manfaat jalan sehat

Tengok 4 Manfaat Jalan Sehat Ini Agar Bisa Membiasakannya

Tak sedikit orang yang belum paham mengenai manfaat jalan sehat sehingga tidak berusaha ataupun belajar untuk membiasakannya. Padahal kalau boleh jujur olahraga jalan kaki atau jalan sehat ini masuk ke dalam kategori olahraga yang mudah dan juga murah.

Dikatakan mudah karena memang bisa dan juga aman untuk siapa saja bahkan lansia sekalipun tanpa harus membeli perlengkapan olahraga khusus. Anda bahkan bisa menikmati olahraga ini sekedar memakai kaos oblong dan bertelanjang kaki, sehingga sangat simpel untuk dilakukan siapa saja.

Dikatakan murah karena memang tidak butuh biaya mengingat aktifitas jalan kaki yang menyehatkan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa ada biaya masuk dan tetek bengek.

Agar Anda terbiasa menikmati jalan sehat, minimal 15 menit setiap pagi usai bangun tidur atau memutuskan jalan kaki menuju ke kantor maupun kampus. Baiknya kenali dulu manfaat jalan sehat itu sendiri dan diantaranya adalah:

1. Efektif mencegah diabetes tipe 2
Kebanyakan orang mengenal jalan kaki sebagai olahraga yang baik untuk kesehatan jantung, namun tak hanya baik untuk penderita penyakit jantung saja.

Olahraga super sederhana ini juga membantu pemilik keluarga dengan riwayat diabetes untuk melakukan tindakan preventif.

Pasalnya dengan berjalan kaki sekitar 30 menit sehari bisa melatih otot agar lebih kuat sehingga memaksimalkan penyerapan glukosa agar tidak menumpuk.

Rutin melakukannya bisa membantu menstabilkan kadar gula atau glukosa tadi di dalam darah.

2. Membantu menurunkan dan menstabilkan berat badan
Siapa saja yang menjalankan diet sehat tentu wajib memasukkan kegiatan olahraga ke dalam agenda harian Anda.

Tidak perlu yang berat-berat, Anda bahkan bisa sukses dengan diet sehat tersebut melalui aktifitas jalan sehat yang dilakukan secara rutin.

Pasalnya menurut sebuah survei menunjukkan jika seseorang rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya, maka bisa membakar 150 kalori.

Jika diimbangi dengan pengaturan jumlah kalori yang masuk lewat makanan dan program diet sehat lainnya maka berat badan akan mudah turun. Sedangkan untuk Anda yang berusaha mempertahankan berat badan memetik manfaat jalan sehat pun bisa dilakukan.

3. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang
Olahraga jalan kaki sampai lari memang sudah diketahui baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Anda yang memang punya masalah dengan kesehatan tulang bisa mencoba rutin melakukan jalan sehat, minimal 15 menit setiap harinya. Sebab dengan rutin menggerakan kaki maka otot di dalam tubuh akan terlatih demikian pula dengan tulang yang perlahan akan lebih kuat secara alami.

Rutin jalan sehat bisa membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis sehingga bisa mengucapkan selamat tinggal pada penyakit ini berkat manfaat jalan sehat tersebut.

4. Ampuh mengurangi stress
Berjalan kaki ternyata tak hanya membantu mencegah beragam penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2 dan osteoporosis. Bahkan kegiatan menyehatkan ini juga efektif mencegah maupun mengurangi stress yang dialami.

Anda bisa mencoba rutin berjalan kaki misalnya dengan naik turun tangga di kantor atau meluangkan waktu sejenak usai bangun tidur untuk mengelilingi komplek rumah.

Kegiatan fisik semacam ini membantu tubuh melepaskan hormon endorfin yang nantinya memicu munculnya perasaan bahagia, sehingga stress pun tidak akan lagi mengganggu Anda.

Melirik manfaat jalan sehat satu ini tentu layak untuk dipertimbangkan supaya bisa dilakukan secara rutin, apalagi memang mudah sekaligus murah.

Jadi, bagi Anda yang ingin selalu dalam kondisi tubuh yang sehat, rajinlah berjalan kaki. Selamat mencoba!

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site