Riset Baru Manfaat Jalan Kaki Terlengkap

Berjalan kaki itu bikin kamu sehat. Oleh karena itulah, berikan waktu khusus agar menambahkan intensitas untuk kegiatan ini. Jalan kaki dengan rutin dan teratur, kurang lebih sepuluh menit setiap hari. Alangkah lebih baik jika lebih panjang waktunya. Alasannya adalah begitu banyak manfaat jalan kaki yang dapat kita peroleh. Berikut di bawah ini ada riset baru manfaat jalan kaki yang mesti kamu ketahui:

riset baru manfaat jalan kaki bagi kesehatan

Riset Baru Manfaat Jalan Kaki yang Bikin Kamu Semangat Olahraga

1. Menambah Tenaga

Olahraga jalan kaki secara rutin, paling sedikit 25 menit per pekan dan dijalani selama 3 kali per minggu dapat menambah tenaga tubuh kamu sampai 18%. Ini berdasarkan riset baru manfaat jalan kaki yang dilakukan oleh Pennington Biomedical Research Center. Bilangan tersebut mungkin bisa naik lebih tinggi, terlebih sepuluh menit dalam satu harinya.

2. Pencegahan Diabetes Tipe Dua

Berdasarkan Program Pencegahan Diabetes dinyatakan, orang yang berjalan kaki dalam waktu 150 menit dalam satu minggu, bisa menurunkan risiko terkena penyakit diabetes sampai 58%. Akan tetapi, hal ini jika dibarengi dengan kecepatan turunnya berat badan sekitar 7% dari berat tubuh.

3. Otak Jadi Sehat

Riset baru manfaat jalan kaki yang berkaitan antara peran kognitif dan kegiatan berjalan kaki menghasilkan sesuatu yang menarik. Wanita yang rajin berjalan kaki dengan gerak langkah ringan diatas 90 menit per pekan, mempunyai potensi kognitif yang baik sekali, daripada yang kegiatan berjalan kaki yang tidak lebih dari 40 menit dalam satu minggunya.

4. Tulang Jadi Kuat

Bagi wanita yang sedang menopause sangat dianjurkan untuk olahraga jalan kaki dengan jarak 1,6 kilometer secara kontinyu. Kajian memberi bukti bahwa rutinitas ini dapat menambah daya massa tulang tubuh agar lebih baik dan padat. Selain itu bisa menunda lebih lama menurunnya mutu tulang di kaki.

[adrotate banner=”3″]

5. Jantung Jadi Sehat

Hal ini didapatkan dari survey terhadap 72.488 perawat oleh Nurse’s Health Study. Rutinitas mereka dalam berjalan kaki 3 jam lebih dalam satu minggu, menurunkan risiko serangan jantung sampai 35%, ketimbang dengan wanita yang tidak rutin berjalan kaki.

Ketika berjalan kaki, perhatikan baik-baik postur tubuh kamu sudah benar. Ketepatan postur tubuh ketika berjalan kaki begitu penting dan utama, supaya kamu bisa bernafas dengan lancar dan baik, tercegah dari masalah punggung dan bahu, serta mendapatkan wujud latihan fisik dengan optimal.

Adapun posisi tubuh yang baik dan ideal ketika berjalan kaki adalah sebagai berikut:
– Tubuh tegak lurus, tidak lesu
– Bahu dengan posisi tegap dan tak terbungkuk ke muka/depan
– Angkatlah sedikit dagu kamu, jangan menunduk
– Arahkan pandangan kamu ke depan, tertuju pada objek yang jauh sekitar 3 sampai 6 meter.

Kamu pasti ingin hidup sehat dengan jalan kaki, sesudah menyimak riset baru MANFAAT JALAN KAKI diatas serta tips berjalan kaki yang benar dan baik. Semoga penjelasan ini dapat kamu terapkan sebaik-baiknya untuk mendapatkan nilai kesehatan untuk tubuh kamu. Selamat mencoba.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan