Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan

Manfaat jalan kaki setelah makan yang masih jarang diketahui orang. Aktivitas makan dilakukan setiap orang minimal 2 atau 3 kali sehari. Makan sampai kenyang itu sudah biasa. Namun kebanyakan orang selalu santai duduk saja sambil ngobrol dengan orang disamping. Ternyata ini tidak baik untuk kesehatan. Disini Anda akan tercerahkan tentang jalan kaki dan makan.

manfaat jalan kaki setelah makan besar untuk kesehatan

Riset tentang manfaat jalan kaki setelah makan

Anda sudah tahu? Bahwa ada riset yang meneliti ini dan diperoleh hasil yaitu jalan kaki setelah makan dapat mengurangi gula darah sekitar 12 hingga 22 persen. Ini merupakan hal yang positif bagi kita untuk dapat mencegah gula darah tinggi. Seorang peneliti dari Otago University, Selandia Baru bernama Andrew Reynolds mengungkapkan bahwa dengan melakukan aktivitas tersebut secara berkala, maka penyakit gula darah bisa diantisipasi.

Profesor dari Otago University, Jim Mann pun mengatakan bahwa gula darah setelah makan dari dulu menjadi pemicu diabetes tipe dua. Untuk itulah semua orang perlu berjalan kaki setelah makan untuk mencegah maupun menyembuhkan diabetes.

Ternyata untuk menangkal diabetes bisa dibilang sangat mudah dan murah tanpa obat-obatan mahal.

Anda siap menyimak apa saja manfaat jalan kaki setelah makan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan? Yuk, simak bersama-sama berikut ini.

Pertama. Rutinitas jalan kaki setelah makan bisa memperlancar peredaran darah dan juga sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Kedua. Mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini sangat cocok buat Anda yang selalu ingin tubuh tetap sehat dengan metode mudah dan paling oke dengan berjalan kaki setelah makan beberapa menit.

Ketiga. Manfaat jalan kaki setelah makan juga bisa membuat tidur jadi nyenyak. Susah tidur biasa dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut. Jika ini terjadi, maka disarankan meluangkan waktu sekitar 15 menit saja untuk berjalan kaki setelah makan. Efeknya adalah pencernaan jadi lancar dan sehat, serta tidur menjadi berkualitas.

Keempat. Konsumsi makanan mengandung gula bisa menyebabkan diabetes. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam pola makan. Sebagai pencegahan, jalan kaki setelah makan dapat menjadi solusi agar gula darah tetap normal.

Kelima. Biasanya makanan memiliki kalori. kadarnya tergantung jenis makanan dan jumlah yang dimakan. Luangkan waktu 15 menit setelah makan dengan berjalan kaki untuk mengurangi kalori dalam tubuh.

Keenam. Memperbaiki pencernaan dapat diperoleh dengan jalan kaki setelah makan selama 15 menit. Dengan rutin melakukannya, maka penyakit sembelit bisa dihindari.

Tips Mudah Agar Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan Lebih Optimal

Setelah makan, diam dan istirahat sejenak antara 10 sampai 15 menit. Lalu Anda boleh berjalan kaki sekitar 15 menit.

Hal yang perlu diingat adalah tak boleh berlari dan berjalan kaki cepat setelah makan. Jadi, berjalan kaki dengan santai saja. Agar aliran darah bisa seimbang antara perut yang sedang mencerna makanan dan juga anggota tubuh lainnya saat berjalan kaki. Jantung Anda pun bisa bekerja tak terlalu berat.

Khusus untuk pengidap diabetes, harus beristirahat dulu sekitar 1 hingga 2 jam setelah makan, lalu boleh dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Mengapa bisa begitu? Kok lebih lama istirahatnya? Karena itu untuk menunggu kadar gula darah dan insulin menjadi rendah. Bahaya apabila seorang penderita diabetes langsung berjalan kaki sebelum 1 atau 2 jam istirahat, maka bisa merusak kinerja insulin terhadap gula darah.

Demikian informasi mengenai manfaat jalan kaki setelah makan yang perlu kita ketahui dan terapkan bersama agar tidak terkena penyakit yang sudah disebutkan. Selamat mencoba.

Mungkin Anda juga menyukai