Manfaat Jalan Kaki untuk Kesuburan Pria dan Wanita

manfaat jalan kaki untuk kesuburan

Meningkatkan kesuburan pria maupun wanita dapat dilakukan melalui banyak cara. Selain mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat dan vitamin E, Anda juga harus rutin berolahraga. Salah satu olahraga yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan kesuburan adalah jalan kaki.

Manfaat jalan kaki untuk kesuburan sudah terbukti efektif. Berdasarkan beberapa penelitian menyebutkan pria berusia 25 sampai 40 tahun yang rutin melakukan olahraga jalan kaki memiliki kualitas sperma yang lebih bagus. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga jalan kaki ini adalah pada pagi hari dan sangat dianjurkan tidak memakai alas kaki.

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesuburan yang Harus Anda Ketahui

Olahraga jalan kaki dapat dilakukan setiap hari dengan durasi waktu antara 40 sampai dengan 45 menit. Bagi Anda yang belum terbiasa melakukannya dapat memulai dari durasi 20 menit terlebih dahulu kemudian seiring berjalannya waktu durasi tersebut dapat ditambah secara perlahan-lahan.

Pasti Anda penasaran apa saja sebetulnya manfaat jalan kaki untuk kesuburan, maka dari itu simaklah penjelasan di bawah ini.

1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Rutin olahraga jalan kaki pagi hari, akan meningkatkan volume sperma Anda sampai pada 8,3% bukan hanya itu saja mobilitas selnya pun akan meningkat 12,4%.

Dengan persentase seperti itu maka kualitas sperma yang dihasilkan sangat baik sehingga tingkat kesuburan pun meningkat. Pria yang memiliki kualitas sperma baik, dalam proses pembuahan tingkat keberhasilannya akan tinggi sehingga Anda dan pasangan lebih cepat mendapatkan momongan.

2. Menyehatkan Ovum

Manfaat berikutnya khusus untuk wanita, berjalan kaki juga dapat menyehatkan ovum. Hal ini dikarenakan saat Anda berjalan kaki peredaran darah menjadi lancar termasuk aliran darah ke bagian organ reproduksi.

Apabila peredaran darah ke bagian organ reproduksi lancar, maka ovum akan lebih sehat. Ovum yang sehat dengan begitu proses pembuahan akan lebih cepat. Perlu Anda ketahui juga bahwa melakukan olahraga jalan kaki di pagi hari dapat menghindarkan wanita dari penuaan ovarium yang menyebabkan sulitnya mendapatkan momongan.

3. Meredam Stress

Manfaat jalan kaki untuk kesuburan yang paling penting adalah meredam stress baik untuk pria maupun wanita. Apabila Anda dan pasangan dalam keadaan stress dan tertekan maka akan berpengaruh pada tingkat kesuburan.

Melakukan olahraga jalan kaki akan membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks yang nantinya akan membuat hormon dalam tubuh pun berubah.

Itu dia beberapa manfaat jalan kaki untuk kesuburan yang harus Anda ketahui baik pria maupun wanita. Ternyata untuk cepat mendapatkan momongan tidak perlu melakukan berbagai terapi yang mahal dan meminum obat-obatan kimia. Cukup rutin melakukan olahraga jalan kaki kualitas kesehatan sperma dan ovum akan meningkat, selamat mencoba.

Share