10000 Langkah Sama Dengan Berapa Kilometer?

Banyak sekali kampanye yang menyarankan kita untuk berjalan kaki sebanyak 10000 langkah setiap hari untuk menjaga kesehatan tulang dan terhindar dari osteoporosis.

Saya termasuk orang suka olahraga berjalan kaki dan pertama kali tahu tentang berjalan kaki 10000 langkah itu dari iklan televisi. Anda pasti sudah tahu kan?

Karena saya penasaran berapa jarak tempuh (kilometer) jika saya berjalan kaki sebanyak 10000 langkah maka saya menggunakan aplikasi pedometer yang sangat mudah didapatkan dan gratis. Aplikasi tersebut bisa diinstal di smartphone android.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri selama berjalan kaki jarak jauh maka bisa saya simpulkan bahwa 10000 langkah sama dengan sekitar 6,5 kilometer. Dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit. Kecepatan rata-rata 4,2 kilometer per jam. Panjang langkah kaki sekitar 65 cm. Jumlah kalori yang dibakar adalah sekitar 255 kkal.

Anda penasaran juga ingin mencoba 10000 langkah berapa kilometer? Cobalah, dijamin Anda akan ketagihan. Diri Anda akan merasa lebih bugar dan tentunya peredaran darah akan lebih lancar. Tidur jadi nyenyak. Stress jadi hilang dengan berjalan kaki.

Karena olahraga ini adalah favorit saya karena murah, mudah, praktis dan minim risiko serta minim cedera. Jalan kaki bisa Anda tentukan sendiri kecepatannya, mulai dari jalan santai, sedang atau cepat. Anda bisa berjalan kaki secara sendiri atau berkelompok.

Untuk pemula disarankan latihan ringan terlebih dulu dengan berjalan kaki santai selama 5 menit, setelah itu dilanjutkan dengan meningkatkan durasi dan kecepatan berjalan Anda sedikit demi sedikit. Ini bertujuan agar tubuh dan kaki secara khususnya terus terbiasa dan terlatih dengan baik.

Untuk tambahan, di bawah ini saya tampilkan screenshot aplikasi pedometer saya yang mencatat jumlah langkah di atas 10000.

Semoga dengan informasi yang saya bagikan ini bisa memberi inspirasi dan semangat untuk Anda agar terus rutin berolahraga jalan kaki. Sehingga Anda menjadi sehat dan bugar terhindar dari penyakit seperti diabetes, osteoporosis, hipertensi dan lain sebagainya. Terima kasih.

Share