Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Anda Pasti Suka! Ini 7 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari untuk Kesehatan

Hidup sehat itu tidak harus keluar uang banyak

Bila Anda ingin tubuh yang sehat dengan langkah simpel dan murah maka Anda wajib coba berjalan kaki secara teratur di pagi hari atau sore hari. Tak perlu lama-lama, hanya 20 sampai 30 menit saja dan Anda akan merasakan manfaat berlimpah bagi tubuh Anda.

Mau tahu apakah manfaat yang dapat diraih dengan berjalan kaki secara teratur setiap hari? Mari simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Memperbaiki fungsi organ otak Anda

Sebuah riset dari New Mexico Highlands University menyatakan bahwa tekanan yang dirasakan oleh kaki ketika berjalan atau berlari bisa menambah aliran darah yang disalurkan ke organ otak.

Karena inilah yang menjadi otak bisa berfungsi makin optimal. Hal ini tentulah bermanfaat, karena darah merupakan sarana untuk membawa zat makanan dan oksigen ke semua organ tubuh, khususnya otak.

Aliran darah yang meningkat menuju otak ini pasti juga membuat seluruh makanan dan oksigen mengalami hal sama.

Hal yang baik dan luar biasa bila banyak orang yang mendapatkan ide-ide cemerlang ketika mereka berjalan kaki pagi hari. Faktor penyebabnya sangat mudah, otak mereka berfungsi kian baik ketika itu.

2. Menjadikan organ jantung sehat

Sampai sekarang sudah cukup banyak riset yang memperlihatkan bahwa olahraga jalan kaki bermanfaat hebat bagi jantung.

Salah satu riset yang cukup menarik adalah yang dilakukan pada tahun 2013 saat periset yang berasal dari California mengikutsertakan sejumlah 15.045 pejalan kaki dan 33.060 pelari untuk menyelenggarakan sebuah riset.

Sesudah 6 tahun berlalu, para periset ini mendapatkan kesimpulan bahwa berlari atau hanya sebatas berjalan kaki secara teratur sama-sama bisa menekan risiko serangan jantung, stroke, diabetes dan kolesterol.

3. Mendongkrak ide dan kreativitas

Tahukah Anda bahwa Steve Jobs, pendiri Apple, merupakan orang yang hobi mondar-mandir ketika sedang rapat di dalam ruangan? Anda tentunya pernah kan berjalan mondar-mandir ketika memikirkan suatu hal. Mengapa hal tersebut dilakukan?

Sebuah bukti mengagetkan dari Stanford University memperlihatkan bahwa berjalan-jalan bisa menambah kreativitas seseorang sampai 60% daripada hanya duduk. Siapa mengira bahwa hal sederhana yakni berjalan kaki bisa membuat orang jadi makin kreatif. Hebat kan?

4. Memangkas berat badan

Ada orang yang mengalami berat badan berlebih alias gemuk namun sangat malas untuk berolahraga keras dan berat. Solusinya adalah selalu melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari.

Kegiatan berjalan kaki sebenarnya bukan cara paling ideal untuk mengurangi berat badan, namun cara ini bisa dibilang begitu sesuai bagi pemula.

Pernyataan dari Katherine Zeratsky, R.D., L.D. melalui mayoclinic.org menerangkan bahwa berjalan kaki memang sangat bisa menurunkan berat badan namun hal itu dipengaruhi oleh tiga hal:

  1. Masalah intensitas berjalan Anda, apakah cepat atau lambat. Semakin cepat semakin bagus.
  2. Masalah durasi berjalan, semakin lama durasinya maka semakin bagus.
  3. Masalah diet yang sedang dilakukan. Bila ingin mengurangi berat badan maka berolahraga itu penting, tapi memperhatikan kalori yang masuk ke tubuh jauh lebih penting.

Hindari jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh ketika makan lebih banyak ketimbang kalori yang sudah dibakar ketika berolahraga.

5. Dapat membuat sistem pencernaan jadi lancar

Apa yang Anda lakukan sesudah makan? Bila Anda sama dengan kebiasaan orang pada umumnya maka biasanya adalah duduk. Duduk itu pun bermacam-macam seperti duduk sambil memegang ponsel, nonton TV, berbincang dengan orang dan lain-lain.

Duduk sebentar sesudah makan pastinya lebih bagus daripada segera merebahkan diri di tempat tidur. Tapi jika Anda mau mendapat manfaat yang lebih baik dan sehat, maka berjalan santai beberapa menit. Sebentar saja sekitar 10 sampai 15 menit.

Sebuah riset yang diselenggarakan di Jerman di tahun 2008 mendapati bahwa berjalan santai sesudah makan bisa meningkatkan gerakan makanan dalam tubuh. Itu bermakna bahwa makanan yang baru dimakan dapat lebih segera dicerna.

6. Meredakan nyeri pinggang

Teknik paling sederhana dalam menyembuhkan nyeri sendi yang kebanyakan direkomendasikan oleh dokter seluruh negara di dunia adalah berjalan kaki. Hal tersebut dipertegas oleh sebuah riset yang dilakukan oleh Dr. Michael Katz-Leurer dari Tel Aviv University.

Riset yang dilakukan menyertakan 52 orang berumur antara 18-65 tahun yang seluruhnya menderita nyeri pinggang yang akut. Dia lalu melakukan 2 uji terapi dimana jenis uji pertama memakai jenis uji klink, sedangkan uji penyembuhan kedua dengan berjalan kaki.

Yang membuat kaget bahwa hasil yang ada menunjukkan penyembuhan nyeri pinggang dengan berolahraga jalan kaki punya hasil setara efektifnya dengan penyembuhan yang sering dilakukan di klink. Ini sungguh menakjubkan.

7. Memperbaiki mood

Anda perlu hiburan yang bisa meredakan stres yang tak perlu keluar uang banyak? Lakukan hal berikut yaitu berjalan santai dengan tidak memakai sandal dan berkeliling kompleks perumahan selama 20 sampai 30 menit.

Olahraga sebagaimana halnya berjalan kaki santai berdasarkan para ahli merupakan metode yang sangat cocok untuk meningkatkan hormon endorfin yang berada dalam tubuh seseorang.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu endorfin, endorfin merupakan cairan tubuh yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan bisa menimbulkan rasa bahagia dan senang. Ini sama dengan efek yang ditimbulkan oleh morfin, namun bedanya endorfin tidak membuat kecanduan.

Hal yang meyakinkan bahwa berjalan kaki secara teratur setiap hari bisa bermanfaat baik untuk kesehatan Anda. Halangannya mungkin adalah cara bagaimana supaya Anda bisa rutin dan disiplin melakukan jalan kaki setiap waktu.

Jika Anda merubah pola pikir tentang jalan kaki itu adalah menyehatkan maka Anda akan menyukainya.

Tentunya kita semua tahu dan sadar bahwa kesehatan punya nilai tinggi bagi kehidupan seseorang. Disini saatnya kita untuk mau belajar dan mempraktekkan cara menjaganya walau hanya melakukan rutinitas berjalan kaki menyusuri jalan di daerah tempat tinggal entah itu saat pagi atau sore hari.