Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil Terlengkap

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil – Sekian banyak yang masih tak mengerti kalau melakukan gerak yang banyak saat hamil merupakan hal baik karena bisa membuat si ibu sehat dan tak terkecuali calon bayi yang ada dalam kandungan sepanjang waktu dalam kehamilan yang pada nantinya juga akan memperlancar proses kelahiran si anak yang didambakan.

Memang sudah menjadi problem bahwa perhatian dan kesadaran tentang pentingnya manfaat gerak tubuh alias olahraga bagi ibu hamil masih sangat sedikit. Rasa malas bergerak pada ibu hamil biasanya terjadi karena beragam alasan dan sebab. Tapi itu akan memicu sejumlah hal negatif pada waktu kelahiran atau persalinan.

Hanya perlu gerakan yang simpel dan bukan olahraga yang ekstrim seperti berlari. Apabila tubuh bergerak maka kondisi tubuh lebih sehat serta calon bayi yang sedang dikandung. Contoh mudah yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan kaki di pagi rutin setiap hari. Lakukan dengan penuh disiplin dan terorganisir.

Bagi Anda para ibu hamil yang sudah penasaran apa sih manfaat jalan kaki untuk ibu hamil, mari simak penjelasannya berikut ini:

1. Bisa menurunkan risiko keguguran janin
Masalah keguguran merupakan hal yang ditakutkan para orang tua karena penantian panjang para orang tua ingin melihat anaknya lahir musnah. Tapi hal itu sejatinya adalah kehendak dan kuasa dari ALLAH Ta’ala. Harus ada hikmah dan kesabaran pada masa sulit itu.

Sebagai manusia harus tetap berusaha dan berdoa agar calon bayinya tetap sehat dan lahir dengan lancar. Sarannya adalah ibu hamil melakukan aktivitas jalan pagi, hasilnya akan terlihat dari tubuh yang bugar, segar pada area wajah. Hal lain yang sangat tidak dianjurkan adalah ibu hamil yang sangat sedikit bergerak ketika kehamilan seperti sering tidur dan cuma duduk-duduk saja. Anda senang jika dalam kondisi sehat itu akan berdampak baik pula terhadap janin.

Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah ibu yang berjalan kaki pagi hari dapat leluasa menghirup udara segar yaitu oksigen murni yang tentunya juga didapatkan oleh janin di dalam kandungan yang sangat baik untuk proses perkembangannya serta rahim yang akan makin kuat dan sehat.

2. Menekan terjadinya kenaikan tingkat gula darah
Pada umumnya ibu hamil akan bertambah nafsu makannya dikarenakan adanya dua tubuh yang harus diberi makan yaitu ibu dan janin. Risiko terkena tingginya gula darah sangat besar karena jika ibu hamil sering makan makanan tinggi gula dan diperparah lagi dengan kurangnya gerak jalan pagi bagi ibu hamil.

Ini bisa saja terjadi pada saat masa kehamilan lebih dari enam bulan. Pada keadaan ini sungguh berbahaya bagi ibu hamil karena dengan kadar gula tinggi dapat menghambat peredaran darah.

3. Menjaga tubuh tetap pada kondisi fit
Penting sekali jika ibu hamil dapat merasakan tubuhnya tetap bertenaga dan bugar. Rasa pegal pun dapat dihindari dengan berjalan kaki pagi hari. Lakukan secara rutin jalan pagi sekaligus berjemur di bawah sinar matahari sekitar 15-20 menit.

Apabila tubuh ibu hamil terasa bugar maka aktivitas yang berat akan menjadi mudah dan ringan karena rutin melakukan olahraga ringan tadi yaitu jalan kaki.

4. Melepaskan rasa tegang dan gusar
Berjalan kaki pagi sangat bermanfaat untuk menghilangkan pikiran stres dan perasaan gusar ataupun gelisah yang dialami ibu hamil sampai proses kelahiran anak nanti. Dengan berjalan kaki maka seluruh urat syaraf dan juga pembuluh darah akan lebih kendur terutama pada area kepala dan leher. Cukup mudah kan!

5. Tubuh ibu hamil tidak gampang loyo
Ibu hamil yang selalu giat berjalan kaki di pagi hari akan memiliki kondisi fisik yang tahan terhadap rasa lelah dan loyo. Karena sebagian besar otot tubuh sudah biasa terlatih secara fisik sehingga terasa lebih santai dan fleksibel ketika beraktivitas.

6. Meningkatkan kondisi kejiwaan ibu agar semakin kuat dan sehat
Masalah mengenai psikologis buat ibu hamil ini juga penting. Kenapa? Karena ibu hamil yang jiwanya dalam kondisi percaya diri dan bertenaga akan mudah dalam menjalani proses kelahiran sang bayi secara normal.

Nah, agar si ibu hamil ini dapat menikmati masa hamilnya dengan tenang, bahagia dan fokus maka jalan kaki pagi bisa dijadikan solusi untuk hal tersebut.

7. Terhindar dari bayi cacat saat berada dalam kandungan si ibu
Ini juga sangat penting karena dengan rutin berjalan kaki pagi hari, maka dapat membantu dalam mencegah terjadinya bayi cacat.

8. Membantu dalam proses persalinan agar cepat dan gampang
Ibu yang tengah hamil sudah pasti ingin proses kelahiran anaknya tidak begitu menyakitkan dan lebih lancar dari yang diperkirakan. Itulah gunanya jika saat hamil sang ibu rutin melakukan aktivitas jalan pagi.

Sehingga secara berkala seluruh otot pada bagian rahim maupun panggul si ibu akan lebih santai (tidak tegang) saat menjalani proses persalinan.

9. Tidur akan lebih berkualitas baik dan mencegah penyakit insomnia
Metode jalan pagi secara rutin teratur dan dalam tempo sedang bisa menjadikan sistem peredaran darah akan lebih mulus lancar dan ketenangan pikiran sang ibu pun akan lebih baik.

10. Aliran darah akan lancar
Lancarnya aliran darah di tubuh sang ibu sangatlah perlu, untuk itulah lakukan dengan jalan kaki pagi secara teratur selama kehamilan. Ini berguna sekali untuk mencegah sang ibu hamil dari gangguan seperti rasa pegal, nyrei di bagian pinggang dan juga punggung.

11. Organ paru-paru jadi sehat
Kesehatan paru-paru sangatlah penting bagi ibu hamil karenanya bisa diperoleh dengan berjalan kaki pagi agar tidak mengalami derita seperti nyeri dada, sesak pernafasan, dan gangguan pernafasan lainnya.

12. Organ jantung jadi sehat dan kuat
Aktivitas jalan kaki pagi sangat bagus untuk ibu hamil dan siapapun itu karena membuat jantung sehat dan kuat. Jantung akan berdenyut dengan normal dan terhindar dari penyakit seperti lemah jantung atau bahkan serangan jantung.

13. Menambah kekuatan pada bagian sendi dan otot tungkai
Manfaat jalan kaki yang rutin dapat meningkatkan kekuatan pada persendian dan juga otot tungkai agar tidak mengalami stres atau bahkan kekakuan. Jadi dapat merasakan bagian tersebut terasa rileks dan lentur. Perbanyaklah berjalan kaki yang berguna untuk menguatkan otot serta menangkal bahaya keseleo.

14. Menambah hormon bahagia (endorfin)
Mungkin Anda yang belum tahu apa itu hormon endorfin bisa menyimak bagian ini. Berjalan kaki ternyata dapat menambah hormon endorfin yang sangat baik dampaknya karena bisa menimbulkan rasa tenang. Kondisi mental sang ibu pun dapat lebih tenang, tidak ada rasa khawatir. Ibu hamil bisa menjalani masa kehamilannya dengan rasa bahagia.

15. Otot pada bagian panggul menjadi kuat
Gerakan dengan cara berjalan kaki pagi pun dapat membantu ibu hamil dalam menguatkan otot panggulnya sehingga persalinan akan lebih lancar. Kekuatan otot panggul sangat berperan besar dalam persalinan karena dengan otot panggul yang kuat bisa lebih mudah dan cepat mendorong sang bayi saat detik-detik kelahiran. Rasa sakit ataupun nyeri tidak begitu mencolok pada saat tersebut.

Bagaimana metode atau panduan tentang berjalan kaki pagi hari yang baik? Anda bisa berjalan kaki pagi dengan waktu sekitar 1 jam saja tanpa jeda atau berhenti sejenak tetapi hanya dalam frekuensi kecepatan menengah atau sedang serta teratur. Berjalan kaki tidak cuma kaki saja yang bergerak seperti yang kita lihat tapi juga ayunan tangan ke depan dan belakang bisa menambah gerakan tubuh agar lebih optimal.

Dianjurkan setelah melakukan olahraga jalan kaki pagi, si ibu hamil bisa menikmati minuman herbal jahe yang dapat dikombinasikan (campur) dengan madu serta perasan jeruk lemon secukupnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil agar tetap seimbang dan normal.

Ada syarat khusus tentang minuman ini, yaitu minuman jahe yang bercampur dengan madu dan air lemon tersebut sebaiknya dikonsumsi pada ibu hamil yang sedang mengandung lebih dari enam bulan. Karena pada saat usia hamil tersebut kondisi si calon bayi dan juga rahim sudah kuat dalam menerima rasa kehangatan yang ditimbulkan oleh minuman jahe itu.

Ada tambahan informasi juga ini mengenai manfaat jalan kaki tidak memakai alas kaki bagi ibu hamil.

Biasanya berjalan kaki bagi ibu hamil selalu memakai alas kaki seperti sandal. Namun berjalan kaki tanpa alas pun dapat membuat kondisi menjadi sehat. Kelebihannya adalah ini dapat dijadikan cara yang baik untuk terapi pengobatan tambahan yang sangat mengandalkan banyak simpul atau titik syaraf yang sehat pada bagian telapak kaki.

Berikut beberapa manfaat jalan kaki pagi tanpa menggunakan alas kaki:

1. Membuat tubuh jadi seimbang sehingga terhindar dari gangguan kesehatan saat hamil contohnya sakit gula dara tinggi, gangguan jantung serta kenaikan berat badan.
2. Bisa mengurangi gangguan otot kram dan kaku yang ditandai dengan lancarnya peredaran darah tubuh.
3. Terhindar dari penyakit yang ditandai dengan ciri lemah atau matinya sel-sel sehat tubuh yang diperangi oleh sistem imun tubuh itu sendiri.
4. Mencegah adanya gangguan deformitas yakni penyakit yang bercirikan berubahnya bentuk jari-jari kaki yang bengkok. Maka dari itu berjalan kaki tanpa alas sangat ampuh dalam mermperbaiki kesehatan jaringan fleksor kaki dan memperbaiki aliran darah pada telapak kaki.

Untuk tempat atau area berjalan kaki tanpa alas ini tidaklah sembarangan. Harus ada jalan yang terdiri dari semen, tanah/pasir serta bebatuan kerikil kecil yang semuanya hampir bulat sehingga kaki pun tidak mudah terluka atau terlalu merasakan sakit.

Demikian informasi berkaitan dengan Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil yang kami sampaikan secara lugas untuk Anda semoga bisa membantu dalam hal kesehatan khususnya kehamilan.

Mungkin Anda juga menyukai