Manfaat Jalan Kaki Untuk Hipertensi

Apa manfaat jalan kaki untuk hipertensi? Kebanyakan orang yang terkena hipertensi selalu meminum obat-obatan yang dijual di apotek. Padahal itu bukanlah satu-satunya penyembuh hipertensi dan tentunya punya efek samping.

manfaat jalan kaki untuk hipertensi dan serangan jantung

Hipertensi adalah penyakit yang wajib kita waspadai sekarang ini. Karena berbagai sisi kehidupan seperti pola makan, pola istirahat, tekanan pekerjaan, dan keluarga berpengaruh terhadap timbulnya tekanan darah tinggi (hipertensi).

Penyakit yang bisa ditimbulkan dari hipertensi adalah serangan jantung, gagal ginjal, stroke, bahkan kematian.

Sudahkah Anda mengetahui faktor apa saja yang dapat menyebabkan hipertensi? Jika belum, maka artikel ini akan sangat penting untuk Anda baca dan simak. Upaya antisipasi sangatlah perlu sebagaimana ungkapan yang populer di masyarakat, “mencegah lebih baik daripada mengobati” dan “pencegahan lebih murah dibanding pengobatan”.

Diantara faktor penyebabnya adalah faktor keturunan, dinding arteri yang makin tebal, banyak darah yang dipompa menuju jantung, sistem saraf simpatis, sakit ginjal, kelenjar adrenal, stres, gangguan kejiwaan, dan obesitas.

Seseorang yang tidak peduli dengan penyakit hipertensinya akan membuka peluang terkena stroke. Namun, ada cara mudah yang bisa ditempuh untuk mencegah hipertensi ini.

Pilihan secara alami adalah yang terbaik. Tidak bergantung pada obat-obatan yang mengandung kimia dan ada efek samping. Caranya yaitu dengan berolahraga aerobik. Yakni jenis olahraga yang berguna untuk kesehatan jantung, paru-paru, memaksimalkan asupan oksigen ke tubuh, mengurangi hipertensi dan denyut jantung dan memperbaiki sistem pernafasan.

Apakah olahraga Anda saat ini? Apakah yang berat atau ringan? Disini akan diinformasikan olahraga yang paling direkomendasikan untuk mencegah tekanan darah tinggi secara aman dan alami.

Jalan kaki merupakan bentuk latihan atau olahraga yang terbaik dan termudah untuk penderita hipertensi. Berjalan kaki sangatlah bisa dilakukan setiap hari dan bisa dimana saja. Anda tak usah pusing dengan persediaan peralatan. Karena dapat memakai pakaian sederhana dan pantas serta sepasang sepatu olahraga.

Buatlah jadwal berjalan kaki Anda, mulai dari yang paling singkat waktunya sekitar 5 menit dan bisa ditambah sedikit demi sedikit sampai waktu 30 menit (10 menit dilakukan tiga kali sehari).

Hasil Riset Manfaat Jalan Kaki Untuk Hipertensi

Dr. Gaesser melakukan sebuah kajian pada 2012 mendapatkan bahwa latihan olahraga sedikit beberapa kali dalam sehari, seperti 3 kali sehari sekitar 10 menit bisa mencegah hipertensi lebih bagus ketimbang melakukannya hanya sekali secara langsung 30 menit.

Jika Anda terlalu sibuk, hanya dengan berdiri pun bisa memberikan efek positif. Dr. Gaesser juga melakukan kajian tentang ini yang menyimpulkan bahwa peserta yang mempunyai berat badan tinggi dan menderita hipertensi berdiri saja 10 menit dalam tiap jam, diperoleh bahwa tekanan darah orang itu perlahan baik daripada orang yang cuma diam dan duduk dalam waktu lama. Mereka yang saat berjalan santai lebih banyak turun tekanan darahnya.

Agar latihan menjadi lebih optimal, maka diperlukan proses tahapan seperti pemanasan, latihan sebenarnya dan pendinginan. Selama melakukan latihan cobalah memeriksa kondisi denyut jantung Anda agar bisa mengatur porsi latihan.

Semoga informasi berkenaan dengan manfaat jalan kaki untuk hipertensi ini berguna bagi kita semua untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi.

Mungkin Anda juga menyukai