Manfaat Olahraga Jalan Kaki, Aktivitas Ringan dan Minim Risiko

Kita tahu ada manfaat olahraga jalan kaki yang masih belum diketahui orang banyak. Jalan kaki adalah salah satu pilihan yang luar biasa dalam berolahraga, namun sedikit mendapat perhatian yang pantas dari banyak orang. Ada beberapa anggapan berkaitan dengan aktivitas jalan kaki, seperti jalan kaki itu seperti orang miskin karena tidak pakai kendaraan, jalan kaki itu bikin capek, jalan kaki itu lambat. Yah itulah anggapan negatif sebagian orang mengenai jalan kaki.
khasiat manfaat olahraga jalan kaki yang menakjubkan dan menyehatkan tubuh
Jika dipelajari lebih dalam, jalan kaki tidak ubahnya seperti gerakan tubuh atau olahraga sederhana dan alamiah. Memang olahraga satu ini lebih ringan dibanding dari jenis olahraga lainnya yang sudah terkenal seperti jogging, lari, sepakbola, sepeda, badminton dan lainnya.

Tak heran jika ada orang yang menganggap jalan kaki termasuk olahraga yang tak punya dampak berarti buat kesehatan. Tak mampu menurunkan lemak dan membakar kalori pada tubuh. Itu adalah kesalahfahaman dan keliru. Fakta sebenarnya adalah jalan kaki bisa memberikan dampak luas dalam program penurunan berat badan dan vitalitas serta kesehatan tubuh. Itulah sedikit dari sekian banyak manfaat olahraga jalan kaki untuk tubuh kita.

Hal yang patut kita jadikan keistimewaan dari jalan kaki adalah olahraga ini hampir pasti tidak memiliki risiko atau efek negatif dan tidak memicu ketegangan dibanding olahraga lain. Anda pasti ingin tahu lebih detail ulasan tentang jalan kaki. Mari kita bahas bersama.

Apa saja keunggulan dan manfaat olahraga jalan kaki ?

Tidak Ada Efek Negatif dan Minim Risiko

Kita bisa sehat dengan jalan kaki. Olahraga jalan kaki sampai saat ini tak ada menimbulkan efek yang jelek dan stres pada persendian dan tulang.

Walaupun ada olahraga lari yang termasuk salah satu jenis aktivitas yang baik dalam mendongkrak kesehatan kardiovaskuler dan mempercepat pembakaran kalori, tapi ada hal yang dapat menyebabkan risiko lebih besar seperti gangguan pada sendi, tulang rawan dan rentan cedera karena lari harus dilakukan dengan benar dan siap dalam hal kekuatan tubuh.  Manfaat olahraga jalan kaki adalah kita tak harus repot dalam mempelajari cara atau teknik dalam berjalan. Semuanya bisa dilakukan dengan alami.

Berlainan jika kita berjalan kaki, karena ini termasuk olahraga yang sangat lembut dan ringan dibanding lari jadi hampir pasti tak punya risiko seperti pada olahraga lari.

Tak Perlu Alat dan Aksesoris Tertentu

Berbeda sekali dengan olahraga berat yang ada saat ini, seperti sepak bola, lari, sepeda, fitness yang tentunya perlu tempat khusus, peralatan, dan biaya khusus. Seperti olahraga lari pun tak boleh sembarangan, perlu sepatu khusus dan nyaman agar terhindar dari risiko cedera. Hal inilah yang jadi manfaat olahraga jalan kaki untuk lebih menghemat pengeluaran Anda dalam menerapkan pola hidup sehat hanya dengan jalan kaki. Olahraga yang murah meriah.

Lain halnya dengan jalan kaki, bisa dilakukan tanpa alas sandal ataupun sepatu selama jalan yang dilalui aman dari gangguan benda tajam dan berbahaya.

Latihan untuk Membentuk Postur Tubuh Menjadi Baik

Kita sudah tahu semuanya bahwa jalan kaki adalah kegiatan yang rutin tiap hari di dalam maupun di luar ruangan. Pada dasarnya jalan kaki dilakukan ketika kita menjelajahi berbagai area dan wilayah pada masa dahulu sebelum ada dibuatnya kendaraan yang membantu kita berangkat kemanapun.

Itu berarti jalan kaki adalah kegiatan tubuh manusia yang bersifat natural yang sebenarnya tak bisa ditinggalkan. Tubuh kita sudah memiliki potensi untuk aktivitas tersebut, untuk itu semestinya kegiatan ini terus dilakukan walau pada kesempatan khusus akan lebih banyak intensitasnya dalam hal lain misalnya olahraga.

Manfaat jalan kaki rutin dan dengan jarak tempuh yang terbilang jauh, kita telah melakukan latihan fisik yang terdiri dari otot tubuh yang hubungannya dengan jalan kaki. Akibat positif yang dirasakan adalah postur dan otot tubuh menjadi lebih bagus. Bila kita selalu rajin berjalan kaki, maka dengan sendirinya metode berjalan pun akan baik juga karena bentuk tubuh akan semakin terlatih karena tubuh akan mengikuti bentuk aktivitas tadi.

Kita tahu bahwa jalan kaki mengharuskan kita dalam keadaan tegak atau vertikal yang berpengaruh pada kesempurnaan tubuh. Jenis olahraga ini pula yang dapat menambah tingkat kesehatan badan dan tercegah dari gangguan pada tulang dan lutut kaki.

Tanpa Ada Batasan Tempat Melakukannya

Ya, tentu saja hal ini menjadi salah satu kelebihan dari jalan kaki. Anda bisa berjalan kaki di mana saja. Tak perlu ruangan dan tempat khusus menjalankan aktivitas ini.

Yang lucunya adalah dalam berjalan kaki kapan dan dimana pun, kita seperti tak melakukan aktivitas olahraga. Berjalan kaki sangat besar peluangnya dilakukan dalam kondisi apapun sembari menikmati pemandangan di sekitar dengan lebih jelas, lebih santai dan tak ada rasa khawatir atau malu.

Jalan kaki juga dapat lebih mudah dalam memberikan sapaan kepada orang yang berpapasan dengan Anda. Disamping itu, jalan kaki bisa dilakukan di berbagai lokasi, jadi Anda punya kesempatan berjalan kaki sejauh-jauhnya dan bebas kemana saja.

Aktivitas ini pun dapat menambah seberapa jauh jarak yang Anda capai, membuat lebih beragam tujuan Anda berjalan kaki dan variasi dalam hal jenis jalan apa yang Anda tempuh. Inilah langkah yang mampu Anda lakukan secara menyenangkan, olahraga yang bikin Anda santai tapi tetap bisa membakar lemak dan kalori di tubuh Anda.

Ada yang tak boleh diabaikan adalah berjalan kaki ini bisa dikombinasikan dengan jenis aktivitas lain seperti rekreasi ke tempat yang indah dan dapat menghilangkan stres. Jadi, Anda sudah mendapatkan manfaat lebih banyak dibanding hanya olahraga jalan kaki. Aktivitas yang dijalani pun lebih bisa membuat Anda gembira dan bervariasi, tidak bikin bosan.

Kita Semua Bisa Berjalan Kaki

Disamping bisa dilakukan di tempat apapun dan tak harus punya alat tertentu, olahraga jalan kaki dapat dijalani oleh orang banyak. Olahraga jalan kaki ini tak ada efek buruk yang signifikan terhadap tubuh, jadi jalan kaki dapat dilakukan siapa saja selama masih bisa berjalan normal seperti biasanya. Tak peduli buat orang sehat, kegemukan, problem kesehatan ringan, anak-anak, remaja, dewasa sampai orang yang mengidap penyakit khusus. Manfaat jalan kaki sungguh hebat.

Bagi Anda yang ingin berolahraga yang berat, maka mulailah dari yang dasar dulu yaitu berjalan kaki. Sudah tak dipungkiri lagi bahwa jalan kaki termasuk olahraga dasar manusia sepanjang masa.

Jalan Kaki Bisa Dibarengi dengan Kegiatan Lainnya

Kita pasti setuju bahwa jalan kaki merupakan aktivitas yang ringan dan santai. Jadi, tak perlu konsentrasi tinggi maka bisa disertakan dengan tindakan lain yang tergolong ringan.  Hal inilah yang menjadi satu manfaat olahraga jalan kaki yang jarang disadari orang lain karena sangat berbeda jika menggunakan kendaraan yang tentunya sangat berbahaya jika diikuti dengan kegiatan lain seperti menelepon dan sebagainya.

Contoh yang mungkin pernah Anda lakukan adalah sambil berkomunikasi lewat ponsel, baik itu telepon dan sms, melihat suasana pemandangan sekitar Anda, bersenda gurau dengan teman.

Cara Efektif Berjalan Kaki Untuk Rutinitas Olahraga

Seperti sudah disebutkan sebelumnya begitu banyak hal yang sangat baik dari manfaat olahraga jalan kaki beserta kelebihannya. Hampir setiap orang mengetahui dan bisa berjalan kaki, tapi belum banyak yang sadar akan cara menjalani kegiatan tersebut menjadi jenis olahraga yang menyehatkan. Intinya, berjalan kaki yang diterapkan dengan aturan baik dan tepat dapat mengurangi berat badan dan menambah vitalitas tubuh.

Lalu seperti apa caranya? Cara yang mudah diingat oleh Anda adalah makanlah dalam porsi yang konstan namun lakukan jalan kaki untuk jarak yang lebih jauh. Lewat langkah inilah Anda bisa membakar lemak dan kalori lebih besar dalam tubuh.

Meskipun Anda tak mampu mengendalikan jumlah makan, Anda masih dapat menikmati khasiat kesehatan pada kardiovaskuler. Sebagai upaya menambah kualitas kesehatan dan kebugaran tubuh Anda setiap hari, cobalah membiasakan diri berjalan kaki untuk jarak yang masih terjangkau atau dekat, usahakan untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor. Hal itu pula yang dapat mengurangi kecanduan kita pada kendaraan bermotor untuk jarak dekat. Selain untuk sehat, MANFAAT OLAHRAGA JALAN KAKI pun sangat berdampak positif bagi lingkungan, terlebih bagi udara karena jalan kaki tak akan menghasilkan asap (polusi udara).

Ada tips lainnya yang bisa juga Anda lakukan dengan selalu melatih kecepatan jalan kaki lebih tinggi dari sebelumnya dan panjang langkah kaki. Mulai saat ini, sesudah Anda makan banyak, berjalanlah walau sebentar beberapa menit untuk jarak dekat. Anda bisa berjalan kaki sebentar ke area seputar rumah Anda, jalan atau gang yang ada di dekat lingkungan Anda, dan lainnya.

Tantangan besar jika sudah makan banyak adalah rasa kantuk dan malas karena kekenyangan. Untuk itu, Anda bisa mencegahnya dengan berjalan kaki walau beberapa waktu yang singkat.

Agar Anda bisa rutin olahraga berjalan kaki, aturlah jadwal olahraga Anda seperti berapa jam Anda berolahraga jalan kaki dalam 1 minggu. Tingkatkan jarak yang akan Anda capai sesudah Anda merasakan tubuh yang lebih bugar dikarenakan Anda sudah membiasakan diri berolahraga jalan kaki.  Bisa pula Anda bikin jadwal harian dalam berjalan kaki karena tak harus lama melakukannya, misalnya dari 15 menit setiap hari, baru nanti jika Anda sudah merasakan manfaat olahraga jalan kaki, Anda bisa menambah waktunya lebih panjang lagi.

Anda pun bisa dengan mudah memperoleh informasi lengkap mengenai olahraga jalan kaki dari dunia maya atau pun buku. Jika menemukan sebuah komunitas atau klub pejalan kaki, bergabunglah disana agar dapat berbagi ilmu dan motivasi tentang aktivitas jalan kaki ini.

Buat apa ragu untuk memulai hidup sehat dan bahagia dengan jalan kaki. Semangatlah untuk berjalan kaki. Karena manfaat olahraga jalan kaki Insya ALLAH akan Anda rasakan sampai usia tua.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan