan gaya hidup sehat sehari-hari.

Mari kita ulas bersama. Berikut ini kelebihan, manfaat, khasiat, keistimewaan dari aktivitas berjalan kaki bagi manusia dan lingkungan serta aspek lainnya dalam kehidupan. Semoga semakin menjadi sebuah inspirasi.

#1. Jalan kaki merupakan gerakan alami dan umum dari manusia. Berjalan kaki adalah hal yang biasa dilakukan manusia bahkan di dalam rumah pun kita berjalan kaki. Tapi saya pernah mendengar dari orang bahwa berjalan kaki itu seperti orang yang miskin. Ini sungguh keterlaluan. Berjalan kaki dihubungkan dengan kemiskinan. Bukankah dia juga berjalan kaki setiap harinya walau hanya dalam rumah, dari kamar ke kamar.

#2. Jalan kaki tak perlu dibuat surat izin. Berbeda dengan berkendaraan motor wajib punya surat izin mengemudi.

#3. Jalan kaki tak menimbulkan polusi asap seperti layaknya kendaraan bermotor. Orang yang berjalan kaki telah berbuat baik karena tidak mencemari lingkungan.

#4. Jalan kaki tak mengeluarkan bunyi bising nyaring mesin seperti kendaraan motor atau mobil. Lebih mengganggu suara mesin motor atau mobil daripada orang yang berjalan kaki. Di lingkungan saya sendiri tempat dimana kami tinggal, ada tetangga yang memakai motor gede tapi knalpot yang digunakan tidak standar.

Anda sudah tahu kalau knalpot yang tidak standar pastinya tidak layak digunakan karena suara yang dikeluarkan sangat mengganggu alias nyaring. Saya terheran-heran, apa sih kelebihannya knalpot dengan suara nyaring itu? Ketika malam yang tenang, dimana sebagian orang ingin istirahat atau tidur malam, langsung terganggu dengan nyaringnya suara dari knalpot tersebut.

#5. Berjalan kaki lebih nyaman dalam mengamati lingkungan sekitar. Karena saat berjalan kaki tentu akan lebih lama dalam mengamati sesuatu. Beda jika memakai kendaraan dengan kecepatan yang lebih dari berjalan kaki maka apa yang dilihat lebih cepat selesai saat melewati hal yang ada di sekitar.

#6. Berjalan kaki lebih memungkinkan melewati jalan-jalan sempit seukuran badan orang dewasa. Coba jika memakai sepeda motor saat melewati jalan sempit. Bisakah?

#7. Jalan kaki sangat baik buat orang yang ingin menurunkan berat badan secara aman, mudah dan murah. Tak perlu mengeluarkan uang lebih banyak ke tempat klinik kesehatan hanya sekedar menormalkan berat badan. Kalori yang berlebihan ada dalam tubuh pun akan berkurang dengan rutin berjalan kaki.

#8. Anda tahu sekarang banyak produk makanan maupun minuman yang bisa bermanfaat dalam menguatkan tulang. Ya, kita bisa membelinya. Namun alangkah baiknya ada cara alami untuk mencegah tulang dari penyakit keropos tulang (osteoporosis) yaitu berjalan kaki. Tulang kaki dan juga tak ketinggalan tulang-tulang lainnya juga aktif bergerak dan terlatih setiap hari. Efeknya akan semakin kuat.

#9. Gerakan jalan kaki merupakan salah satu gerakan yang bermanfaat untuk memperkuat otot kaki, bokong dan paha. Jadi, latihan jalan kaki dapat membuat kita dapat berdiri tegak menopang badan dan juga terlebih saat melangkah.

#10. Dapat memperlancar aliran darah yaitu dengan berjalan kaki saja. Inilah yang dinamakan kesederhanaan yang dapat menyehatkan tubuh. Hanya melakukan jalan kaki Anda bisa merasakan tubuh yang enteng karena peredaran darah berubah menjadi lancar dari sebelumnya.

#11. Gula darah dapat dikendalikan lebih baik dengan hanya berjalan kaki apalagi melakukannya pada pagi hari. Jadi tak cuma memakan sayur mayur yang dapat mengontrol gula darah, tetapi gerakan jalan kaki bisa memberikan solusi sehat bagi Anda.

Ini diperkuat dengan adanya hasil riset oleh Asosiasi Medis Amerika yang mendapatkan bukti bahwa orang yang berlatih pada pagi hari seperti berjalan kaki dapat memperlihatkan kondisi gula darah yang terkendali sehari penuh.

Saran terbaik untuk yang ingin menjaga kesehatan dan mencegah diabetes adalah berjalan kaki pagi tiap hari dengan rata-rata kecepatan enam kilometer per jam dan dalam waktu sekitar 50 menit cukup bisa menghindari dari penyakit diabetes yang berbahaya ini. Agar lebih optimal, kurangi konsumsi makanan minuman mengandung gula.

#12. Terhindar dari penyakit serangan jantung. Penyakit ini memang jadi penyakit populer di dunia. Sehingga selayaknya lah kita harus waspada dan selalu menjaga kesehatan.

Bagi Anda yang serius ingin memelihara kesehatan jantung Anda, maka cara yang mudah diaplikasikan adalah berjalan kaki setiap pagi supaya kerja jantung jadi selalu bagus dan sehat.

#13. Manfaat jalan kaki yang juga penting adalah menyehatkan paru-paru yang berfungsi untuk pernafasan.

Apabila kita berjalan kaki setiap pagi hari dan dalam gaya cepat akan berguna untuk paru-paru jadi sehat.

#14. Tak perlu obat khusus untuk menurunkan tensi atau tekanan darah yang tinggi. Cukup lakukan jalan kaki rutin setiap pagi, itu dapat membuat tekanan darah lebih turun.

Tak cuma itu saja, sel-sel darah yang saling rekat dapat dikurangi yang apabila tidak dicegah akan berdampak pada bongkahan darah beku yang bakal menghambat saluran darah.

#15. Dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Banyak saat ini makanan yang mengandung kolesterol jahat tapi banyak juga yang masih suka memakannya. Maka tidak heran, banyak penderita penyakit kolesterol. Untuk mencegahnya, jalan kaki merupakan cara yang baik dilakukan. Aktivitas gerakan jalan kaki terlebih pada pagi hari sangat bagus untuk mengaktifkan kolesterol baik dalam menyedot banyak kolesterol jahat dalam tubuh.

#16. Stroke pun bisa dicegah. Sesuai kajian terkini yang dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas berjalan kaki sekitar 20 jam dalam satu pekan dapat mengurangi stroke hingga 2/3 kali.

Ini dibuktikan pada jaman dulu orang jarang sekali terkena stroke karena rutin berjalan kaki. Ditambah gaya hidup mereka yang jauh berbeda dengan orang sekarang, diantaranya makan buah dan sayuran, orang dulu terbiasa pergi kemana-mana dengan berjalan kaki.

#17. Mampu Meningkatkan Kekebalan dan Fit pada Tubuh. Anda bisa mendapatkan khasiat olahraga jalan kaki jika melakukannya hingga tiga kali dalam sepekan yaitu bertambahnya kesegaran tubuh dan memelihara kesehatan pernafasan.

Hal tersebut juga akan beriringan dengan bertambahnya sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

#18. Mendongkrak Metabolisme Pada Tubuh. Saat berjalan kaki terutama pagi hari, maka kandungan kalori dalam tubuh akan bisa mudah dibakar dan berujung pada bertambahnya proses metabolisme walaupun nanti Anda sedang dalam kondisi diam.

#19. Jalan Kaki Sangat Baik Dalam Hal Pembakaran Lemak Di Tubuh. Dinyatakan bahwa berjalan kaki khusus di pagi hari sekitar 20 atau 30 menit setiap hari bakal membakar kurang lebih tujuh (7) pound lemak.

Ini sangat bermanfaat buat Anda yang serius ingin mengurangi lemak yang banyak dalam tubuh.

#20. Mencegah dan Menyembuhkan Jerawat. Penyakit kulit seperti jerawat sudah sering melanda orang banyak dan ini sangat mengganggu penampilan.

Cara yang baik adalah berjalan kaki pagi hari yang bisa meningkatkan kesehatan kulit jadi membaik tak terkecuali sebagai obat jerawat. Saat pagi hari kulit kita bisa bernafas disertai adanya oksigen murni yang masih segar dan belum tercemar oleh polusi asap.

Keringat yang keluar saat berjalan kaki dapat membuat terbuka pori-pori pada kulit dan terjadi proses pembersihan sehingga bisa dirasakan dan dilihat kulit akan terlihat lebih segar dan sehat.

#21. Mempermudah Otak Menerbitkan Hormon Endorfin. Anda sudah tahu apa itu hormon endorfin?

Hormon ini memiliki senyawa kimia yang berpotensi dalam menjadikan orang merasakan hati menjadi senang dan bahagia. Endorfin dibuat oleh kelenjar pituitary yang berlokasi di otak bagian bawah.

Bagaikan morphine, endorfin malahan disebutkan mempunyai kemampuan 200 kali lipat dibanding morphine sehingga membuat orang merasa senang, tenang, nyaman dan bertenaga.

#22. Menambah Kemampuan Dalam Berkonsentrasi. Belum banyak yang tahu bahwa berjalan kaki terutama di pagi hari bisa menambah daya konsentrasi dan mengasah kewaspadaan.

Jadi tak perlu cari cara lain yang rumit agar bisa meningkatkan atau optimalisasi otak, cukup berjalan kaki saja secara rutin setiap hari.

#23. Sebagai Proses Relaksasi. Rutin melakukan jalan kaki khususnya pagi hari dengan disertai masih banyaknya udara segar dapat memunculkan kekuatan positif dan mengurangi rasa depresi sehingga mental Anda semakin baik dan sehat.

#24. Sebagai pencegah kepikunan. Bagi orang yang sudah berusia lanjut sekitar 65 tahun sudah banyak yang mengalami penyakit pikun alias lupa.

Apabila orang rutin berjalan kaki pagi hari akan membantu dalam menjaga otak tetap sehat dan menurunkan bahaya kepikunan sampai empat puluh persen.

#25. Membuat Tidur Menjadi Berkualitas Lebih Baik. Ada riset yang dilakukan oleh Fred Hutchison Cancer Research Center yang berada di Seattle, memperlihatkan bahwa kegiatan sport (olahraga) yang dikerjakan di pagi hari sangat baik dalam menjadikan nyenyak tidur saat malam hari.

#26. Untuk Kebutuhan Interaksi. Berdasarkan pendapat dari John Fruin, berjalan kaki merupakan alat utama untuk melaksanakan hubungan tatap muka yang semuanya berada dalam kegiatan profitabel dan gaya hidup di wilayah perkotaan.

#27. Lebih Minim Suara. Berjalan kaki sudah dipastikan tidak akan mengeluarkan suara bising nyaring seperti suara mesin dan knalpot kendaraan bermotor yang bersifat mengganggu.

#28. Bebas Biaya Parkir. Parkir identik dengan yang namanya kendaraan yaitu sepeda, motor dan mobil. Beda sekali jika kita kemana-mana berjalan kaki saja, tak akan ditagih oleh tukang parkir untuk bayar.

#29. Tidak Perlu Beli Bensin. Anda hanya melangkah saja. Tidak perlu menyediakan uang dalam jumlah tertentu untuk membeli bahan bakar minyak.

#30. Tak Perlu Ikut Kursus Keterampilan. Berjalan kaki sangatlah mudah dan secara alami sudah bisa dilakukan oleh banyak orang. Berbeda jika berolahraga seperti sepakbola yang harus banyak mempelajari skill.

#31. Nyaris Tidak Mengeluarkan Asap (Polusi Udara). Ini berbeda jika menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil yang sifatnya mekanik atau menggunakan mesin dan knalpot yang pastinya mengeluarkan gas buangan (asap) dimana asap itu mengandung berbagai macam racun yang berbahaya bagi manusia.

#32. Tak Perlu Memiliki Surat Kepemilikan dan Izin. Anda pasti tahu bahwa memiliki dan mengendarai kendaraan motor dan mobil wajib punya Surat Izin Mengemudi dan juga surat lainnya seperti STNK dan BPKB. Lain hal jika Anda berjalan kaki, maka bebaslah dari hal tersebut yaitu SIM, STNK, dan BPKB.

#33. Lebih Dekat Dengan Bumi. Berjalan kaki Anda dapat lebih mudah berdekatan dengan alam, bumi dan lingkungan sekitar. Ketika Anda menapakkan kaki itu sama Anda sedang melakukan kontak dengan bumi. Beda jika Anda menaiki kendaraan, maka jarak kaki Anda dengan bumi lebih jauh.

#34. Hati Cenderung Untuk Merendah (Tidak Sombong). Sebagian orang bangga akan harta yang dimiliki dan dipakai. Tidak terkecuali kendaraan bermotor. Betapa angkuh bagi orang yang sedang berkendaraan. Berbeda jika orang berjalan kaki saja, tidak membawa kendaraan yang harganya belasan juta atau puluhan juta. Maka akan merasa biasa-biasa saja. Biasanya orang yang berkendaraan ada kemungkinan akan merendahkan dan meremehkan orang yang berjalan kaki di jalanan.

#34. Bisa Sambil Menyapa Orang Lain Dengan Mudah. Dalam hubungan antar manusia tentunya akan lebih mudah jika bertegur sapa dengan berjalan kaki. Kita akan mudah dikenali karena tidak tertutupi dengan helm atau terlindung di dalam mobil dan mudah dalam menyapa, mengucapkan salam dan senyum.

Berbeda jika orang yang memakai kendaraan (motor atau mobil) pasti tidak sempat atau lebih susah untuk bertegur sapa karena orang cenderung ingin bersegera mencapai tujuan dan lebih fokus dalam memacu kendaraannya dibanding senyum, sapa, dan salam dengan orang.

#35. Tidak Mudah Tergiur Kemajuan atau Kemutakhiran Kendaraan Bermotor. Orang yang suka atau rajin berjalan kaki tidak akan tergiur dan tergoda dengan merk dan type motor atau mobil terbaru yang selalu marak dipromosikan oleh berbagai perusahaan otomotif baik iklan yang ada di surat kabar, majalah, televisi maupun selebaran brosur.

#36. Anda akan langsung dikenali. Ya, tentu saja bagi orang yang berjalan kaki secara langsung dan cepat, teman atau keluarga Anda akan langsung mengenali Anda. Berbeda jika Anda sedang ada di dalam mobil atau memakai helm saat menunggangi motor.

#37. Lebih Melatih Kesabaran. Berjalan kaki memang lebih lambat daripada memakai motor atau mobil. Tapi dibalik itu berjalan kaki tidak membuat kita mudah mencapai sesuatu tujuan. Setiap langkahnya adalah proses . Proses yang tidak instan. Jika memakai motor atau mobil, mental akan cenderung terhadap keinginan menggapai sesuatu tujuan secara instan. Tidak merasakan perjuangan yang melelahkan dibandingkan jalan kaki.

#38. Dapat Menikmati Suasana Alam Lebih Dekat. Anda akan bisa lebih mudah memandangi alam sekitar, seperti bunga-bunga, tanaman yang indah, dedaunan yang hijau asri, pasir dan lainnya. Memandangnya akan lebih membuat diri lebih nikmat akan ciptaan dari ALLAH Ta’ala.

#39. Bisa Masuk ke Dalam Jalan-Jalan Kecil atau Sempit. Posisi tubuh yang vertikal saat berjalan membuat penggunaan ruang menjadi lebih sedikit dibandingkan menggunakan motor atau mobil. Pernahkah terpikir oleh Anda hal tersebut? Itulah yang juga menjadi penyebab terjadinya kemacetan lalu lintas di jalan, karena banyaknya penggunaan kendaraan (motor dan mobil) di jalanan. Apabila Anda berjalan kaki, Anda akan dapat masuk ke dalam jalan sempit dengan cara biasa atau cara menyamping.

#40. Minim Risiko Cedera. Berjalan kaki adalah gerakan sederhana yang alami, jadi kecil kemungkinan terjadinya cedera. Berbeda dengan berlari atau jenis olahraga lain yang memerlukan gerakan yang lebih aktif dan tempo cepat. Jadi, olahraga jalan kaki bisa disebut olahraga teraman untuk banyak orang.

#41. Bisa Menikmati Kaki Sehat Anda. Berjalan kaki adalah salah satu nikmat yang ALLAH berikan kepada manusia. Anda tidak akan pernah merasakan nikmatnya mempunyai kaki yang sehat jika tidak digunakan untuk berjalan. Bersyukurlah kita bersama karena mempunyai kaki yang sehat dan bisa berjalan kaki.

#42. Melatih Diri Menjadi Orang Yang Rendah Hati. Berjalan kaki tentunya tidak akan membawa barang atau harta mahal yang terlihat orang banyak berupa motor atau mobil. Ini akan membuat diri kita menjadi orang yang tidak memamerkan harta dan kemewahan kepada orang lain. Melatih hati kita untuk sederhana. Tidak membuat orang iri.

#43. Olahraga Untuk Semua Kalangan. Olahraga ini besar kemungkinan bisa dilakukan oleh segala umur, jenis kelamin, status sosial dan lokasi. Berbeda jika berolahraga sepakbola, badminton, renang dan lain-lain maka harus mempersiapkan segala keperluannya.

#44. Tidak Perlu Repot Pergi Ke Kantor Pajak. Berjalan kaki merupakan alat transportasi yang bebas pajak. Jadi, Anda tak perlu khawatir dengan pengeluaran anggaran keuangan untuk membayar pajak seperti untuk motor atau mobil.

#45. Membuat Lebih Sehat dan Bahagia. Lakukanlah secara rutin berjalan kaki sekitar 30 menit saja tiap hari, selama 5 kali dalam sepekan, maka Anda akan merasakan tubuh lebih sehat bugar dan merasakan hati yang bahagia.

#46. Kaki Anda Lebih Kuat. Tentu saja dengan berjalan kaki secara rutin akan semakin memperkuat kaki Anda karena sering melakukan gerakan atau latihan dengan metode sederhana yaitu jalan kaki.

#47. Lebih Baik Dibanding Jogging. Bagi Anda yang biasanya berolahraga jogging, maka cobalah sekarang menggantinya dengan berjalan kaki saja, karena pembakaran lemak lebih banyak dengan cara berjalan kaki.

#48. Meminimalisir Penyakit Glukoma.

#49. Mengurangi Risiko Kanker Usus bagi Wanita Hingga 31 Persen.

#50. Berjalan kaki bisa menekan kemungkinan terkena sakit flu.

#51. Berjalan kaki bisa juga melatih otot pada pundak dan lengan Anda.

#52. Dapat Mengurangi Resiko Terjadinya Penyakit Dalam Kurun Waktu 5 Tahun Mendatang.

#53. Berjalan kaki hanya dalam 10 Menit Saja Mampu Mengurangi Stress.

#54. Berjalan kaki ke Masjid misalnya untuk sholat dan majelis ta’lim akan mendapat pahala, menghapus dosa dan mengangkat derajat.

#55. Untuk Mengurangi Gempuran Berbagai Produk Otomotif dari Negara Produsen seperti Jepang. Di Jepang, mereka kebanyakan menggunakan alat transportasi umum, berjalan kaki dan sepeda. Sangat jarang orang yang memakai motor atau mobil pribadi.

#56. Berjalan Kaki Termasuk Cara Ampuh Untuk Mencegah Obesitas. Orang yang jarang bergerak, sering duduk, sering tidur akan berisiko terkena penyakit kegemukan. Ini tentunya sangat membahayakan. Maka dari itu, disarankan untuk melakukan gerakan yang lebih aktif dan banyak agar tubuh terhindar dari obesitas. Hal ini terjadi di lingkungan keluarga dan tetangga saya. Karena mereka jarang berolahraga, selalu menggunakan kendaraan, makan yang berlebihan maka tubuh mereka gemuk.

#57. Tidak bermudah-mudah untuk bepergian. Dengan berjalan kaki maka orang tersebut akan bisa berpikir jernih dan memilah-milah tujuan mana yang penting dan tidak penting untuk didatangi. Sedangkan orang yang punya kendaraan (motor/mobil) dengan mudahnya akan bepergian kemana pun, apakah itu untuk tujuan yang bermanfaat atau sekedar jalan-jalan saja atau bisa saja mendatangi tempat maksiat. Karena setan bisa menggoda manusia dengan memanfaatkan kendaraan yang dimiliki seseorang.

#58. Berjalan kaki bisa menggerakan otot perut. Saat berjalan kaki, maka otot bagian perut juga akan bergerak dan terlatih menjadi kuat. Bermanfaat juga mengurangi lemak di perut.

#59. Bebas Pengawasan dari Polisi Lalu Lintas. Berjalan kaki tidak akan ada pengawasan lebih detail dari kepolisian. Berbeda dengan orang yang menggunakan kendaraan yang bisa saja akan diperiksa kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK dan lain-lain.

#60. Minimalisir Kecelakaan Lalu Lintas. Berjalan kaki dapat mengurangi adanya kemungkinan terjadinya musibah kecelakaan lalu lintas di jalanan.

#61. Dapat memudahkan rangsangan kontraksi. Bila berjalan kaki secara teratur, terutama pada pagi hari, maka akan mempermudah si ibu dalam persalinan karena merangsang adanya kontraksi.

Wow, banyak sekali, bukan manfaat yang bisa kita dapat dari hanya membiasakan diri berjalan kaki, entah itu berjalan kaki santai atau cepat. Anda bisa coba sendiri kapan saja dan dimana saja. Oke, sekian dulu artikel ini saya tulis semoga memberikan manfaat yang luar biasa buat Anda.

You may also like...

error: Content is protected !!