fungsi tulang jari kaki

Fungsi Tulang Jari Kaki

Setiap tulang di dalam tubuh kita memiliki fungsi dan peranan masing-masing. Salah satunya adalah tulang jari kaki. Fungsi tulang jari kaki sangatlah penting bagi manusia dalam berbagai aktivitas.

Oleh karena itu, secara khusus pada artikel kali ini saya akan membahas tentang fungsi tulang jari kaki. Fungsi tersebut terkait dengan kehidupan sehari-hari, sehingga sangat penting jika kita mengetahui tentang hal tersebut.

Sebelum itu, saya akan membahas terlebih dahulu tentang apa itu jari kaki.

Kita semua tentu sudah mengetahui kalau normalnya jari kaki ada lima. Setiap jari berfungsi dengan bantuan beberapa organ penting seperti tulang, otot, serta saraf.

Kerjasama setiap organ tersebut menjadikan kaki kuat dalam menyanggah tubuh kita saat berdiri.

Jari kaki akan memanjang dan melentur saat tubuh akan berjalan, berdiri, dan berlari. Selain itu, jari kaki akan terus berkembang dan melakukan penyesuaian dengan perkembangan tubuh agar seimbang dan tidak jatuh.

Setiap kaki memiliki 14 tulang falang, di mana setiap jari kaki memiliki tiga tulang falang, yaitu proximal, middle, dan distal. Terkecuali jempol, karena tulang falangnya hanya dua saja, yaitu proximal dan distal.

Setiap jari kaki terhubung ke bagian kaki lainnya melalui sendi metatarsophalangeal tempat tulang metatarsal berada.

Detail Fungsi Jari Kaki

Setelah membahas sekilas tentang apa itu jari kaki, maka sebagai pelengkap di bawah ini akan saya sebutkan secara detail tentang fungsi tulang jari kaki.

1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Setiap bagian tubuh manusia memiliki fungsi penting masing-masing, salah satunya adalah fungsi tulang jari kaki. Saat seseorang berlari atau berhenti berlari, tulang jari kaki berperan penting dalam menjaga agar tubuh tetap seimbang.

Tanpa adanya jari kaki, sulit untuk mendapatkan keseimbangan pada tubuh.

2. Sebagai Tumpuan

Sebagai anggota tubuh yang berfungsi sebagai tumpuan, misalnya saat berdiri, berjinjit, mendaki, dan yang lainnya, maka tentunya kita menggunakan jari kaki ini sebagai tumpuan utama saat melakukan semua itu.

3. Sebagai Pembentuk Jari Kaki

Setiap tulang dalam tubuh kita berfungsi sebagai bagian pembentuk anggota tubuh, termasuk tulang jari kaki yang berfungsi sebagai rangka tempat pembentukan jari-jari kaki di tubuh kita. Selain itu, jari kaki juga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot penggerak sendi yang ada di jari kaki.

4. Sebagai Penahan Anggota Badan

Fungsi tulang jari kaki juga sebagai penahan anggota badan, misalnya saat seseorang memakai sepatu yang mempunyai hak tinggi seperti yang biasa dipakai oleh remaja perempuan. Bagian tulang jari kaki akan menahan anggota badan dan menjaga keseimbangan tubuh secara keseluruhan saat seseorang yang memakai hak tinggi berdiri atau berjalan.

5. Membantu Manusia Melakukan Lompatan Lebih Jauh

Fungsi lain dari tulang jari kaki adalah membantu seseorang untuk melakukan lompatan yang lebih jauh dan lebih tinggi dari sebelumnya. Misalnya, seorang pemain basket yang harus melakukan lompatan yang tinggi untuk memasukkan bola ke dalam keranjang.

Tanpa bantuan tulang jari kaki, hal tersebut tentu mustahil untuk dilakukan.

6. Penopang Tubuh Saat Beraktifitas di Bagian Atas

Fungsi tulang jari kaki sebagai salah satu penopang tubuh saat melakukan aktiftas di bagian atas seperti push up, plank, pull up, dan yang lainnya.

Penyakit Pada Jari Kaki

Untuk melengkapi pembahasan tentang jari kaki dan fungsi tulang jari kaki, di bawah ini akan saya sebutkan contoh-contoh penyakit yang sering menimpa jari kaki.

1. Nyeri

Rasa nyeri seringkali menimpa jari kaki. Nyeri yang dirasakan diakibatkan oleh kuku yang tumbuh ke dalam, melepuh, dan bunion (kelainan pada jempol kaki). Terkadang rasa nyeri tersebut disebabkan oleh cedera, terkilir, serta gangguan lainnya.

2. Jari terbentur (Stubbed Toe)

Gangguan umum yang juga seringkali menimpa jari kaki adalah terkilir akibat tersandung benda keras yang mengakibatkan rasa sakit.

3. Kelainan pada bentuk jari kaki

Penyakit lainnya yang seringkali menimpa jari kaki adalah kelainan yang menyebabkan jari kaki berbentuk cakar, dimana sendi middle menonjol ke bawah dan sendi proximal menonjol ke atas. Kelainan tersebut seringkali disebabkan oleh alas kaki yang tidak pas atau kekecilan, penyakit diabetes maupun arthritis.

Kelainan lainnya yang juga sering menimpa adalah jari kaki palu dan trigger toe.

4. Asam urat

Penyakit asam urat lebih sering menyerang jempol, dikarenakan adanya penumpukan asam urat pada sendi yang mengakibatkan kaki terasa sakit saat berjalan.

Cara Mengobati Penyakit Pada Jari Kaki

Berbagai penyakit pada jari kaki bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini :

1. Menggunakan obat-obatan

Gangguan pada jari kaki berupa rasa nyeri, peradangan, ataupun asam urat bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat anti-peradangan non-steroid. Obat-obatan ini bisa Anda dapatkan dengan resep dokter atau langsung datang ke apotek dan meminta bantuan kepada apoteker untuk itu.

2. Melakukan bedah tulang

Pembedahan terkadang harus dilakukan apabila tulang jari mengalami dislokasi maupun patah, yang mengakibatkan jari kaki tidak dapat ditangani melalui metode non-invasif. Solusinya, pembedahan harus dilakukan untuk memindahkan dan menahan tulang dengan bantuan alat khusus sampai tulang sembuh.

Selain mengobati, diperlukan upaya pencegahan dini agar gangguan pada jari kaki bisa dicegah.

Sebagai contoh, saat seseorang tidak nyaman saat memakai sepatu, dalam jangka panjang bisa menyebabkan cedera kaki serta gangguan lainnya. Untuk mencegahnya, pilihlah sepasang sepatu yang terasa nyaman menurut Anda.

Segera buang sepatu yang sudah usang, karena seringkali sepatu yang sudah usang kondisinya tidak mampu lagi menahan benturan dengan baik dan tidak mampu memberikan perlindungan secara maksimal.

Jika Anda sering bepergian dengan berjalan, para ahli menyarankan agar Anda membeli sepasang sepatu baru setiap 3 bulan atau setelah 800 km.

Anda juga harus memakai kaos kaki untuk mencegah kulit lecet. Hindari juga berjalan kaki tanpa memakai pengalas kaki di jalan-jalan atau taman, karena setiap saat Anda bisa saja menginjak suatu benda asing yang bisa melukai kaki Anda.

Kurangi waktu berolahraga di permukaan yang keras. Saat berolahraga, jangan lupa untuk menggunakan sepatu dalam rangka mengurangi tekanan pada kaki Anda. Jika tidak, setiap saat kaki Anda bisa luka atau terkilir.

Cara Aman Berolahraga

Agar olahraga yang dilakukan lebih aman, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal berikut ini :

  • Pastikan Anda melakukan peregangan otot terlebih dahulu sebelum dan sesudah olahraga.
  • Mulai dengan aktifitas olahraga yang mudah terlebih dahulu seperti berjalan sebelum lari. Saat lari pun harus dilakukan secara bertahap dengan cara meningkatkan jarak lari Anda. Hindari kebiasaan buruk mengerahkan energi secara tiba-tiba seperti hendak sprint.
  • Hilangkan semua yang kira-kira bisa menghalangi dan mengganggu Anda dalam berolahraga.
  • Jangan sekali-kali nekad memotong kapalan dengan pisau cukur atau pisau lipat.

Demikianlah informasi tentang fungsi tulang jari kaki pada artikel kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan menambahkan pengetahuan dasar bagi Anda tentang jari kaki dan fungsi tulang jari kaki.

Share