Ternyata Inilah Manfaat Jalan Kaki Yang Jarang Anda Ketahui

Manfaat jalan kaki – Jalan kaki tidak hanya merupakan olahraga yang murah dan juga ringan, akan tetapi juga memberi banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan berjalan kaki anda dapat mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Jangan malas maupaun takut lelah melakukan olahraga jalan kaki. Sebab apabila anda mengalami masalah dengan lutut maupaun masalah dengan kaki anda jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak melakukan olahraga, sebab anda dapat menyiasati dengan berjalan sampai cepat. Berjalan kaki alangkah lebih baik dilakukan selama 30 menit dalam satu hari. Akan tetapi, supaya tubuh tidak kaget, alangkah lebih baik berjalan kaki dilakukan selama 10 sampai 15 menit dalam sehari sebagai awalan, baru setelah itu dengan perlahan anda tingkatkan durasinya. Apabila anda berjalan kaki secara rutin dan pastinya dengan menjalani gaya hidup sehat, maka anda mempunyai kemungkinan untuk memperoleh manfaat jalan kaki seperti di berikut ini :

Baik Untuk Segi Kesehatan Jantung Dan Menurunkan Kolesterol
Jalan kaki mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan jantung dan juga mengatur tingkat kolesterol anda. Dan menurut sebuah studi, jalan kaki selama kurang lebih 30 menit di duga dapat membantu menurunkan kemungkinan seorang wanita akan mengalami masalah jantung sekitar 40 persen. Hal ini d sebabkan jalan kaki bisa meningkatkan denyut jantung, membantu meningkatkan sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh serta memperkuat kinerja jantung. Selain itu, jalan kaki dengan rutin dan teratur juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta gula darah yang ada dalam tubuh, serta membantu menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, bila anda mempunyai masalah dengan jantung, coba untuk mengonsultasikan pada dokter anda. Hal ini dimaksudkan supaya anda mengetahui seberapa lama dan berat dapat melakukan olahraga jalan kaki. Sebab hal ini berkaitan dengan batas kegiatan seperti apa yang baik untuk jantung.

Mencegah Diabetes Tipe 2
Selanjutnya selain penyakit jantung, diabetes tipe 2 ini juga bisa di cegah dengan berjalan kaki setidaknya ialah kurang lebih 30 menit dalam sehari. Dengan cara melakukan jalan kaki, anda juga telah memicu otot untuk bekerja jauh lebih sehingga nantinya kemampuan untuk menyerap glukosa ini akan meningkat. Dengan anda melakukan kaki selama kurang lebih 30 menit, maka anda bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit diabetes tipe 2 ini setidaknya hingga 30 persen.

Menurunkan Berat Badan
Dengan berjalan dengan cepat selama kirang lebih 30 menit dalam satu hari anda dapat membakar setidaknya 150 kalori setiap hari. Kian cepat langkah kaki anda, maka kian banyak kalori yang dibakar. Akan tetapi tentu tidak cukup hanya dengan berjalan kaki, dalam hal ini juga perlu menunjangnya dengan pola makanan sehat.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kurang olahraga ini memang dapat menjadikan tubuh anda mudah terkena penyakit. Coba untuk menyempatkan diri melakukan jalan kaki setidaknya selama kurang lebih 30 menit. Dengan begitu maka sistem kekebalan tubuh nantinya akan meningkat dan melawan infeksi. Berjalan kaki selama 30 menit ini juga dapat menjadikan anda tidur lebih nyenyak dan tubuh dengan otomatis akan melepas zat kimia yang menjadikan anda merasa jauh lebih baik.

Mengurangi Stres
Mungkin hal ini tidak terpikirkan oleh anda sebelumnya bahwa ternyata dengan melakukan kaki dapat membantu dalam mengurangi maupun mencegah stres. Ya dengan anda menyempatkan berjalan kaki dalam sehari dapat mengurangi stres maupaun mencegahnya. Berjalan kaki dan aktifitas fisik lain dapat memicu endorfin yang menjadikan mood anda nantinya akan merasa lebih baik dan mengurangi rasa cemas dan juga depresi.

Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis ini di karenakan oleh adanya penipisan tulang sehingga nantinya tulang akan menjadi keropos, dan rentan patah sebab rapuh. Dengan anda melakukan olahraga berjalan kaki, maka anda bisa membangun dan mempertahankan kesehatan tulang anda.

Membantu Mencegah Demensia
Demensia atau pikun ini telah mempengaruhi satu dari 14 orang di atas umur 65 dan juga satu dari enam orang yang berusia lebih dari 80 tahun. Aktif secara fisik memang mempunyai efek melindungi fungsi otak serta olahraga secara teratur mengurangi risiko demensia sampai 40 persen. Menurut Age UK, orang tua yang berjalan sepanjang enam mil maupaun lebih per minggu dapat menghindari penyusutan otak dan mengembalikan memori yang sudah berlalu hingga bertahun-tahun.

Membentuk dan Memperkuat Kaki
Berjalan kaki ini ternyata juga akan membantu memperkuat dan juga membentuk kaki anda, membentuk betis, paha belakang, paha serta mengangkat glutes atau otot pantat jadi sangat cocok bila anda bertujuan untuk ini. Apabila anda juga memperhatikan postur tubuh anda pada saat berjalan, hal ini juga bisa mengurangi ukuran lingkar pinggang anda. Ingin mempunyai bentuk tubuh yang pas dan ideal? Maka dengan rutin berjalan kaki merupakan solusi murah untuk anda.

Membentuk Bahu Anda
Kecepatan pada saat berjalan ini tergantung dari tangan anda. Tahan tangan pada tingkat yang nyaman, menekuk siku serta mngayunkan kebelakang dan ke depan saat anda berjalan. Dan kian cepat ayunan, maka dengan otomatis mempercepat jalan kaki anda. Semua gerakan ini nantinya akan mengangkat lengan, bahu serta punggung bagian atas. Meningkatkan kadar vitamin D bila anda berjalan di luar ruangan pada pagi menjelang siang hari, makan anda akan meningkatkan kadar vitamin D tubuh. Tubuh membutuhkan sinar matahari untuk memproduksi vitamin D dari nutrisi yang di makan. Vitamin D merupakan nutrisi penting yang sangat berperan besar pada kesehatan tulang dan juga kekebalan tubuh Kita. Para ahli juga sepakat bahwa mengekspos kulit kita pada sinar matahari nantinya akan membantu untuk menghasilkan vitamin D. Alangkah lebih hal ini dilakukan pada saat pagi hari sebelum pukul 9 atau usai pukul 15 sore, dapat dengan memakai krim pelindung.

Membuat Kita lebih berenergi
Jalan kaki dengan durasi yang cepat merupakan salah satu penghasil energi alami yang terbaik. Hal ini sebab akan meningkatkan sirkulasi dan juga meningkatkan suplai oksigen ke setiap sel yang berada dalam tubuh. Selain itu, bisa membantu kita semua merasa lebih waspada dan juga hidup. Berjalan akan menghilangkan sendi yang terasa kaku dan juga meredakan ketegangan otot sehingga menjadikan kita merasa lebih cepat. Lalu apakah anda merasa kurang energi pada saat berada ditempat kerja? Untuk itu, anda bisa keluar sebentar untuk berjalan kaki saat jam makan siang untuk mencari makanan, dan tidak hanya selalu duduk di di meja untuk menunggu kiriman.

Membuat Anda Bahagia
Manfaat olahraga selanjutnya ialah untuk meningkatkan suasana hati sudah yang memang sudah bisa terbantahkan lagi. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas sedang dengan teratur merupakan cara efektif antidepresan dalam kasus depresi ringan hingga sedang. Hal ini di sebabkan olahraga sedang seperti berjalan kaki akan menjadikan tubuh melepaskan hormon endorfin atau hormon bahagia menuju ke dalam aliran darah, sehingga akan mengurangi stres dan juga kecemasan. Dalam hal ini anda juga bisa mengikuti kegiatan sosial atau bergabung dengan kelompok berjalan kaki maupun bertemu teman saat berjalan dan mengobrol merupakan cara yang bagus untuk membuang perasaan terkungkung dan juga kesepian. Sebuah survei yang dilakukan oleh badan amal Mind  juga menemukan bahwa 83% orang dengan masalah kesehatan mental, latihan ini juga diketahui membantu mengangkat suasana hati mereka. Dan apabila anda ingin memperoleh manfaat terbesar berjalan kaki bagi kesehatan, anda bisa berjalan diluar ruangan atau suatu tempat yang menghadirkan pemandangan hijau nan luas.

Selain beberapa manfaaat jalan kaki di atas, manfaat jalan kaki lain ialah bisa mengurangi risiko kemungkinan terkena asma, radang sendi, stroke dan juga beberapa jenis kanker. Jadi, manfaatkan dengan sebaik-baiknya olahraga yang murah meriah ini. Luangkan sedikit saja waktu anda dalam sehari untuk berjalan kaki. Anda juga bisa menyiasatinya dengan memarkir kendaraan anda lebih jauh dari kantor maupaun berjalan kaki selama 15 sampai 30 menit saat bepergian. Bahkan jalan kaki pagi juga sangat di sarankan untuk ibu hamil. Sebab banyak  bergerak ketika hamil sangat baik sebab bisa menyehatkan ibu serta bayinya selama masa kehamilan dan mempermudah proses persalinan kelak. Tidak sedikit ibu hamil yang malas melakukan gerakan dengan berbagai macam alasan dan ini akan menuai banyak kerugian pada saat masa persalinan tiba. Adapun gerakan yang dimaksud ini tidak perlu berlebihan, melainkan gerakan jalan kaki yang bersifat lebih santai. Akan tetapi mempunyai kualitas gerakan yang dapat menyehatkan tubuh dan juga janin yang dikandung seperti melakukan jalan pagi setiap hari yang banyak memberi manfaat untuk ibu hamil seperti di bawah ini :

a. Mengurangi Resiko Keguguran
Ibu hamil yang teratur melakukan jalan pagi, maka tubuhnya akan terlihat lebih bugar dan wajahnya juga terlihat segar dan bercahaya. Selain itu keuntungan lain selama jalan pagi si ibu juga akan menghirup banyak oksigen yang nantinya akan dialirkan kearah plasenta bayi yang sangat berguna untuk perkembangan tubuh serta memperkuat rahim sang ibu.

b. Membuat Tubuh Tidak Lemas
Degan anda rajin melakukan gerakan dengan cara jalan pagi setiap hari bisa membuat tubuh tidak mudah lelah dan juga lemas. Sebab semua otot yang ada di jaringan tubuh telah terlatih menjadi rileks  dan juga elastis .

c. Psikologis ibu Semakin Kuat
Jalan kaki di pagi hari juga menjadikan kondisi psikologi pada ibu hamil kian kuat dan percaya diri untuk menghadapi proses persalinan normal. Jalan pagi yang rutin juga bisa mengakibatkan kondisi pikiran ibu menjadi jauh lebih tenang  dan bisa lebih berkonsentrasi melakukan aktivitas.

d. Mempercepat Proses Persalinan
Terakhir jalan kaki juga bisa mempermudah proses kelahiran normal tanpa ada rasa sakit yang berkepanjangan sebab selama jalan pagi. Sebetulnya semua otot disekitar rahim dan panggul akan terhindar dari ketegangan maka dari itu proses persalinan dapat menjadi mudah. Itulah beberapa manfaat jalan kaki  yang wajib anda ketahui, semoga bermanfaat.

You may also like...

error: Content is protected !!