Manfaat Jalan Kaki Untuk Semua Orang

Manfaat jalan kaki memang tak banyak orang mendapatkan informasinya. Bagaimana tidak, sekarang sudah banyak menyebar berbagai alat transportasi yang begitu bervariasi dari jenis sepeda, sepeda motor, mobil, dan lain-lain.

Jadi tak perlu diherankan jalan kaki bukanlah hal utama bagi orang-orang untuk berpindah tempat baik jarak dekat maupun jauh. Paling sedikit digunakan di area sekitar beberapa meter saja. Hal inilah yang membuat miris mengapa ini terjadi.

Memang tak dapat dipungkiri, karena godaan terhadap kecanggihan dan kenikmatan menggunakan kendaraan. Walaupun saat terkini, harga dan biaya seperti bahan bakar minyak, biaya untuk perbaikan kendaraan, suku cadang, pajak kendaraan tak lagi sama seperti dulu alias naik. Tetap saja orang memilih berkendaraan untuk menjangkau tempat tertentu.

Apakah berkendaraan itu menyehatkan? Inilah yang membuat kita lupa membahas dan memikirkan hal itu. Berbeda dengan jika kita berjalan kaki secara rutin maka pastinya sangat bagus untuk membuat tubuh kita aktif bergerak alias olahraga. Dimana olahraga begitu penting dalam menjaga kondisi tubuh tetap segar dan bugar.

Lihatlah mulai dari zaman dulu, orang-orang sudah terbiasa dan terlatih untuk berjalan kaki sampai jauh tapi itu disebabkan tidak adanya teknologi alat transportasi. Namun karena itulah mereka jarang sekali mengalami penyakit berat yang malah ada banyak dialami orang sekarang ini seperti diabetes, kolestrol, sakit jantung, tulang keropos.

Manfaat sehat jalan kaki sudah dirasakan orang pada waktu dulu. Salah satunya adalah akibat dari banyak bergerak. Bandingkan dengan sekarang yang orang selalu tergantung dengan kendaraan kalau mau kemana-mana. Efek negatifnya orang jadi malas bergerak walau dengan melangkahkan kaki (berjalan). Maunya duduk saja diatas kendaraan dan hanya ada sedikit gerakan pada tangan dan kaki.

Secara tidak sadar, orang tersebut sudah mengurangi gerakan tubuhnya alias mengurangi aktivitas olahraga. Kemungkinan besar risiko penyakit berbahaya akan menimpa. Coba pikirkan lagi, lebih baik berkendaraan tapi kurang menyehatkan atau berjalan kaki aktif bergerak tapi tubuh sehat? Silakan pilih yang terbaik.

You may also like...

error: Content is protected !!