Manfaat Jalan Kaki Untuk Otak Menurut Para Ahli

Manfaat Jalan Kaki Untuk Otak – Udara yang bersih dan juga indahnya pemandangan seringkali menjadi alasan untuk melakukan aktivitas jalan kaki sekaligus untuk menjaga kesehatan otak. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian terbaru yang mengungkapkan bahwa jalan kaki dapat membuat otak Anda menjadi lebih berkembang. Hal ini berbeda dengan kegiatan begadang yang justru sangat bahaya untuk kesehatan otak kita.

manfaat jalan kaki untuk otak manusia

Manfaat Jalan Kaki Untuk Otak Kita

Manfaat Jalan Kaki Untuk Otak mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Saat sedang berjalan maka sirkulasi darah akan meningkatkan serta memungkinkan jantung kita untuk dapat memompa darah yang mengandung banyak oksigen secara lebih efisien. Sehingga hal ini dapat membuat aliran darah yang menuju ke otak juga akan meningkat. Oleh sebab itu, jalan kaki dapat meningkatkan kekuatan otak dan juga mencegah penyakit Alzheimer.

Para ilmuwan mengatakan berjalan kaki cepat yang dilakukan tiga kali sepekan dapat meningkatkan ukuran hippocampus, yaitu pusat memori yang ada di otak, yang mana area utamanya dapat dihancurkan oleh Alzheimer. Dalam studi tersebut, para ilmuwan telah meminta 120 pria serta wanita yang telah berusia 55 tahun sampai 80 tahun untuk melakukan jalan cepat dalam waktu 40 menit yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Ukuran otak akan mengecil seiring dengan bertambahnya usia. Namun, pemindaian yang dilakukan sesudah setahun riset ini berlangsung menunjukkan bahwa pada bagian utama otak partisipan, termasuk hippocampus, dapat mengalami pertumbuhan sebanyak dua persen. Demikianlah yang diungkapkan dalam sebuah pertemuan tahunan American Association. Menurut para peneliti, proses pertumbuhan itu butuh waktu selama dua tahun umur perkembangan otak. Hal ini merupakan sebuah perubahan yang bisa dikatakan sebagai perkembangan luar biasa.

Meski kegiatan olahraga seperti jalan kaki bukanlah peluru magis yang berguna untuk melawan demensia, akan tetapi jalan kaki menjadi salah satu alternatif atau cara untuk menjaga supaya memori otak tetap tajam. Namun sayangnya kebanyakan orang masih saja memiliki kebiasaan yang tidak aktif dan sulit sekali untuk meminta orang agar mau bergerak. Jadi tunggu apa lagi jika anda ingin terbebas dari penyakit Alzheimer, maka mulailah untuk berjalan kaki secara rutin.

Sekian informasi tentang Manfaat Jalan Kaki Untuk Otak, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai