Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
jumlah kalori terbakar jalan kaki

Jumlah Kalori Terbakar Jalan Kaki

Jumlah kalori terbakar jalan kaki masih banyak yang belum tahu, untuk itu artikel ini sangat bagus untuk Anda simak. Terutama bagi Anda yang selalu ingin menjaga kesehatan tubuh setiap hari. Banyak yang tidak menyadari bahwa jalan kaki termasuk dalam kegiatan tubuh. Sehingga Anda diharapkan menyimak informasi ini agar nantinya bisa melakukan olahraga jalan kaki dengan penuh semangat.

Berjalan kaki dengan tingkat intensitas tertentu dapat dinilai sebagai olahraga kardiovaskular yang mendatangkan manfaat luar biasa.

“Lari dengan intensitas tertentu dapat memperkuat organ jantung dan membuat jantung jadi lebih efisien, kalori bisa terbakar, memperbaiki fungsi organ pernafasan, dan memperbaiki mood lewat endorfin yang dilepaskan.”

Itulah penuturan dari personal trainer tersertifikasi NASM yang juga sebagai pendiri studio latihan kebugaran PhilanthroFIT, Doug Sklar.

Tapi disini dipastikan ada perbedaan antara jalan cepat dan jalan santai.

Adviser nutrisi Promix Nutrition yang juga sebagai co-founder SoHo Strength Lab, Albert Matheny menyatakan bahwa faktor seperti metabolisme tubuh, berat tubuh, kecepatan berjalan kaki dan tingkat kemiringan permukaan dapat menentukan hasilnya.

Secara umum, seseorang dapat mendapatkan jumlah kalori terbakar jalan kaki sampai 100 kalori dalam jarak 1,6 km saat berjalan cepat.

Hasil yang lain bisa didapatkan untuk aktivitas jalan kaki atau naik tangga pada alat stair climber di tempat gym.

Walaupun jenisnya beragam, tapi aktivitas itu dapat membakar sampai 200 kalori tiap 1,6 km.

Jadi, bila Anda ada waktu dan kesempatan meningkatkan jarak tempuh jalan kaki Anda sampai 8-10 km, Anda bisa saja membakar sebanyak 500-800 kalori.

Total kalori yang setara bisa diperoleh saat Anda berlari atau bersepeda selama sekitar 1 jam.

Hasil optimal bisa diraih jika tempatnya mempunyai kemiringan lebih tajam.

Membangun tubuh dengan berjalan kaki

Banyak orang yang masih belum bisa aktif dalam hal fisik, namun berjalan kaki bisa menjadi solusi mudah yang sangat menolong seseorang.

Matheny berujar, jalan kaki bisa menjadi permulaan banyak individu dan menjadi dasar utama untuk tubuh sehat.

Berjalan kaki pun bisa dinilai sebagai olahraga kardio.

“Kegiatan fisik apa saja bisa menambah denyut jantung di atas denyut jantung saat istirahat dapat disebut sebagai kardio,” ucap dia.

Jalan kaki merupakan sesuatu yang ringan dilakukan, dapat dilakukan di berbagai tempat, mudah memulainya dan tidak ada ikatan waktu.

Jika saat ini Anda ingin berat badan turun tapi masih pusing memikirkan cara memulai kegiatan yang berdampak besar, maka jalan kaki adalah cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi kadar lemak tubuh.

Akan lebih baik bila dibarengi dengan olahraga lain seperti bersepeda atau lari.

Jalan kaki bisa menambah kebugaran dipengaruhi oleh titik permulaan kebugaran seseorang.

Sklar pun berkata, bila Anda selalu berolahraga half marathon, jalan kaki bisa tidak berdampak signifikan terhadap tingkat kebugaran.

Tetapi, bila Anda lebih condong pada kondisi tidak aktif secara fisik, maka jalan kaki secara reguler wajib diterapkan lumayan rutin.

Demikian artikel tentang jumlah kalori terbakar jalan kaki yang bisa Anda dapatkan semoga ini dapat menjadi motivasi Anda dalam meningkatkan kebugaran fisik dengan rutin berjalan kaki.

Share