Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jalan Kaki Ternyata Bermanfaat Untuk Otak

Jalan kaki memang banyak yang dianggap biasa bagi kebanyakan masyarakat. Namun, ini tak boleh dianggap biasa tapi perlu adanya pengetahuan baru tentang manfaat jalan kaki.

Tahukah Anda, di balik gerakan jalan kaki ada manfaat besar kebaikannya untuk otak manusia.

Terbukti dengan adanya riset terbaru yang meneliti tentang otak yang mengecil saat seseorang berusia lanjut memperlihatkan bahwa olahraga bisa saja lebih berguna ketimbang aktivitas lain yang memancing secara sosial dan psikis.

Hal tersebut diungkapkan oleh kelompok peneliti dari Universitas Edinburgh, Skotlandia, Inggris sesudah menjalani riset kepada 638 individu berumur 70 tahun atau lebih. Mereka melakukan scanning terhadap otak partisipan dengan memakai Magnetic Resonance Imaging (MRI) agar bisa mendapatkan informasi mengenai perubahan susunan otak.

Melihat hasil scanning tersebut dapat dinyatakan bahwa orang yang giat dalam hal fisik berpeluang kecil mengalami penyusutan otak. Olahraga pun bisa memelihara elemen korteks di otak besar, yang merupakan salah satu bagian dari sentral berpikir manusia, selanjutnya juga bermanfaat meminimalisir rusaknya ganglia dasar. Jadi, peran olahraga sangatlah besar terhadap kesehatan otak.

Pernyataan dari para periset selanjutnya adalah olahraga yang dilakukan tak mesti bersifat berat, namun bisa dengan berjalan kaki beberapa kali sepekan. Kata ilmuwan, berolahraga dapat memperlancar peredaran darah menuju otak yang berujung pada asupan oksigen dan nutrisi yang memenuhi syarat kecukupan.

Untuk komparasi, kelompok periset mengkaji mereka yang berlatih mental contohnya menjawab teka-teki dan bertanding catur. Ternyata kegiatan itu tidak begitu berhasil. Laporan riset oleh ilmuwan Universitas Edinburgh tersebut dipublikasikan pada jurnal Neurology.

Jadi, Anda bisa menjadikan olahraga jalan kaki sebagai sarana yang baik dan sehat untuk memperbaiki kesehatan otak Anda agar tidak menyusut.

Selamat mencoba!