Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Hanya Beberapa Menit Saja Anda Bisa Peroleh Manfaat Jalan Kaki

Anda tak boleh sedih bahkan mengeluh bila harus melalui jembatan penyeberangan saat pergi ke kantor atau sekolah. Walaupun nanti tubuh jadi agak capek dan berkeringat. Tapi langkah kaki Anda dalam beberapa menit per hari bisa membuat tubuh Anda jadi sehat.

Yuk kita lihat apa saja manfaat jalan kaki selama 2, 5 dan 10 menit setiap hari sebagaimana dilansir dari situs Prevention.

– Manfaat jalan kaki 2 menit per jam

Tahukah Anda bahwa berjalan kaki dua menit per jam sepertinya bisa memperpanjang usia seseorang.

Seseorang yang berjalan kaki 2 menit tiap jam, akan berkurang terhadap risiko kematian sampai 33% ketimbang orang yang diam duduk saja. Hal ini dituangkan dalam Clinical Journal of the American Society of Nephrology.

Anda bisa berjalan kaki untuk sekedar mendapatkan minuman, tegur sapa dengan teman di divisi berlainan, serta menikmati pemandangan di luar.

– Manfaat jalan kaki 5 menit per jam

Tidur yang kita lakukan biasanya memerlukan waktu 8 jam. Selebihnya, dipakai untuk melakukan kegiatan kurang lebih 16 jam.

Sebaiknya waktu 16 jam tersebut dimanfaatkan untuk sebuah kegiatan bermanfaat bukan hanya diam dan santai saja. Luangkan waktu istirahat setidaknya 5 menit per jam untuk berjalan kaki atau melakukan aktivitas gerak tubuh.

Berdasarkan kajian dari University of Utah, dengan metode ini kita dapat membakar 1000 kalori setiap pekan.

– Manfaat jalan kaki 10 menit per hari

Mengerikan bila seseorang duduk lama selama 6 jam karena menghambat aliran darah. Dampak bahayanya adalah memunculkan risiko penyakit arteri, stroke dan serangan jantung. Agar hal itu bisa ditangani, maka kegiatan berjalan kaki sekitar 10 menit per hari bisa menjadi jawabannya.