Manfaat Jalan Kaki Secara Rutin

Sebetulnya kamu tak mesti melakukan olahraga keras dan ekstrim seperti sepakbola, futsal, lari jarak jauh dan sebagainya yang menuntun kekuatan fisik lebih besar. Namun berolahraga ringan seperti berjalan kaki pun bisa membuat tubuh sehat dan tak sedikit manfaat jalan kaki secara rutin yang didapatkan. Efeknya sangat besar pada kesehatan tubuh namun juga mental Anda.

manfaat jalan kaki secara rutin setiap hari

Manfaat Jalan Kaki Secara Rutin yang Istimewa

Karena dalam setiap langkah berarti menggerakkan seluruh bagian otot fisik. Disamping itu berjalan kaki mengalirkan darah lebih normal lancar dan pembuluh darah pun optimal dalam bergerak yang mampu mengurangi risiko darah tinggi, kolestrol dan komplikasi penyakit jantung dan stroke.

Kamu ingin tahu lebih banyak apa saja manfaat jalan kaki secara rutin ? Ayo simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Penolak efek kanker. Di banyak riset, berjalan kaki ternyata mampu menurunkan risiko terjadinya kanker kolon dan kanker payudara. Tentunya ini berdampak besar pada orang usia tua. Malahan pada studi di Jerman mendapatkan fakta dan bukti bila berjalan kaki bisa meminimalisir efek negatif kemoterapi yang dialami.

2. Pengobatan flu. Sebuah riset memperoleh bukti bahwa beberapa orang yang berjalan kaki memiliki kekebalan tubuh yang mengalami peningkatan dan berdampak pada virus dan bakteri yang sulit menjangkiti mereka. Dalam riset pada orang penderita kanker payudara, orang yang tak rutin berjalan kaki selalu terserang flu.

3. Menyehatkan mata Anda. Luar biasa manfaat jalan kaki secara rutin yaitu dapat mencegah glaukoma yang ditandai adanya cairan di mata yang menutupi sinyal saraf optik ke arah otak dan berefek pada kebutaan mata. Hubungannya dengan berjalan kaki adalah olahraga ini dapat menurunkan tekanan cairan di lensa mata yang menjadi pemicu glaukoma.

4. Menurunkan stres pikiran. Menakjubkan dampak positif dari langkah kaki yaitu bisa mengurangi tingkat stres yang terjadi pada seseorang dan akan memperbaiki mood. Dengan berjalan kaki ini telah membuktikan secara nyata apabila Anda melakukannya di alam terbuka dan hijau, karena mata akan bisa melihat secara luas pemandangan di luar ruangan. Pikiran pun akan terasa segar dan terbuka.

5. Obat tidur alami. Berjalan kaki ampuh untuk membantu tidur Anda lebih nyaman dan nyenyak. Bila Anda rutin berjalan kaki, problem susah tidur dan ngorok akan perlahan menghilang. Ada periset berasal dari Kanada yang menyatakan bahwa manfaat jalan kaki secara rutin dapat menurunkan jumlah cairan yang menghambat pernafasan waktu tidur.

6. Dapat mengurangi sakit sendi. Pergerakan seperti berjalan kaki sangat baik dalam mengobati sakit akibat sendi bengkak dan punggung bawah. Seseorang yang selalu berjalan kaki dapat memperkuat otot dan jaringan wilayah sendi.

7. Mampu memperkuat kondisi tulang. Masih banyak orang yang belum menyadari dan tahu bahwa berjalan kaki merupakan latihan fisik membawa dan menahan beban yaitu tubuh sendiri.

Mengangkut badan sendiri bisa melatih kekuatan otot dan tendon agar tulang jadi kuat dan kokoh. Namun tak hanya itu, untuk orang tua pun akan bermanfaat jika sering berjalan kaki yang dapat menangkal lebih efektif penyakit kerapuhan tulang pinggul, osteoprosis serta gangguan sendi.

8.  Anti fibromyalgia. Berjalan kaki bisa mencegah beragam gejala sindrom fibromyalgia yang ditandai dengan nyeri dan otot yang kaku, sendi dan tendon. Cara paling mudah adalah dengan berjalan kaki yang dapat meminimalkan sakit dan gangguan tidur bagi penderitanya.

9. Dapat membuat otak jadi lebih sehat. Manfaat jalan kaki secara rutin yang tak kalah penting adalah menurunkan jumlah sakit kepala, menguatkan otak, dan menambah kewaspadaan diri.

Riset yang dilakukan oleh Universitas Pittsburg mendapatkan fakta bahwa berjalan kaki menurunkan risiko demensia ang berarti penurunan potensi ingatan dan daya konsentrasi serta alzheimer yang sangat berbahaya. Hal menarik dari berjalan kaki adalah disaat Anda berjalan kaki maka peredaran darah jadi lancar dan itulah momen terbaik Anda berpikir lebih cemerlang dan mampu memutuskan suatu hal penting.

10. Pencegahan penyakit batu ginjal. Aktivitas ringan dari berjalan kaki dapat melarutkan garam dan kolestrol agar tidak terbentuk batu ginjal. Riset Universitas Harvard memperlihatkan wanita usia 45 sampai 65 tahun yang rajin berjalan kaki secara mencolok, tak banyak yang mengidap batu ginjal.

11. Meningkatkan kemampuan seksual. Manfaat jalan kaki secara rutin secara mengejutkan dapat mengurangi risiko impotensi pada pria karena dapat melancarkan sirkulasi darah.

Nah, kamu pasti sangat puas dengan informasi tadi berkenaan dengan MANFAAT JALAN KAKI secara rutin yang luar biasa dapat membuat tubuh sehat dan mencegah penyakit yang tidak ringan. Semoga ini bisa mendatangkan manfaat besar buat kamu semua. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai