Manfaat Jalan Kaki Untuk Orang Tua

Sekian banyak manfaat jalan kaki yang juga bisa dinikmati oleh para orang lanjut usia (orang tua) asalkan dibuat menjadi sebuah rutinitas.

Karena pada saat bergerak latihan seperti berjalan kaki seseorang akan mengalami penambahan level norepinefrin kimia yang ada di dalam otak, jadi tingkat stres pun akan menurun.

Hingga ada riset terkini yang menyatakan bahwa orang tua yang ada dalam area yang sering melakukan jalan kaki niscaya membuat fungsi indera lebih aktif misalnya pikiran dan otak.

Amber Watts yaitu seorang asisten profesor psikologi klinis dari Universitas Kansas (Amerika Serikat) memaparkan bahwa berjalan kaki bisa mengurangi stres pada sendi dan tekanan darah.

Selain itu pula, berjalan kaki juga banyak manfaat penting untuk kesehatan mental.

Jalan kaki ternyata dapat meluncurkan hormon endorfin yang menjadikan orang tua memiliki perasaan bahagia. Jelas bagi orang tua ini dapat meminimalkan kondisi stres dan depresi.

Kajian memperlihatkan bagi orang tua yang rajin berjalan kaki membuat risiko penyakit degeneratif (alzheimer dan demensia) dapat berubah turun.

Saya sebagai orang muda (saat ini) mengakui bahwa berjalan kaki sangatlah cocok bagi para orang tua karena sangat sederhana gerakannya dan tidak terlalu memacu jantung.

Jalan kaki pun berkhasiat supaya awet muda walaupun usia sudah tua. Inilah yang menjadikan tubuh usia lanjut tetap tampak segar dan bugar serta masih bertenaga.

Ada hal penting lagi gunanya berjalan kaki rutin yaitu mengurangi risiko penyakit demensia alias kepikunan. Hal tersebut wajar karena semakin menurunnya fungsi otak.

Nah, sebagai upaya pencegahannya yaitu dengan selalu rajin berjalan kaki. Saran kami bawa sertalah orang tua Anda berjalan kaki santai di sekitar perumahan tempat Anda tinggal.

Karena dengan giat melakukan jalan kaki dapat menurunkan peluang terkena demensia sampai 40 persen. Hmm,, lumayan efek positif yang diperoleh. Selain itu, tak perlu keluar biaya banyak untuk mencegah penyakit itu.

Intinya, kita walaupun masih usia muda tetap merutinkan untuk berjalan kaki, apalagi nanti saat usia tua. Karena inilah olahraga yang ringan namun berdampak positif dan besar untuk kesehatan fisik dan mental. Semoga bermanfaat.

You may also like...