Manfaat Jalan Kaki Setiap Pagi

Manfaat jalan kaki setiap pagi sangat bagus untuk kesehatan. Olahraga aerobik yang sangat gampang, sepele dan bisa diaplikasikan oleh banyak orang dan di berbagai tempat adalah jalan kaki.

manfaat jalan kaki setiap pagi hari

Gerakan jalan kaki merupakan bentuk latihan tubuh teraman, sangat kecil terhadap risiko bahaya cedera bagi tubuh. Sudah pasti berjalan kaki adalah satu jenis kegiatan tubuh yang dapat membuat tubuh sehat.

Lagipula olahraga jenis ini tak harus mempersiapkan peralatan rumit dan mahal. Bisa saja Anda memakai sepatu saat berjalan kaki atau cukup dengan sandal, bahkan bisa juga tanpa alas kaki.

Semua orang pasti setuju bahwa jalan kaki adalah sesuatu yang ringan dan disitulah ada manfaat banyak bagi tubuh.

Di dunia ini mau tak mau orang pasti selalu untuk berjalan kaki daripada lari atau jogging. Karena jalan kaki adalah gerakan biasa dan alamiah manusia. Walaupun termasuk dalam jenis olahraga ringan dan santai, manfaat jalan kaki setiap pagi sangatlah istimewa buat tubuh secara global.

Jika Anda rajin melakukan jalan kaki maka bisa membantu dalam memelihara kesehatan organ tubuh seperti jantung, tulang, paru-paru, otak dan masih banyak yang lainnya. Untuk selengkapnya Anda bisa menyimak informasinya berikut ini:

Tujuh Manfaat Jalan Kaki Setiap Pagi Untuk Kesehatan Badan

1. Mengontrol berat badan agar tetap normal

Dalam usaha untuk memiliki berat badan ideal, maka hal yang mesti dilakukan adalah pembakaran kalori. Metode yang termudah adalah berjalan kaki 30 menit rutin tiap hari.

Lebih bagus jika dilakukan pada pagi hari. Berjalan kaki sangat bermanfaat untuk menambah massa otot dan mendongkrak metabolisme tubuh agar lancar.

2. Jauh dari gangguan jantung seperti koroner

Tekanan darah dapat diperbaiki dengan berjalan kaki cepat setiap hari sekaligus dapat mengurangi kadar kolestrol jahat. Dari tubuh yang bergerak saat berjalan kaki juga dapat memacu jantung lebih berdetak dan sirkulasi darah jadi lancar yang akhirnya menyehatkan jantung.

Ada satu kajian yang menjelaskan bahwa jalan kaki cepat 30 menit per hari dapat mengurangi risiko hipertensi yang memicu stroke sampai 27 persen.

Bila peredaran darah ke jantung tersendat maka akan berisiko terkena masalah jantung. Dengan rutin berjalan kaki cepat, sirkulasi darah menuju koroner jantung akan lebih lancar.

Situasi ini membuat aliran oksigen menuju jantung akan normal, sehingga memperbaiki sistem kerja jantung untuk melakukan pemompaan darah menuju seluruh bagian tubuh Anda.

3. Bisa mencegah tulang rapuh/keropos

Kekeroposan pada tulang sangat menakutkan bagi semua orang apalagi bagi orang usia lanjut. Untuk mendukung tulang tetap sehat diperlukan gizi berupa kalsium dan vitamin D.

Cara lain yang lebih bagus adalah berlatih jalan kaki sebanyak 10 ribu langkah per hari di waktu pagi, sehingga vitamin D akan lebih optimal terserap ke dalam tulang. Sebagai awal yang mudah, lakukan aktivitas jalan kaki setiap pagi selama 15 menit saja untuk membantu memperkuat dan menyehatkan tulang yang bisa mencegah osteoporosis.

Bagikan manfaat jalan kaki setiap pagi ini ke teman dan kerabat Anda, terlebih kepada orang tua agar mereka selalu dalam kondisi sehat dan bugar, khususnya kondisi tulang agar semakin kuat.

4. Melawan penyakit lupa/pikun

Tanda menurunnya kemampuan otak adalah penyakit lupa atau berkurangnya kemampuan memori otak. Cara mengurangi risiko pikun sampai 40% adalah berjalan kaki sepanjang enam mil setiap minggu yang dapat memelihara fungsi dan kinerja otak. Lebih baik bila olahraga ini dirutinkan setiap hari.

Apabila Anda serius 100% maka akan bisa mencegah terjadinya otak yang menyusut dan mengembalikan kekuatan memori akan banyak hal dimasa lalu. Disamping berolahraga jalan kaki, konsumsi makanan bergizi juga baik untuk menambah daya ingat Anda.

5. Tubuh akan mendapat tenaga lebih banyak

Olahraga jalan kaki cepat dapat memperbaiki peredaran oksigen ke semua sel tubuh. Dengan selalu berjalan kaki bisa menambah tenaga fisik dan rasa waspada. Gangguan pada persendian yang kaku dan stres pada otot juga bisa diatasi dengan berjalan kaki santai atau cepat.

Manfaat jalan kaki setiap pagi dapat memberikan energi baru bagi Anda yang akan memulai aktivitas kerja harian seperti bekerja dan sekolah.

6. Menurunkan gangguan stres dan depresi

Saat Anda berjalan kaki meski hanya beberapa menit, maka otak akan meluncurkan hormon yang disebut endorfin. Efek darinya adalah membuat hati menjadi lebih baik sehingga diri Anda akan lebih senang dan nyaman dari sebelumnya.

MANFAAT JALAN KAKI setiap pagi sangatlah baik membantu Anda memulai hari dengan melihat suasana indah dan menghirup udara segar di pagi hari.

7. Mengantisipasi terjadinya diabetes

Berat badan seseorang akan berpengaruh pada kadar gula darah. Badan yang gemuk berisiko terhadap gula darah yang semakin tinggi. Untuk penyembuhan bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki tiap pagi sehingga gula darah bisa dikontrol.

Untuk diabetes jenis 2 bisa ditangkal dengan berjalan kaki 1 jam. Bukti ini didasari oleh riset yang dilakukan National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Diseases.

Itulah manfaat jalan kaki setiap pagi yang sangat bernilai buat kesehatan tubuh yang diantaranya dapat mencegah berbagai penyakit serius dan berat seperti jantung, gula darah tinggi, tekanan darah tinggi dan lainnya.

Oleh karena itu, jenis olahraga ini haruslah dilakukan secara rutin dan diperkenalkan ke banyak orang mengenai manfaat didalamnya agar orang selalu memperhatikan kesehatan dengan berolahraga jalan kaki setiap hari.

Mungkin Anda juga menyukai