Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
efek sering jalan kaki bagi tubuh

13 Efek Sering Jalan Kaki yang Akan Anda Rasakan

Jalan kaki merupakan kegiatan yang mudah dilakukan. Sayangnya sekarang tidak banyak orang yang mau berjalan kaki. Padahal ada sesuatu yang positif dari efek sering jalan kaki untuk kesehatan tubuh.

Apalagi semakin majunya jaman membuat berbagai macam kendaraan bisa mengantar Anda kemana saja.

Belum lagi dengan layanan pengiriman yang membuat Anda semakin jarang bergerak. Padahal setiap orang harus berjalan minimal sepuluh ribu langkah setiap harinya.

Jalan kaki adalah sebuah olah raga yang harus dilakukan setiap hari. Kebanyakan orang merasa jalan kaki terlalu melelahkan dan membuat mereka sakit.

Padahal justru sebaliknya, efek sering jalan kaki justru sangat baik untuk tubuh. Anda bisa merasakannya sendiri setelah jalan kaki secara rutin.

Lakukan Setiap Hari dan Anda Akan Mendapat Efek Sering Jalan Kaki

Jika Anda sudah sering jalan kaki, pasti bisa merasakan bagaimana efek sering jalan kaki yang Anda alami. Tubuh terasa sangat berbeda ketika kita sering bergerak dan tidak pernah bergerak atau berjalan.

Banyak orang yang kurang jalan dan berakhir dengan beberapa masalah kesehatan.

Sebenarnya jalan kaki sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa jalan kaki bisa membantu kita untuk hidup lebih lama.

Tentunya ini karena dengan berjalan, badan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit sehingga usia kita juga bisa lebih lama.

Ada banyak sekali manfaat dari berjalan kaki untuk kesehatan. Bahkan jalan kaki juga bisa mempengaruhi penampilan.

Misalnya rutin jalan kaki dapat membakar lemak terutama di kaki sehingga bentuk kaki Anda juga lebih bagus dan menarik.

Selain itu ada berbagai macam efek dari sering jalan kaki yang bisa Anda dapatkan, berikut diantaranya:

1. Efek sering jalan kaki bisa mengurangi stres

Ternyata banyak melakukan jalan kaki dapat membantu Anda merasa lebih tenang. Jalan kaki bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Sehingga ketika sedang stres atau mengalami tekanan pikiran, jalan kaki adalah salah satu obat yang baik.

Terlebih lagi jika Anda berjalan kaki di jalanan yang tenang dan indah maka Anda akan merasa lebih tenang. Namun, meski Anda hanya berjalan di trotoar jalan saja sudah bisa membantu mengurangi stress.

Jalan kaki yang dilakukan rutin dapat menenangkan pikiran. Jalan kaki bisa menjadi alternatif setelah pulang bekerja.

Inilah mengapa jalan kaki sangat disarankan untuk kesehatan. Bukan hanya berguna untuk tubuh tetapi juga mental. Anda bisa jalan kaki di sekitar rumah atau sekedar berkeliling agar tubuh dan pikiran terasa ringan.

2. Efek sering jalan kaki dapat meningkatkan daya ingat

Selain baik untuk mengurangi stress, jalan kaki juga membantu pikiran tetap fokus. Anda mungkin pernah mengalami kejadian dimana Anda melupakan hal-hal yang sederhana.

Sering berjalan kaki membantu menguatkan daya ingat hingga usia tua. Inilah mengapa orang yang sering berjalan kaki akan memiliki ingatan yang lebih baik bahkan hingga usia senja.

Anda bisa berjalan kaki mulai dari sekarang untuk memulihkan daya ingat. Efek yang paling penting lagi adalah sering jalan kaki dapat menghindarkan Anda dari penyakit Alzheimer.

Penyakit ini mulai banyak menyerang dan bisa berbahaya. Pengidap Alzheimer dapat kehilangan ingatan jangka panjangnya.

Maka dari itu, jalan kaki adalah pencegahan yang cukup ampuh untuk menghindari penyakit ini. Tidak sulit dan bisa dilakukan di rumah kapan saja.

3. Bebas dari glaukoma sebagai efek sering jalan kaki

Siapa sangka jika sering jalan kaki bisa menjaga penglihatan mata. Jalan kaki memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk kesehatan mata.

Sering berjalan kaki bisa membantu Anda terhindar dari glaukoma yang berbahaya. Penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan pada mata dan merusak retina mata.

Glaukoma adalah penyakit yang tentunya tidak ingin Anda alami. Maka dari itu jalan kaki adalah pencegahan yang efektif.

Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang sering berjalan kaki memiliki kemungkinan glaukoma yang lebih kecil. Mata menjadi lebih sehat dan kornea mata lebih jernih.

Pandangan Anda bisa bertahan bahkan hingga Anda berusia lanjut. Selain itu, efek sering jalan kaki untuk mata adalah mencegah rabun terutama mata rabun karena faktor usia. Maka dari itu, jalan kaki sangat penting untuk menjaga mata tetap sehat dan pandangan tetap jernih sampai Anda berusia lanjut.

4. Efek sering jalan kaki yang paling terasa adalah aman dari masalah jantung

Salah satu efek sering jalan kaki yang sudah kerap Anda dengar pasti untuk jantung. Jalan kaki memang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Beberapa orang yang memiliki masalah kesehatan dengan jantung justru lebih baik sering jalan kaki, tapi sesuai dengan anjuran dokter.

Bagi Anda yang masih sehat, jalan kaki membantu menghindarkan Anda dari penyakit jantung. Peredaran darah menjadi lebih lancar, terutama peredaran darah ke otak.

Jalan kaki membuat Anda aman dari ancaman stroke yang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah. Jalan kaki merupakan olah raga ringan yang bisa dilakukan dimana saja. Maka dari itu, jalan kaki juga bisa mengurangi kolestrol dalam tubuh yang berbahaya untuk jantung.

Namun, kalau Anda memiliki masalah jantung sebaiknya minta saran dokter agar kerja jantung tidak terlalu berat saat berjalan.

5. Efek sering jalan kaki adalah memperlancar peredaran oksigen

Sering berjalan kaki dapat membantu peredaran oksigen. Oksigen sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia.

Oksigen dari dalam paru-paru akan dibawa oleh darah menuju seluruh tubuh. Salah satunya adalah otak yang membutuhkan asupan oksigen yang lancar.

Oksigen yang tidak beredar dengan lancar dapat menyebabkan berbagai penyakit baik ringan hingga yang fatal. Biasanya saat asupan oksigen ke otak kurang, Anda bisa mengalami sakit kepala.

Hal fatal yang bisa terjadi adalah kematian. Melalui rajin jalan kaki, oksigen dapat beredar dengan lancar ke seluruh tubuh. Inilah mengapa berjalan kaki dapat membuat tubuh terasa lebih segar. Ini karena oksigen tersalurkan dengan baik dan badan terasa sangat ringan.

6. Racun hilang sebagai salah satu efek sering jalan kaki

Tubuh kita ternyata selalu mengonsumsi racun dari makanan yang masuk ke dalam pencernaan. Racun ini kemudian disterilkan oleh hati.

Maka dari itu kita tetap bisa hidup meski memakan makanan yang sebenarnya tidak baik untuk tubuh. Namun, kerja hati dalam menetralkan racun perlu dibantu, salah satunya dengan jalan kaki.

Berjalan kaki secara rutin terbukti mampu menghilangkan racun di dalam tubuh, terutama racun dalam pencernaan. Namun, racun yang dimaksud adalah racun dengan kadar yang rendah bukan racun yang sangat mematikan.

Racun dalam pencernaan ini bisa membuat perasaan mual atau tidak enak. Sering berjalan kaki dapat membantu Anda untuk menghindari masalah ini sehingga tubuh Anda aman dari racun.

7. Efek sering jalan kaki juga berpengaruh ke pencernaan

Jalan kaki dapat membantu pencernaan Anda untuk tetap sehat. Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti sembelit atau perut kembung, maka jalan kaki bisa menjadi obatnya.

Bahkan efek sering jalan kaki bisa menghindarkan Anda dari penyakit pencernaan tersebut. Ini dapat terjadi karena sistem pencernaan menjadi lebih sehat dengan kadar oksigen yang tepat karena berjalan kaki.

Maka dari itu banyak orang memilih untuk selalu berjalan kaki secara rutin untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat salah satunya pencernaan. Ketika perut Anda terasa kembung, cobalah untuk berjalan kaki beberapa menit dan rasa kembung tersebut akan hilang.

Manfaat jalan kaki sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Namun, sebaiknya hindari jalan kaki saat perut terlalu kenyang atau langsung berjalan setelah makan karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Anda juga tidak boleh makan sambil jalan kaki.

8. Efek sering jalan kaki yang menguntungkan adalah mencegah diabetes

Diabetes juga bisa dicegah salah satunya dengan berjalan kaki. Efek sering jalan kaki yang belum banyak diketahui adalah mengurangi resiko diabetes.

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada organ lainnya sehingga penyakit ini sangat berbahaya. Sayangnya diabetes adalah musuh besar manusia karena banyak yang sudah menjadi korban.

Anda bisa menghindari penyakit ini dengan rutin berjalan kaki setiap hari. Jalan kaki dapat membantu tubuh Anda terhindar dari diabetes yang berbahaya.

9. Sistem kekebalan tubuh meningkat merupakan efek sering jalan kaki

Efek dari sering jalan kaki berikutnya adalah terhindar dari berbagai penyakit. Ternyata rutin jalan kaki dapat membantu sistem imun menjadi lebih kuat.

Tubuh akan kebal terhadap berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang diakibatkan oleh virus. Orang yang rajin jalan kaki setiap hari pasti tidak mudah terserang penyakit seperti flu atau batuk dibandingkan dengan orang yang jarang jalan kaki.

Melalui jalan kaki, tubuh akan terus bergerak dan menjadi lebih kuat. Sistem kekebalan tubuh meningkat tinggi sehingga Anda aman dari serangan virus. Tubuh bisa kebal baik dari masalah penyakit dari dalam ataupun karena virus dari luar. Sehingga Anda tidak perlu takut jika tertular penyakit seperti flu.

10. Efek sering jalan kaki untuk tulang yaitu mencegah osteoporosis

Jalan kaki selalu dianjurkan untuk setiap orang terutama yang sudah lanjut usia. Efek jalan kaki yang sangat terkenal adalah mencegah osteoporosis.

Penyakit ini adalah pelemahan tulang, dimana tulang menjadi rapuh. Osteoporosis biasanya akan terasa ketika sudah berusia lanjut atau 50 tahun ke atas.

Badan terasa mudah sakit dan tulang menjadi sangat rapuh dan terkikis. Osteoporosis adalah penyakit yang banyak diderita orang tua sehingga beberapa diantaranya hingga lumpuh.

Agar belum terlambat, Anda harus berjalan kaki secara rutin untuk menghindari penyakit ini di usia tua. Anda mungkin belum merasakan efeknya sekarang tetapi Anda dapat mendapatkan manfaatnya beberapa tahun kemudian.

11. Efek sering jalan kaki juga dapat memperkuat otot

Otot yang terbiasa digunakan akan menjadi lebih kuat dan tebal. Begitu juga ketika Anda sering berjalan kaki maka otot kaki Anda akan lebih kuat dan terlatih.

Otot kaki yang kuat membantu Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bagus. Selain itu juga memiliki efek untuk kesehatan Anda.

Penyakit-penyakit yang menyerang otot dan persendian bisa terhindarkan dengan rutin berjalan kaki. Maka kaki Anda juga lebih kuat dan tidak mudah sakit.

Mungkin banyak orang yang mengabaikan efek ini, tetapi kaki yang sakit karena terlalu banyak beraktifitas terasa tidak nyaman. Jika anda sering jalan kaki maka kaki Anda jarang sakit dan tidak mudah pegal.

Ini adalah salah satu efek jalan kaki yang bisa langsung Anda rasakan. Awalnya mungkin Anda akan merasa pegal tapi setelah beberapa hari Anda tidak akan merasa pegal atau nyeri di kaki bahkan ketika melakukan pekerjaan yang berat.

12. Berat badan cepat turun sebagai efek sering jalan kaki setiap hari

Anda yang ingin mengurangi berat badan, bisa mencoba jalan kaki dengan rutin. Jalan kaki merupakan salah satu olah raga yang ampuh untuk mengurangi berat badan.

Anda bisa kehilangan berat badan dengan lebih cepat. Banyak yang sudah membuktikannya dan kehilangan berat badan dengan rutin jalan kaki.

Namun, Anda juga perlu mengimbangi dengan makanan yang sehat agar lebih efektif. Kehilangan berat badan memang tidak mudah untuk sebagian orang, tapi asal Anda melakukannya secara rutin dan konsisten maka Anda bisa mendapatkan efek ini.

Selain lebih kurus, badan juga menjadi sehat. Anda tidak hanya kurus tetapi mendapatkan berat badan yang ideal sehat. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk melakukan olah raga lainnya maka jalan kaki menjadi alternatif yang terbaik.

13. Efek sering jalan kaki membuat tubuh tidak mudah lelah

Anda mungkin berpikir jalan kaki adalah kegiatan yang sangat melelahkan. Meski awalnya jalan kaki membuat Anda merasa lelah, tapi ketika sudah dilakukan dengan sering maka lama-kelamaan rasa lelah itu akan hilang.

Anda bahkan bisa berjalan lebih lama tanpa merasa lelah. Sering jalan kaki juga menjaga nafas Anda tetap stabil sehingga tidak cepat kehabisan nafas.

Badan Anda lama-kelamaan akan terbiasa dengan jalan kaki dan dapat menyesuaikan. Maka dari itu, jika sudah terbiasa berjalan maka Anda tidak mudah merasa lelah.

Selain tidak lelah saat berjalan, Anda juga tidak mudah lelah dalam melakukan aktifitas lain. Efek ini sangat menguntungkan tertuma bagi Anda yang memiliki banyak pekerjaan setiap harinya. Anda bisa beraktifitas dengan lebih bebas dan dapat melakukan banyak hal tanpa takut lelah.

Itulah berbagai macam efek sering jalan kaki yang bisa Anda dapatkan. Jalan kaki bukan hal yang sulit untuk dilakukan bagi Anda yang memiliki fisik normal. Sehingga selama Anda memiliki kemampuan untuk berjalan, Anda harus memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Agar lebih efektif sebaiknya Anda berjalan kaki setiap hari minimal 30 menit. Anda bisa jalan kaki pada pagi hari atau sore hari, sebenarnya tidak ada masalah tapi jalan kaki di siang hari dapat membuat Anda kekurangan cairan sehingga harus waspada dengan membawa air putih.

Selain itu Anda bisa berjalan kaki saat pergi bekerja atau sebelum beraktifitas. Mulai membiasakan diri dengan berjalan kaki dapat membantu Anda menjadi lebih sehat dan kuat.

Anda bisa mulai dengan perlahan-lahan, misalnya berjalan satu kilometer untuk hari pertama kemudian ditambah secara perlahan-lahan. Ketika Anda sudah terbiasa maka Anda tidak akan merasa lelah, justru bisa merasakan langsung efeknya.

Jalan kaki sendiri sudah mulai dianjurkan oleh banyak pihak terutama pemerintah dengan mengadakan berbagai macam acara yang melibatkan jalan kaki seperti jalan sehat. Maka dari itu kita harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin terus membiasakan diri dengan berjalan kaki untuk badan yang lebih sehat. Berjalan kakilah setidaknya 30 menit setiap hari dan rasakan sendiri efeknya.

Share