manfaat jalan kaki untuk obati sakit lutut

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Obati Sakit Lutut

Sebagian orang pasti ada yang pernah mengalami sakit pada lutut yang disebabkan osteoarthritis. Meskipun penderita sakit lutut akan mengalaminya ketika pertama kali melakukan gerakan, aktivitas olahraga mudah semisal jalan kaki faktanya bisa meredakan rasa sakit karena keadaan tersebut.

Jemima Albayda MD, yakni ahli rheumatologi dari Unversitas John Hopkins menyatakan bahwa rasa sakit di lutut yang dialami seseorang ketika pertama kali bergerak dipicu oleh adanya radang di bagian lutut. Tapi, saat penderita sakit lutut dan hendak berjalan kaki, rasa sakit tersebut akan mulai mereda.

Diberitakan dari WebMB, berikut ini faktor mengapa jalan kaki bisa mengurangi rasa sakit pada lutut:

1. Membangun ulang sendi

Sakit lutut yang dirasakan membuat tulang rawan di area persendian yang berguna untuk meredam kejut di lutut menjadi terganggu atau rusak. Akhirnya, akan terjadi rasa sakit, kekakuan pada lutut dan gangguan ketika bergerak. Olahraga bisa menjadi jawaban untuk membangun ulang sendi dengan cara berjalan kaki.

“Tulang rawan bagaikan spons, memperoleh nutrisi dari kompresi dan dekompresi yang bersumber dari bobot tubuh ketika berjalan kaki,” ujar Denver Eric Robertson, terapis fisik yang sekaligus penderita osteoarthritis.

2. Membuat kaki kuat

Berjalan kaki membentuk banyak otot di bagian kaki sehingga bisa mengeluarkan tekanan dari persendian yang mengatasi beban di kaki. Jika itu terjadi maka bisa mengurangi rasa sakit di lutut.

3. Bisa mengurangi berat badan

Aktivitas olahraga yang bisa mengurangi berat badan secara bertahap, nantinya akan bisa juga mengurangi tekanan yang dialami oleh lutut.

Menurunnya tekanan yang terjadi di lutut membuat reda rasa sakit karena nyeri di bagian lutut. Albayda berkata bahwa berjalan kaki merupakan metode mudah dan ringan yang baik dilakukan untuk mengurangi berat badan.

4. Berjalan kaki sekitar 30 menit

Melakukan olahraga selama kurang lebih 30 menit rutin tiap hari dalam seminggu dapat membuat tubuh sehat. Untuk Anda yang masih jarang olahraga dan ada kendala nyeri pada lutut wajib memotivasi diri sendiri dan melakukannya secara bersamaan. Khusus bagi penderita nyeri lutut dianjurkan berjalan kaki selama 10 menit saja tiap hari.

“Beberapa individu menjadi lebih bersemangat sehingga mereka terlalu melakukannya dan bahkan jadi sakit di waktu mendatang,” ujar Albayda.

Ada sejumlah hal yang merupakan ciri Anda mesti berhenti berolahraga diluar kewajaran.

Pembengkakan secara tiba-tiba, mengalami sakit yang luar biasa sampai tidak mampu berdiri dengan satu kaki, menjadi kurang stabil misalnya akan jatuh, mengalami nyeri dan sakit lebih tinggi dari 4 sampai 5 pada angka 1 hingga 10 merupakan sinyal yang wajib diwaspadai dan tanda untuk berhenti secepatnya.

5. Ambil pertolongan jika diperlukan

Ketika berjalan usahakan untuk memakai sepatu khusus. Bila ada rasa sakit atau pembengkakan di lutut, segera berbaring sebentar dalam posisi kaki diangkat. Gunakan es batu lalu letakkan di lutut. Itu bisa meredakan pembengkakan lutut.

Bila saat berjalan kaki rasa sakit tetap ada, segera konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut. Rasa sakit bisa jadi diakibatkan karena gangguan penyelarasan lutut sehingga diperlukan alat bantu khusus contohnya sisipan yang dibuat spesial untuk sepatu.

“Yakinlah pada fisik Anda dan yakinlah pada realita bahwa kita diciptakan untuk bergerak, dan gerak itu punya efek penyembuhan,” ucap Robertson.

Share