Manfaat Olahraga Jalan Kaki yang Mesti Anda Ketahui

Manfaat Olahraga Jalan Kaki – Olahraga jalan kaki merupakan langkah ampuh dan cerdas untuk melakukan kegiatan olahraga, namun sangat disayangkan dan memprihatinkan karena jalan kaki masih belum mendapat kepedulian dari banyak masyarakat. Berbeda dengan masyarakat Jepang yang rutin berjalan kaki dan sudah menjadi gaya hidup sehat mereka disana.

Semakin membludak jumlah kendaraan canggih seperti sepeda motor dan mobil sudah menjadi faktor utama orang banyak melalaikan kegiatan berjalan kaki serta manfaatnya. Tentu saja apa yang ditawarkan oleh kendaraan bermotor sangat lumrah bagi orang menggunakannya karena faktor kecepatan. Sangat berbeda dengan berjalan kaki yang memang terkesan lambat dan menghasilkan rasa capek yang besar.

Apabila dibandingkan dari kedua hal diatas, berjalan kaki dan memakai kendaraan tentu jalan kaki adalah aktivitas dianggap biasa dan tidak termasuk gerakan yang berat dan rumit serta tidak praktis. Maka dengan itu, timbul pendapat di masyarakat bahwa jalan kaki tidak begitu mempengaruhi tubuh dalam proses pengurangan lemak dan kalori. Malahan orang sudah terpengaruhi oleh jenis olahraga lain yang dianggap dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi berat tubuh seperti jogging, lari, bersepeda, senam, gym dan sebagainya.

Hal tersebut tidaklah salah, namun tetap saja jika seseorang bergerak beraturan dan mengeluarkan keringat selama dan atau setelah bergerak tersebut bisa dipastikan bahwa orang itu sudah berolahraga. Ini tidak ada pengecualian jika kita melakukan aktivitas berjalan kaki. Yang pada dasarnya itu merupakan gerakan tubuh alami manusia dalam bergerak dan berpindah dari satu titik ke titik lainnya.

Kami tekankan disini bahwa jalan kaki tergolong dalam jenis olahraga dan mempunyai dampak positif bagi kesehatan tubuh terlebih bagi orang yang sedang dalam program diet dan upaya dalam peningkatan kondisi tubuh yang sehat dan fit. Anda pasti mau tubuh yang sehat dan bugar setiap hari dengan cara mudah?

Manfaat Olahraga Jalan kaki Untuk Kebugaran Tubuh Harian

Kami infokan disini dengan penuh semangat bahwa jalan kaki sangatlah luar biasa dan istimewa. Beberapa hal diantaranya adalah tanpa ada risiko tinggi atau efek samping dan tak ada timbul kejang dan kram pada otot. Anda ingin tahu lebih dalam tentang keistimewaan manfaat olahraga jalan kaki? Mari kita simak bersama-sama menuju hidup sehat setiap hari.

Olahraga jalan kaki sangatlah sedikit dampak jeleknya terhadap tubuh atau hampir tidak ada. Sangat jarang mencederai tulang dan sendi. Jadi, sangatlah pantas kami katakan bahwa jalan kaki termasuk olahraga paling aman di dunia.

Memang ada olahraga lain yaitu lari yang dapat menjadi salah satu solusi terbaik dalam mendongkrak kesehatan pada kardiovaskuler dan mempermudah pembakaran kalori dalam tubuh, tapi ada bahaya yang mengancam bagi pelari seperti efek keras pada persendian dan dapat berakibat pada gangguan pada tulang rawan serta efek cedera yang lainnya. Olahraga lari kalau tidak berhati-hati dalam melakukannya atau tidak menggunakan teknik yang tepat akan menimbulkan efek negatif diatas tadi.

Sedangkan berjalan kaki sangatlah berbeda dengan berlari. Apabila Anda secara kasat mata, berjalan kaki lebih terlihat “soft” atau lembut dan pelan jika diperbandingkan dengan berlari. Maka risiko cedera pun juga dapat dikurangi atau ditiadakan.

A. Anda tidak akan repot membeli peralatan dan aksesoris tertentu

Punya pengalaman berolahraga selain berjalan kaki? Berapa banyak peralatan dan aksesori yang harus diperlukan? Sudah menjadi sebuah kepastian bahwa olahraga berat pasti membutuhkan peralatan dan aksesoris mahal serta tidak sedikit. Contohnya sepakbola, badminton, sepeda, basket dan banyak lainnya. Anda pasti sudah bisa membayangkan repotnya berolahraga berat seperti itu.

Oke, kami akan memperjelas betapa rumitnya olahraga berat misalkan sepakbola. Anda sudah pasti memerlukan tim yang terdiri dari minimal 11 orang, belum lagi jika perlu pemain cadangan, wasit, hakim garis, lapangan bola yang memadai, bola, gawang, sepatu bola, baju bola, kaos kaki, celana bola, peluit, pelatih, tim medis, tim lawan, dan masih banyak keperluan lainnya hanya untuk bermain bola.

Itu hanya sedikit contoh nyata bahwa olahraga selain berjalan kaki sangatlah merepotkan Anda. Ohya, sedangkan jika berolahraga lari tetap saja diperlukan kewaspadaan yang tinggi misalnya harus membeli sepatu yang nyaman dan cocok dengan ketentuan dan tingkat kenyamanan agar tercegah dari bahaya buruk saat berlari. Lari jika berdasarkan pengalaman kami sangatlah membuat pernafasan menjadi tersengal-sengal, terlalu boros tenaga dan cepat lelah. Tubuh yang terhentak saat berlari membuat benturan keras terhadap tumit atau telapak kaki secara keseluruhan. Ini membuat risiko cedera atau gangguan pada kaki sangatlah tinggi dibandingkan berjalan kaki.

Bahkan berjalan kaki bisa saja tanpa menggunakan alas (sepatu dan sandal) asalkan jalan yang dilalui aman dari benda berbahaya seperti berjalan diatas aspal mulus, bebatuan kerikil dan rerumputan.

B. Dapat menjadi aktivitas dalam melatih dan membentuk postur tubuh menjadi baik

Setujukah Anda kalau berjalan kaki adalah kegiatan rutin setiap waktu manusia tak peduli saat di dalam ruangan dan di luar ruangan. Sejak dulu orang-orang berjalan kaki sangatlah biasa dilakukan karena untuk menjangkau berbagai pelosok daerah mulai dari yang dekat dan jauh jaraknya. Karena dulu belum ada kendaraan untuk transportasi.

Jadi, berjalan kaki lah yang menjadi senjata utama untuk mencapai tempat tujuan. Wajar jika kami mengatakan bahwa jalan kaki adalah gerakan atau aktivitas natural fisik manusia yang sebenarnya dan sebaiknya tak harus dikesampingkan. Kita sebagai manusia memang sangat membutuhkan itu karena layaknya seekor burung yang bersayap tentunya burung tersebut sangatlah wajar untuk terbang kesana kemari.

Nah, begitu juga kita manusia yang diberi oleh ALLAH Ta’ala kedua kaki yang kuat dan sempurna ini tentunya dapat berjalan kaki. Anda akan bisa mendapatkan nikmat kaki yang sehat ketika berjalan kaki seperti biasa. Bukan berdiam diri, duduk atau berbaring saja. Anda mampu berjalan kaki, begitu juga kami. Alhamdulillah. ALLAH Subhanahu wa ta’ala telah memberikan kedua kaki untuk kita manusia dan ini tak terhingga harganya, tidak bisa disamakan harganya dengan sebuah mobil sport termahal di dunia sekalipun.

Berjalan kaki sangatlah banyak fungsinya dimulai dari kegiatan sehari-hari sampai berolahraga. Olahraga jalan kaki secara teratur dengan daya jangkau yang jauh, sangat baik dalam membentuk dan melatih banyak otot sehingga Anda dapat mendapatkan bentuk tubuh yang semakin baik dan tentunya sehat. Apabila Anda sering berjalan kaki maka akan baik pula bentuh tubuh karena telah terlatih dan terbentuk yang mengadaptasi kegiatan fisik Anda tersebut. Pada waktu nanti tubuh Anda akan bertambah dalam kualitas kesehatan fisik dan akan terjauhi sejauh-jauhnya dari berbagai problem penyakit pada lutut dan tulang serta tidak cukup hanya dari itu, penyakit lainnya pun akan bisa dicegah.

C. Berjalan kaki tak perlu lokasi atau tempat khusus karena Anda bisa berjalan kaki dimana pun

Bila Anda ingin bermain bola tentunya harus pergi ke lapangan bola. Sangat jauh berbeda dengan berjalan kaki karena bisa dilakukan dimana pun bahkan didalam rumah pun bisa. Bahkan jalan atau gang di depan rumah Anda bisa Anda jadikan lokasi paling mudah dijangkau dan dijadikan lokasi berjalan kaki Anda setiap hari.

Walaupun Anda sedang berolahraga dengan berjalan kaki, Anda akan dilihat orang lain tidak selayaknya orang yang berolahraga tapi hanya berjalan kaki saja ke suatu tempat. Padahal Anda berolahraga ingin membakar kalori dan menurunkan berat badan. Jadi tak perlu melakukan gerakan mencolok seperti jogging, lari, dan bermain badminton.

Anda bisa sambil menikmati suasana sekitar Anda, tanpa ada rasa malu, risih dan bisa lebih santai. Berjalan kaki akan bisa membuat kamu lebih tampak secara utuh karena tidak terlindung oleh kendaraan bermotor seperti menggunakan helm bahkan berada di dalam mobil. Orang lain dan tetangga Anda akan langsung mengenali Anda siapa.

Sekaligus bisa saling bertegur sapa. Sungguh itu sangat menyenangkan. Disamping itu, kelebihan berjalan kaki bisa dikerjakan dimana saja, Anda bisa berjalan sejauh-jauhnya tanpa ada hambatan berarti.

Mengalir begitu saja memasuki jalan, gang sempit yang ada. Kegiatan berjalan kaki pun tidak akan pernah membuat Anda bosan karena Anda dapat merubah rute perjalanan Anda, menambah jauh jarak yang ditempuh, menentukan berbagai target tujuan tiap waktu serta melakukan berbagai ragam bentuk olahraga jalan kaki. Sehingga berjalan kaki bisa menjadi solusi termudah dan termurah bagi Anda yang ingin sekedar menghilangkan rasa bosan, stress, depresi, memancing ide dan kreativitas baru, serta kegiatan menggembirakan setiap hari. Ingat, dengan berjalan kaki Anda sekaligus menjadi gaya hidup sehat Anda.

Dengan metode ini pun, Anda dapat menyumbang hal positif yaitu mengurangi polusi udara dan suara pada lingkungan sekitar. Masyarakat pun akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan karena polusi tersebut. Anda bisa mengkombinasikan berjalan kaki dengan kegiatan rekreasi menuju lokasi tempat Anda bersantai dan melepas pikiran yang berat setelah sibuk bekerja. Berjalan kaki pun semakin membuat diri Anda senang, bahagia, ceria, semangat dan tidak ada kebosanan melanda.

Semoga informasi berkaitan dengan Manfaat Olahraga Jalan Kaki ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda setiap hari dalam berolahraga mudah dan murah yaitu berjalan kaki. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai