manfaat jalan kaki untuk cegah pikun

Mau Tolak Pikun? Rutinlah Berjalan Kaki!

Transportasi di masa modern sekarang jelas sangat mempermudah orang banyak, karena kelebihan yang dimiliki seperti kecepatan untuk tiba di tempat tujuan dan di lain sisi sudah sedikit sekali orang yang rutin berjalan kaki.

Yang pasti, dalam menempuh jarak yang jauh, berjalan kaki tidaklah menunjukkan efektifitas, artinya membutuhkan waktu lama dan tenaga yang banyak.

Sama halnya bila Anda sedang ingin cepat-cepat, berjalan kaki pasti menjadikan waktu Anda hilang percuma dan lama tiba di tujuan.

Tapi itu bukanlah menjadi penyebab Anda akan terus menerus memakai kendaraan dan berhenti berjalan kaki untuk jarak jauh.

Berjalan kaki tak sekedar salah satu jenis olahraga yang mampu membuat tubuh jadi sehat bugar, namun dapat meningkatkan potensi otak dalam mengingat beberapa hal.

Menurut sebuah riset mutakhir, giat berjalan kaki akan menambah daya kemampuan otak dalam hal mengingat dan menolak lupa terhadap orang dewasa.

Dengan berjalan kaki, seseorang dapat memperkuat kemampuan panca inderanya serta membuat pikiran lebih tenang.

Jelas, bahwa ini merupakan olahraga yang sangat berdampak baik bagi otak dan tubuh.

Disarikan dari Health Me Up, Berjalan kaki bukan cuma bermanfaat bagi kesehatan yakni mengurangi berat badan dan tekanan darah, namun bermanfaat bagi pikiran yaitu menambah daya ingat.

Kesimpulan ini diperoleh peneliti sesudah mengamati sejumlah 25 orang yang menderita penyakit alzheimer dan 39 orang dewasa yang tanpa gangguan dengan kognitifnya.

Mereka mendapati bahwa berjalan kaki dapat bermanfaat banyak diantaranya mengurangi stres, mengurangi risiko stroke, nyeri pada sendi dan mendukung pembuatan endorfin, yaithu hormon yang menimbulkan perasaan bahagia.

Riset ini pun membuktikan bahwa orang dewasa yang giat berjalan kaki lebih kecil risikonya terhadap adanya masalah degeneratif otak semacam demensia dan alzheimer.

Disamping itu, berjalan kaki pun dapat menaikkan suhu tubuh dan tubuh jadi santai dan membuat kantuk.

Jadi, bagi orang yang bermasalah dengan insomnia (sulit tidur) dapat menempuh terapi berjalan kaki.

Share