Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Fakta Di Balik Jalan Kaki 20 Menit Tiap Hari

Olahraga sebetulnya cukup merepotkan jika harus pergi ke tempat gym. Lagian, biayanya juga mahal. Ini salah satu hal yang menghalangi orang untuk berolahraga.

Tapi jika biaya yang menjadi hambatan, Anda tak perlu bingung dan khawatir. Karena ada olahraga murah meriah yang layak Anda coba.

Jenis aktivitas olahraga ini pun ringan, tidak seperti olahraga berat di gym.

Ada satu studi terbaru menyatakan bahwa berjalan kaki meski sebentar bisa membantu menambah umur Anda.

Rekomendasi yang disampaikan Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat adalah berjalan kaki sekitar 2 jam dan 30 menit per pekan atau sedikit dari itu berkhasiat menekan risiko kematian individu.

Ini sebuah rekomendasi yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Anda bisa berjalan kaki sekitar 20 menit tiap hari jika dibuat rata-ratanya.

Berita bagusnya adalah makin Anda banyak berjalan kaki maka bertambah pula kelebihan manfaat yang didapatkan yaitu dapat meminimalisir risiko tutup usia sampai 20%.

Studi kohort yang sudah terselenggara sangat lama sekitar 13 tahun memusatkan perhatian pada orang dewasa yang lebih tua, dengan rata-rata umur pria sekitar 71 tahun dan umur wanita sekitar 69 tahun.

Secara umum, riset memperlihatkan, kegiatan fisik yang konstan merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati hidup yang sehat dan umur panjang. Terlebih pada orang lanjut usia saat problem kesehatan mulai melanda.

Tapi, riset membuktikan, orang tua malahan tidak berolahraga secara terjadwal dan terutama bagi wanita sedikit aktif ketimbang pria.

Riset juga memperlihatkan fakta baru, mendapatkan kesehatan tak mesti harus berada di tempat gym selama berjam-jam. Ini adalah kesimpulan riset yang dilaksanakan mulai tahun 1990-an, saat sejumlah peneliti mulai mengkaji cara orang bisa memperoleh keuntungan luar biasa dengan cuma berolahraga sedikit atau ringan.

Kajian lain sejak tahun 2015 ditemukan, olahraga dengan kadar ringan adalah kegiatan yang lebih sederhana bagi kaum dewasa yang lebih tua, karena mereka berpeluang tinggi terhadap cedera dan gampang untuk bertahan dan menambah daya, kelenturan dan keseimbangan tubuh.

Ada hal yang dipaparkan oleh penulis dari kajian ini, “Berjalan kaki itu sederhana, tidak bayar dan tak mengharuskan ada pelatihan khusus, dengan begitu adalah kegiatan ideal untuk sebagian besar warga Amerika, khususnya ketika usia mereka bertambah tua.”

Intinya adalah, untuk memiliki kesehatan tidaklah mahal dan keluar uang banyak. Dengan rutin berjalan kaki tiap hari, hidup akan lebih sehat, bugar, bahagia dan umur panjang.