manfaat berjalan kaki untuk bayi Anda

Inilah Manfaat Jalan Kaki untuk Bayi yang Sangat Tak Terduga

Jalan Kaki

Bagi sebagian masyarakat mungkin menganggap bahwa jalan kaki ini melelahkan, apalagi bagi si buah hati. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat jalan kaki untuk bayi ini sangat banyak khususnya untuk pertumbuhan si bayi tersebut.

Biasanya orang tua membawa bayi mereka ke luar untuk sekedar jalan-jalan, khususnya pada waktu pagi ketika matahari pagi mulai naik. Para orang tua biasanya menggendong bayi dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Mengapa demikian? Apakah menyehatkan? Atau justru tidak baik bagi si buah hati? Berjemur di bawah sinar matahari pagi ini sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan tulang si bayi, menjaga bayi dari penyakit tulang dan membuat bayi bertumbuh dengan cepat.

Namun, perlu diperhatikan juga beberapa hal penting ketika berjemur di bawah sinar matahari tersebut, yaitu pastikan kondisi bayi dalam keadaan sehat dan pastikan sinar matahari masih segar dan hangat atau sekitar pukul 07.00 hingga 08.00.

Karena pada saat itu sinar matahari sedang dalam keadaan hangat sehingga membuat bayi nyaman dan sehat. Namun, jika sudah melewati pukul 08.00 tersebut sinar matahari sudah mulai panas dan tidak baik untuk bayi.

Apa sih manfaat jalan kaki untuk bayi?

Jalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi perkembangan bayi Anda. Karena seseorang pasti membutuhkan yang namanya udara segar, sehingga sebagai orang tua Anda harus mengetahui apa saja manfaat mengajak bayi jalan-jalan di luar. Manfaat tersebut adalah:

  1. Kemampuan penglihatan bayi menjadi meningkat karena bayi akan bertemu banyak hal baru di luar yang dapat meningkatkan pengetahuan akan benda-benda sekitar seperti pohon, bunga, mobil, rumah, awan, dan lainya.
  2. Meningkatkan kepekaan bayi terhadap situasi sekitar, karena di luar bayi akan bertemu dengan banyak orang, sehingga dapat melatihnya untuk menyapa orang lain.
  3. Meningkatkan hubungan antara orang tua dengan bayi, karena pada saat jalan-jalan Anda pasti mengajak si kecil mengobrol dan sebagainya, sehingga hubungan Anda dengan si kecil menjadi lebih akrab.
  4. Bermanfaat menjaga kesehatan tulang bayi, pada usia di bawah 5 tahun kebutuhan vitamin D untuk tulang sangat diperlukan untuk pertumbuhannya.
  5. Sebagai sarana terapi, ketika berada di dalam rumah, bayi pasti mengalami masa rewel atau sebagainya sehingga ketika situasi tersebut Anda dapat mengajaknya jalan-jalan berkeliling taman atau tempat bermain lainnya.
  6. Melatih bayi untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sehingga dapat mengurangi ketakutan si bayi jika bertemu dengan orang lain yang baru ia kenal.
  7. Jalan-jalan juga bermanfaat bagi sang ibu ketika baru melahirkan, karena sistem tubuh belum pulih secara keseluruhan sehingga dibutuhkan refresing untuk menghilangkan kecemasan dan rasa lelah setelah melahirkan.
  8. Dapat mencegah dan menghindari gangguan psikis pada si kecil dan bagi sang ibu, khususnya ketika sang ibu selesai menyusui, karena udara luar dapat membuat seseorang merasa rileks dan semangat kembali.

Itulah beberapa manfaat jalan kaki untuk bayi serta bagi sang ibu. Sebagai orang tua yang baik sudah seharusnya mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh si bayi, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan sang buah hati Anda tersebut. Salah satu cara untuk membuat bayi senang jalan kaki di luar adalah dengan membawa mainan, boneka, bola, dan mainan lainnya yang disukai oleh si kecil. Jadi, sayangi sang buah hati dengan memperhatikan kebutuhan jasmani dan rohaninya.

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site