Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas Bagi Kesehatan

Terkenang pesan orang tua di waktu dulu berkenaan manfaat jalan kaki tanpa alas sangat benar. Mereka dulu sudah terbiasa berangkat ke ladang dan sawah tak pakai alas kaki, efeknya usia yang panjang dan tubuh sehat pun bisa mereka rasakan walau usianya sudah tua.
manfaat jalan kaki tanpa alas bagi kesehatan
Jalan kaki tanpa alas di pagi hari sangat direkomendasikan buat para ibu menjelang persalinan, anak kecil yang sedang belajar jalan, orang yang menjalani terapi untuk kesehatan, dan buat orang yang sehat juga begitu bermanfaat agar kebugaran tubuh bisa terjaga dengan baik.

Waktunya pun bisa Anda lakukan di hari biasanya sedang libur atau akhir pekan, contohnya pada hari Minggu pagi yang penuh dengan orang yang beraktivitas olahraga jogging atau jalan santai bersama anggota keluarga atau teman-teman.Apabila Anda mau berjalan kaki tanpa alas bisa dilakukan di tempat umum, cobalah berjalan kaki di area yang sedikit terjal yaitu jalan dengan tanah dan batu kerikil.

Sedangkan untuk jalanan yang terbuat dari semen dan aspal tidak begitu berdampak, alasannya jelas karena permukaannya rata. Permukaan rata tak bisa memijat saraf yang ada pada telapak kaki dibanding kerikil yang dapat memijat kaki Anda. Untuk awal-awal, Anda boleh mencoba dulu berjalan kaki tanpa alas di jalan datar dan halus.

Apa alasan berjalan kaki tanpa alas perlu eksperimen dan latihan? Cukup mudah karena setiap orang pasti berbeda kekuatan dan ketahanan kaki jika berjalan tanpa alas, apalagi pada jalan berbatu. Sebagian merasakan geli dan juga ada yang merasa sakit pada telapak kaki. Sempatkanlah melakukan latihan ini walau sesibuk apapun Anda. Pasti ada waktu sejenak melakukan jalan kaki tanpa alas.

Tenang saja, ada pilihan lain yang juga banyak digemari oleh orang, seperti menggunakan sandal kesehatan atau sandal refleksi. Sandal khusus ini berbeda dengan sandal kebanyakan. Pada sandal kesehatan ini terdapat banyak tonjolan bagaikan kerikil di permukaan sandal. Dimana tonjolan tersebut berguna untuk melakukan penekanan dan pemijatan saraf-saraf yang ada di telapak kaki, dimana disitu adalah tempat pusat saraf semua organ penting tubuh.

Usahakanlah agar saraf telapak kaki Anda tetap tenang, terhindar dari ketegangan memakai panduan simpel diatas tadi. Jika Anda memilih memijatkan kaki di tempat khusus pijat saraf kaki pun bagus. Bedanya cuma Anda harus siapkan uang dan waktu untuk mendapatkan jasa di tempat tersebut.

Apa Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas Bagi Kesehatan?

Dipandang dari manfaat primer berjalan kaki tanpa alas yaitu memelihara tubuh tetap bugar dan sehat. Pada masa kini yang serba modern dan canggih kita cukup mengalami kesulitan untuk memelihara keadaan tubuh yang bugar.

Pola hidup yang selalu mengejar duniawi, sibuk bekerja dan selalu berorientasi terhadap mengejar uang tanpa kenal waktu juga akan membuat seseorang akan sedikit demi sedikit lupa dalam merawat kesehatan tubuh setiap waktu. Sebenarnya waktu yang sebentar untuk jalan kaki tanpa alas mudah sekali dan tak mahal bila Anda perhatikan itu.

Bagi Anda yang belum tahu, pasti penasaran apa saja manfaat jalan kaki tanpa alas yang didapat bila rutin melakukannya. Mari simak informasinya dibawah ini:

1. Kualitas Tidur Akan Lebih Membaik

Memperoleh tidur yang berkualitas adalah level istirahat yang ternyaman, pada saat itulah semua organ tubuh secara total beristirahat tanpa ada gangguan berarti. Untuk hal ini bisa diraih dengan rutin berjalan kaki tanpa alas. Jalan kaki tanpa alas pun diakui dapat membuat irama sirkadian stabil yang berefek baik pada mutu tidur malam Anda.

2. Peningkatan Mutu Sistem Kekebalan Tubuh

Dari hasil riset menyatakan bahwa berjalan kaki tanpa alas bisa memangkas kada sel darah putih dan menambah sel darah merah. Inilah yang merupakan tanda respon kekebalan yang baik.

3. Bisa Menghilangkan Rasa Nyeri atau Sakit Otot, Sendi dan Kepala

Ini berasal dari efek pijatan ringan pada telapak kaki ketika Anda berjalan kaki tanpa alas di tanah yang ada kerikil. Pijatan ringan yang dirasakan akan merangsang dan melemaskan saraf-saraf ke seluruh organ tubuh. Peredaran darah pun menjadi lancar dimana penyebab rasa nyeri karena tersumbatnya aliran darah.

4. Membantu Peningkatan Masuknya Energi ke Dalam Tubuh

Berjalan kaki tanpa alas di alam luas dan terbuka apalagi di pagi hari sangat baik untuk paru-paru yang pastinya akan mendapatkan udara segar dan sejuk serta bersih. Pada saat itu, Anda akan merasakan ketenangan saat menghirup udara segar dan memudahkan masuknya energi alam ke tubuh. Tubuh pun akan merasa segar dan bertenaga.

5. Bisa Mengurangi Kram Ketika Menstruasi

Pada umumnya, berjalan kaki tanpa alas dapat mengurangi rasa nyeri. Maka itu tak heran bila itu juga dapat menghilangkan kram disaat menstruasi. Faktanya, rasa nyeri yang biasa dialami oleh tubuh dimulai dengan kondisi pikiran dan stres yang akhirnya terjadi kram saat menstruasi.

6. Menekan Risiko Serangan Jantung

Berdekatan secara langsung dengan alam seperti berjalan kaki menginjak tanah tanpa alas ditengarai bisa mendukung lancarnya aliran darah dan mengurangi darah yang kental. Apabila darah kental maka ada kemungkinan menjadi penyebab risiko penyakit pada jantung.

7. Berguna Dalam Menurunkan Rasa Cemas, Stres dan Menjaga Keseimbangan Sistem Saraf Tubuh

Sudah tahukah Anda bahwa bumi mempunyai muatan negatif dan tubuh kita memiliki muatan positif karena adanya gelombang elektromagnetik yang selalu kita pakai sehari-hari. Berikan kesempatan terkoneksi dengan bumi dan alam dengan cara simpel yaitu menjejakkan kaki Anda di tanah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan emosional Anda.

8. Mampu Mendukung Normalnya Irama Biologis Pada Tubuh

Kedahsyatan manfaat jalan kaki tanpa alas dapat mengatur ulang pola tidur dan waktu biologis tubuh kita. Dampak polusi yang berasal dari unsur kimia, cahaya dan sebagainya tentunya sangat berpengaruh pada pola tidur manusia.

Disamping hal-hal penting diatas tentunya ada sesuatu yang terpenting. Manfaat jalan kaki tanpa alas pagi hari bisa menurunkan dari muatan gelombang elektromagnetik yang membahayakan tubuh.  Tapi Anda jangan khawatir karena Anda sudah tahu bagaimana cara mudah dalam mencegah hal negatif tersebut yaitu jalan kaki tanpa alas pagi hari. Semoga semua informasi ini bermanfaat untuk kesehatan Anda. Selamat Mencoba.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan