Manfaat Jalan Kaki Santai

manfaat jalan kaki santai yang bisa diterapkan sehari-hari

Manfaat Jalan Kaki Santai – Anda ingin melakukan olahraga yang santai, murah, dan tak perlu banyak memerlukan perlengkapan khusus? Itulah olahraga jalan kaki santai. Anda cuma butuh pakaian secukupnya yakni baju, celana dan sepatu.

Yang perlu diketahui, salah satu dari manfaat olahraga jalan kaki santai adalah mampu mengurangi risiko diabetes. Karena saat ini, diabetes termasuk penyakit yang sering menimpa orang di zaman modern.

Bagi Anda yang ingin berolahraga jalan kaki santai cukup meluangkan waktu sekitar 30 menit per hari. Jalan kaki pun bisa Anda lakukan dimana saja. Tidak ada tempat khusus.

Sebagai permulaan, Anda bisa mengawali aktivitas jalan kaki ini dengan jangka waktu antara 10 hingga 15 menit tiap hari. Ini bertujuan agar badan Anda tidak terkejut.

Manfaat Jalan kaki Santai Untuk Kesehatan Anda

Anda bisa menambah waktu berjalan kaki bila sudah terbiasa dan terlatih. Ini biasa diistilahkan dengan progressive overload.

Jalan kaki santai ini bisa Anda jadikan rutinitas yang menyehatkan dan rasakan berbagai manfaat jalan kaki santai bagi tubuh Anda berikut ini:

1. Jantung Jadi Sehat dan Mengurangi Kadar Kolesterol

Agar olahraga jalan kaki santai ini lebih asyik dan tidak membosankan, Anda bisa berolahraga bersama dengan anggota keluarga, sahabat sehingga menjadi awal yang baik untuk membangun kualitas kesehatan jantung Anda.

Ada satu kajian tentang kesehatan berkenaan dengan jalan kaki, bahwa berjalan kaki sekitar 30 menit punya potensi menekan sekitar 40 persen adanya penyakit jantung pada seseorang.

Mungkin Anda heran dan bertanya, Apakah bisa seperti itu? Ya, karena olahraga jalan kaki ini mampu meningkatkan denyut jantung Anda, memperlancar aliran darah, sekalian membuat jantung menjadi kuat dan sehat. Ini sungguh luar biasa.

Disamping itu, berjalan kaki secara reguler pun mampu mengurangi tingkat kolesterol dan glukosa dalam darah.

Apabila ada seseorang yang sudah mengalami problem pada jantung, maka sangat dianjurkan untuk berdialog terlebih dulu dengan dokter Anda sebelum menerapkan olahraga berjalan kaki santai ini.

2. Melindungi dari Diabetes Tipe Dua

Tak hanya masalah jantung, berjalan kaki santai bisa melawan risiko diabetes tipe dua.

Saat berjalan kaki santai misalnya selama 30 menit dapat membuat otot bisa bekerja dan akan terjadi peningkatan terserapnya glukosa.

3. Bisa Mengurangi Berat Badan Secara Sehat

Khasiat berikutnya yang menarik adalah bisa mengurangi berat badan yang tidak ideal.

Tahukah Anda, olahraga berjalan kaki santai dapat membakar kurang lebih 150 kalori tiap hari selama 30 menit.

Jika Anda mau kalori dalam tubuh lebih cepat terbakar, lakukanlah jalan kaki dengan cepat.

Agar lebih optimal, Anda juga harus menggabungkan olahraga berjalan kaki secara rutin dan mengonsumsi makanan bernutrisi baik serta terapkan pola tidur yang cukup dan benar.

4. Mampu Menekan Stres

Stres bisa saja terjadi pada tiap orang. Salah satu solusi dan antisipasinya adalah dengan rutin berjalan kaki santai.

Selalu luangkan waktu beberapa saat untuk berjalan kaki rutin setiap hari untuk mengatasi dan menolak stres.

Dengan berjalan kaki dapat memunculkan hormon endorfin yang menjadikan mood Anda akan membaik dan menurunnya tingkat depresi dan kecemasan dalam diri. Ini pasti sesuatu yang menarik bagi banyak orang. Tak perlu obat anti depresan.

5. Dapat Melawan Penyakit Osteoporosis

Manfaat yang tak kalah pentingnya dari berjalan kaki santai adalah mampu menjaga tulang dari risiko osteoporosis.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa gangguan osteoporosis terjadi akibat penipisan tulang lalu akan membuat tulang menjadi tidak kuat, keropos dan berisiko mudah patah.

Jadi, rutin berjalan kaki santai, Anda bisa memelihara tulang agar tetap kuat dan sehat sampai usia tua.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari aktivitas olahraga jalan kaki santai dalam waktu sekitar 30 menit dalam satu hari secara rutin. Sebagai tambahan, jalan kaki bisa dilakukan oleh banyak orang dalam kelompok umur beragam, dari anak kecil sampai usia lanjut.

Saya yakin Anda mulai tertarik dan berkeinginan untuk memperoleh aneka manfaat tersebut? Untuk itu, rutinlah melakukan olahraga jalan kaki santai bersama orang terdekat Anda mulai hari ini! Silakan mencoba ya dan rasakan khasiatnya. Semoga Anda sehat selalu.

Share