Manfaat Jalan Kaki Untuk Tubuh Sehat

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi yang tentunya sangat berharga buat Anda, yaitu tentang manfaat jalan kaki untuk tubuh dan kesehatannya.

manfaat jalan kaki untuk tubuh sehat

Kita tahu pasti bahwa berjalan kaki adalah tipe olahraga yang begitu enteng dan sangat mampu dikerjakan oleh siapa pun. Kami yakin Anda juga bisa.

Tak harus memerlukan skill tertentu dan spesifik, olahraga jalan kaki ini pun tak ada kewajiban menggunakan alat atau kostum olahraga khusus seperti jenis olahraga lainnya.

Manfaat Jalan Kaki Untuk Tubuh

Walaupun ini adalah olahraga ringan atau sederhana, tapi tak perlu dipermasalahkan mengenai manfaat berjalan kaki yang luar biasa buat kesehatan fisik.

Pada umumnya manfaat jalan kaki sangat bagus dalam memelihara kesehatan mata, jantung, tulang, pikiran dan otot tubuh. Di bawah ini Anda akan menemukan secara jelas manfaat jalan kaki untuk tubuh.

Jantung jadi lebih kuat dan sehat

Dengan rutin olahraga jalan kaki sudah memberi fakta bisa mengurangi risiko timbulnya penyakit jantung dan stroke. Kegiatan ini bisa mengurangi jumlah kolestrol tidak baik dan memelihara tekanan darah tetap normal. Jalan kaki 30 menit dapat mempermudah dalam pencegahan dan pengendalian munculnya hipertensi yang bisa memicu stroke.

Dapat menormalkan berat badan

Apabila Anda ingin menurunkan berat badan dan sedang bingung bagaimana caranya, maka jalan kaki adalah cara terbaik. Aktifitas jalan kaki bisa membakar kalori. Syarat untuk penurunan berat badan adalah keharusan untuk membakar 600 kalori setiap hari.

Bila orang yang mempunyai berat badan sekitar 60 kilogram bisa membakar sebanyak 75 kalori dapat berjalan kaki dengan kecepatan sedang sekitar 30 menit. Kemudian menambahnya dengan jalan kaki cepat bisa dmembakar sebanyak 99 kalori.

Memelihara tulang dari risiko osteoporosis

Berjalan kaki bisa dibilang menjadi aktifitas menjaga tubuh agar seimbang, ketahanan dan kekuatan tulang pun akan semakin padat yang membuat tulang terhindar dari kerusakan atau keropos. Bagi wanita, cara ini sangat berperan dalam menjaga tulang karena sangat berpeluang mengalami osteoporosis.

Jadi, sangat disarankan untuk wanita selalalu berjalan kaki. Selain menjaga tulang tetap sehat dan kuat, jalan kaki pun dapat memelihara kondisi persendian.

Menaikkan jumlah vitamin D

Berjalan kaki di luar rumah terutama pada pagi hari dapat membantu dalam peningkatan vitamin D. Fisik manusia sangat membutuhkan cahaya matahari agar bisa menghasilkan vitamin D dari makanan yang dikonsumsi. Fungsi vitamin D sangat bagus dalam meningkatkan kesehatan tulang serta sistem kekebalan tubuh.

Pendongkrak tenaga tubuh

Fakta menarik dari berjalan kaki cepat ternyata mampu menjadi penambah tenaga tubuh alami terbaik. Jalan kaki bisa memperbaiki peredaran dan memperbanyak oksigen ke semua sel tubuh.

Demikian informasi manfaat jalan kaki untuk tubuh agar selalu sehat dan bugar. Bila Anda rutin berjalan kaki pagi hari, maka bisa menjaga fisik dan mental dari ancaman penyakit berbahaya. Semoga ini dapat berguna buat Anda semua dan mulailah biasakan berjalan kaki untuk pola hidup sehat.

Mungkin Anda juga menyukai