olahraga jalan kaki untuk menurunkan berat badan dengan sehat

Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan – Apakah Anda ingin melangsingkan tubuh namun tidak suka berolahraga berat? Tidak perlu khawatir, melangsingkan badan tidak harus dengan melakukan olahraga yang berat. Anda tetap dapat menurunkan berat badan dengan melaksankan olahraga yang sederhana, seperti jalan kaki. Selain dapat melangsingkan badan, olahraga berjalan kaki juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Berbagai asosiasi tenaga kesehatan dan badan kesehatan di seluruh dunia sepakat jika jalan kaki merupakan jenis olahraga yang sangat bermanfaat untuk kesehatan secara umum. Tidak hanya itu saja, olahraga jalan kaki juga sering dianggap sebagai bentuk olahraga yang setara dengan berolahraga di pusat kebugaran.

Bila dilaksanakan dengan rutin, maka olahraga jalan kaki dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit arteri koroner penyakit jantung, hipertensi, diabetes, depresi, gangguan kecemasan, gejala PMS, penyakit artritis, hormon tidak seimbang, lemas dan kurang berenergi dan masalah pada tiroid.

Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan membutuhkan teknik khusus dan berbeda dengan jalan kaki pada umumnya. Ada 2 teknik olahraga jalan kaki yakni jalan kaki santai atau strolling dan jalan cepat atau power walking. Berjalan kaki santai umumnya dilakukan dengan kecepatan normal, contohnya ketika Anda sedang berjalan-jalan di taman, pusat perbelanjaan atau tempat lainnya.

Sebagai gambarannya, kita masih dapat berbicara dengan santai sambil berjalan kaki tanpa harus kehabisan nafas. Tahukah Anda berjalan kaki sekitar 1 jam ternyata dapat membakar kalori kira-kira sekitar 238 kalori. Jika Anda melakukannya dengan rutin, bayangkan berapa kalori yang bisa Anda bakar setiap harinya.

Selanjutnya jalan cepat juga dikenal dengan jalan sehat. Untuk melakukan teknik power walking, maka Anda harus berjalan dengan lebih cepat. Kecepatan rata-rata dari tehnik power walking sekitar 5 – 7 kilometer per jamnya.

Bila melakukan teknik berjalan kaki ini, maka saat berbicara Anda bisa kehabisan nafas. Dengan melakukan power ini berarti Anda harus berjalan dengan langkah yang jauh lebih panjang dari jalan kaki umumnya.

Disamping itu, tumpuan Anda ketika menjejakkan kaki ialah pada tumit, lalu selanjutnya pindah ke bagian telapak kaki sambil terus bergerak maju. Anda harus memastikan punggung tetap tegak saat berjalan dan kepala terus menghadap ke depan, tidak ke bawah. Angkat kedua lengan Anda di kedua sisi tubuh sampai membentuk sudut siku. Selama berjalan cepat, ayunkanlah kedua tangan Anda dengan mengikuti irama kaki.

Lebih banyak dari jalan santai, melakukan teknik jalan cepat ini selama satu jam memungkinkan Anda membakar kalori sekitar 560 kalori. Tapi, yang harus diingat adalah teknik power walking jangan langsung dilakukan tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Selain itu Anda juga dapat sedikit membuka mulut Anda untuk membantu pernafasan ketika melakukan teknik jalan cepat. Sebelum memulai Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan baik dengan teknik apapun, pastikan juga Anda selalu memakai sepatu olahraga yang masih dalam kondisi yang baik agar terhindar dari cedera.

Memang sampai saat ini masih banyak orang yang sering mempertanyakan apakah olahraga jalan kaki memang bisa menurunkan berat badan. Apalagi, setiap orang mempunyai sifat tubuh yang tidak sama dengan yang lainnya.

Anda juga mungkin mempunyai tujuan tersendiri ketika melakukan Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan. Tapi, untuk memperoleh hasil yang maksimal sebaiknya lakukan olahraga jalan kaki dengan teratur minimal 3 kali dalam 1 minggu.

Berikut ini merupakan perhitungan yang bisa membantu dalam mengukur dan juga menyesuaikan sendiri intensitas olahraga jalan kaki yang mungkin Anda perlukan.

1. Olahraga jalan kaki untuk membakar 220 kalori
Anda bisa memulainya dengan berjalan santai sekitar 5 menit. Setelah itu, Anda bisa melakukan jalan cepat selama 1/2 jam. Sebelum Anda menyelesaikan olahraga jalan kaki Anda, maka sebaiknya lakukan pendinginan dengan cara berjalan santai sekitar 5 menit. Paling tidak power walking yang Anda lakukan harus setara dengan olahraga mengangkat beban dalam waktu 1 jam.

2. Olahraga jalan kaki untuk membakar 355 kalori
Bila Anda memiliki banyak waktu luang, Anda bisa memulai olahraga jalan kaki santai sekitar 5 menit, kemudian dilanjutkan dengan melakukan power walk sekitar 5 menit. Kurangi kecepatan berjalan Anda sedikit sampai 4 km per jam. Berjalanlah 1 menit pada kecepatan tersebut. Kemudian, kembali lagi berjalan cepat selama 5 menit. Ulangilah cara ini hingga 6 kali setelah itu, Anda bisa mengakhirinya dengan pendinginan ataupun dengan jalan santai 3 – 5 menit.

3. Olahraga jalan kaki untuk membakar 405 kalori
Seperti sebelumnya, Anda bisa memulai dengan pemanasan jalan santai dalam 5 menit. Kemudian, lakukan jalan cepat 2 menit. Kurangi kecepatan kira-kira 1 menit lalu ulangi hingga 15 kali. Untuk mengakhirinya, berjalanlah santai sekitar 5 menit. Bila Anda ingin kalori Anda terbakar dalam jumlah yang lebih banyak lagi, maka carilah jalur yang memiliki banyak tanjakan.

Jadi berapa kalori yang ingin Anda bakar dalam tubuh Anda? Bila Anda seorang pemula maka Anda bisa mempraktekan teknik Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan yang pertama. Bila Anda sudah terbiasa maka Anda bisa mencoba teknik yang lebih berat lagi.

Agar olahraga yang Anda lakukan bisa segera membawa perubahan, maka Anda juga bisa mengimbanginya dengan cara lain. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi teh hijau sebelum memulai berolahraga. Metabolisme tubuh yang tinggi bisa membakar lemak dalam tubuh lebih cepat. Dan ternyata hal itu bisa dibantu dengan mengonsumsi teh hijau. Hal ini karena teh hijau dapat menginduksi pembakaran lemak yang melepaskan thermogenesis dan selanjutnya meningkatkan oksidasi lemak.

Kemudian saat melaksanakan Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan, sebaiknya hindari minuman yang manis. Hal ini karena minum manis dapat mengganggu upaya Anda dalam melangsingkan badan sebab minuman manis bisa menambah kalori yang telah Anda bakar setelah selesai berolahraga. Jadi percuma Anda berolahraga jalan kaki jika Anda masih suka mengkonsumsi minuman manis setelahnya.

Sebaiknya ganti minuman manis dengan air putih saja dalam jumlah yang cukup. Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup bisa mempercepat penurunan berat badan Anda. Jadi hal ini akan sangat membantu Anda dalam upaya penurunan berat badan.

Agar berat badan Anda cepat turun maka Anda juga bisa menyertakan lainnya. Memang tak bisa diragukan lagi jika berjalan kaki adalah latihan yang sangat luar biasa untuk tubuh kita dan untuk untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Apalagi jika kita menambahnya dengan latihan badan yang lain pasti akan lebih baik. Contohnya saja push-up miring, 15-20 squat, atau dip. Latihan-latihan tersebut bisa membantu Anda untuk memperoleh tubuh yang ideal dalam waktu yang lebih cepat. Demikianlah ulasan tentang Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Share