cara agar kuat berjalan jauh

Mau Berjalan Kaki Jarak Jauh? Ikuti Tips Ini!

Tahukah Anda bahwa jalan kaki bisa disebut olahraga fisik dengan harga murah banget nyaris gratis, namun tak sedikit orang yang tak mampu jika berjalan kaki dalam jarak jauh.

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara agar kedua kaki bisa mampu dan kuat ketika diajak berjalan kaki jarak jauh? Mari simak ulasannya berikut ini.

Kaki terbentuk dari otot dan tergolong hal yang penting dalam tubuh, namun pada suatu ketika beberapa otot ini pun melemah.

Proses membangun otot kaki secara baik dapat membuat Anda bisa berjalan kaki jauh namun tak lekas capek.

Jika seseorang rutin berjalan maka otot kaki pun semakin bagus dan kuat, berdasarkan berita dari Healthguidance.org.

Bila tak ada waktu untuk berlatih otot kaki dengan jalan kaki, Anda bisa melakukan gerakan naik turun tangga sekitar 30 menit per hari.

Ya, bisa dibilang kegiatan ini tampak unik dan aneh, namun ternyata latihan ini bisa membuat orang kuat saat berjalan kaki jarak jauh.

Bukan sekedar hal itu saja yang membuat rencana Anda memperkuat kaki untuk berjalan jauh, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Bila Anda belum sekalipun berjalan kaki jauh atau masih sedikit berjalan kaki, maka bisa jadi kaki akan langsung pegal ketika berjalan jauh.

Sarannya adalah Anda wajib membiasakan diri berjalan kaki, entah itu hanya 5 menit dan dilakukan secara bertahap. Mulai dari 5 menit, 10 menit, 20 menit dan seterusnya.

2. Perhatikan juga kecepatan berjalan Anda. Sebaiknya berjalan pelan atau santai saja dulu. Karena jika jalan cepat akan membuat tubuh lekas letih. Mulailah dari berjalan santai baru kemudian ditingkatkan lagi secara bertahap kecepatannya sedikit demi sedikit.

3. Minum air putih atau minuman yang berisi elektrolit atau isotonik ketika berjalan bagus untuk mengganti cairan tubuh Anda yang hilang.

4. Pakailah alas kaki yang nyaman dipakai, sepatu atau sandal agar kaki Anda terhindar dari benda tajam dan rasa pegal.

5. Bila sudah lelah dan pegal, disarankan untuk istirahat sebentar beberapa menit sembari Anda memijat kaki Anda agar lebih santai.

Namun perlu diingat juga jangan berisitirahat dalam waktu lama, karena otot yang panas akibat berjalan akan berubah dingin dan malah membuat kaki tambah capek dan pegal.

Nah, itulah informasi cara dan tips agar Anda bisa berjalan jauh dengan aman. Jadi, siapkan diri Anda terlebih dulu berdasarkan tips diatas. Semoga berhasil.

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site