1 km berapa menit jalan kaki

Jarak 1 Km Berapa Menit Jalan Kaki? Ini Jawabannya

Ada sebagian orang yang mungkin bertanya-tanya masalah jarak tempuh 1 Km berapa menit jalan kaki. Ya, saya serius. Berjalan kaki adalah aktivitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Namun untuk saat ini apalagi di Indonesia, berjalan kaki untuk jarak 1 Km masih dirasa berat oleh sebagian orang.

Namun jangan khawatir, karena disini saya akan membagikan pengalaman saya dalam berjalan kaki. Jalan kaki sudah menjadi kebiasaan saya dalam aktivitas sehari-hari, misalnya saat pergi berbelanja ke pasar ataupun minimarket yang jaraknya kalau bolak-balik dari rumah ke pasar atau minimarket sekitar 1 sampai 1,5 Km.

Biasanya pada pagi hari, saya pergi ke minimarket yang jaraknya sekitar 500an meter dari rumah. Tidak lupa saya menggunakan smartphone android mungil yang saya selalu bawa dalam kantong celana. Di dalamnya terdapat aplikasi yang memudahkan saya dalam memantau jarak tempuh, waktu tempuh, kecepatan rata-rata, jumlah langkah, dan total kalori yang terbakar.

Anda dapat mendownloadnya di PlayStore, nama aplikasi tersebut adalah Pedometer. Aplikasi tersebut gratis sehingga Anda tak perlu khawatir untuk keluar biaya.

Saya berjalan kaki ke berbagai tempat tujuan dengan jarak yang berbeda-beda, ada yang dekat dan ada juga yang jauh.

Nah, disini saya akan memberikan bukti dari pertanyaan bagi sebagian orang tentang 1 Km berapa menit jalan kaki dengan sejelas-jelasnya.

Oke kalau begitu, Anda bisa langsung lihat screenshot tampilan pada aplikasi Pedometer yang saya pakai.

1 km berapa menit jalan kaki Perlu diingat, pada aplikasi tersebut Anda wajib mengatur berapa cm tiap langkah kaki Anda serta berat badan Anda. Sehingga akan ada perbedaan pada tiap orang dalam menempuh 1 km berapa menit jalan kaki.

Jika pada diri saya, saya biasa berjalan kaki sejauh 1 km sekitar 15-16 menit.

Terlihat pada hasil pengukuran pedometer, misalnya pada tanggal 20 April 2019, jarak yang saya tempuh sekitar 1.113 meter (1,113 km) dapat ditempuh dalam waktu sekitar 17 menit 11 detik dengan kecepatan rata-rata 3,9 km/jam.

jarak 1 km berapa menit jalan kakiBukti lain pada tanggal 25 April 2019, saya dapat menempuh jarak sekitar 1.156 m (1,156 Km) dalam waktu sekitar 17 menit 57 detik dengan kecepatan rata-rata 3,9 km/jam.

Apabila Anda selalu berlatih berjalan kaki walaupun hanya 15 menit saja per hari maka akan dapat melatih otot-otot pada kaki agar lebih kuat dan lincah dalam berjalan kaki.

Jarak 1 km lambat laun akan terasa dekat dan cepat. Tidak lupa juga Anda mesti membiasakan berjalan cepat. Terutama saat Anda berada di jalan aspal yang kondisinya masih mulus dan rata.

Selalu perhatikan lintasan jalan yang sedang Anda lalui saat berjalan kaki karena bisa saja ada benda-benda seperti batu dan lain-lain yang akan membahayakan langkah kaki Anda.

Jalan kaki sangat bagus untuk dijadikan aktivitas sehat harian Anda, seperti saya karena sangat mudah dilakukan dan tak perlu keluar uang banyak beli peralatan olahraga yang banyak dan mahal.

Selain itu, dengan berjalan kaki walau hanya sebentar di lingkungan tempat Anda tinggal, Anda sudah membantu lingkungan tetap bersih bebas dari polusi. Artinya jalan kaki adalah sarana transportasi berbasis lingkungan.

Anda akan merasakan ketenangan saat melakukan jalan kaki, karena ini bisa menghilangkan stres dan depresi secara alami.

Anda pun dengan mudah menikmati udara segar saat berjalan kaki di pagi hari sebelum memulai aktivitas harian Anda seperti bekerja ke kantor bagi karyawan ataupun pergi ke sekolah bagi pelajar.

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan kegiatan jalan kaki, maka sekarang saatnya untuk memulainya karena ini adalah cara terbaik yang bisa Anda tempuh untuk memenuhi syarat agar tubuh tetap sehat dan bugar setiap hari.

Apalagi olahraga jalan kaki ini sangat direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan dinyatakan sebagai olahraga terbaik di dunia.

Semoga artikel ini bisa menjadi jawaban atas pertanyaan Anda tentang 1 km berapa menit jalan kaki dan bisa memotivasi Anda dalam gerak aktif berjalan kaki. Semoga bermanfaat.

Share