jalan kaki 20 menit

Manfaat Jalan Kaki 20 Menit Setiap Hari

Susah juga jika harus terus aktif di sela kesibukan sehari-hari. Apakah Anda tak punya waktu senggang untuk berolahraga? Walaupun begitu, Anda sebaiknya selalu menggerakkan fisik secara rutin tiap hari paling tidak 20 menit dengan berjalan kaki.

Sudah menjadi rahasia umum jika seseorang sedikit berolahraga dapa berisiko terkena obesitas atau kegemukan. Inilah penyakit yang populer di masa sekarang. Tak perlu Anda merasa gusar dan takut. Sebenarnya kegiatan yang ringan bisa memperlama umur Anda. Sebagaimana yang dikutip dari Nottinghampost.com, sesuai riset dari Universitas Cambridge, berjalan kaki selama 20 menit per hari bisa memperpanjang umur Anda. Pada riset itu tidak sedikit orang yang dijadikan peserta yakni 334.000 orang dan ditemukan bahwa berjalan kaki selama 20 menit mampu mengurangi kemungkinan kematian dini.

“Bagi penderita kegemukan pun bisa menerapkan jalan kaki 20 menit. Dengan jalan kaki akan menekan risiko kematian dini hingga 16%.”

Banyak pakar merekomendasikan bahwa jalan kaki akan lebih bagus jika dilakukan di atas 20 menit. Kegiatan fisik nyatanya bermanfaat luar biasa untuk kesehatan dan memang semestinya itu dijadikan aktivitas harian yang menyehatkan. Para peneliti menyatakan prediksinya bahwa 337.000 dari 9.2 juta kematian pria dan wanita Amerika diakibatkan karena kegemukan. Di samping itu, sebanyak 676.000 kematian dipicu oleh rutinitas yang keliru atau berbahaya. Kalau dipikir-pikir ini hal yang menyeramkan bagi kita jika punya penyakit obesitas dan kebiasaan yang buruk. Oleh karena itulah, kita harus rutin berolahraga jalan kaki.

Di Inggris, pemerintahnya menerapkan aturan khusus bagi penduduknya dengan menasehatkan untuk melakukan kegiatan fisik semisal berjalan kaki cepat dan berkebun. Ini sangat baik jika diterapkan dan dicontoh oleh para keluarga Anda. Sedangkan aktivitas olahraga yang terasa berat bisa dilakukan sekitar 75 menit per minggu, semisal lari dan aerobik.

Hal ini mungkin saja terasa sulit untuk tetap aktif bergerak dalam banyaknya agenda kesibukan harian. Namun pada intinya mengupayakan tubuh untuk rutin bergerak atau berjalan kaki minimal 20 menit tiap hari itu termasuk hal yang utama agar tujuan hidup sehat bisa terwujud. Lembaga kesehatan, Walking for Health mendapatkan bukti bahwa orang yang tak berkegiatan fisik malah akan merogoh kocek lebih besar hanya untuk ongkos di rumah sakit. Direktur Epidemiologi di Cambridge, Profesor Nick Wareham menyatakan, bila menolong orang untuk mengurangi berat badan merupakan tantangan. Level populasi yang mengalami obesitas mesti tetap dikurangi. Sedangkan June Davison, perawat jantung di British Health Foundation menyatakan bila tubuh teratur aktif bisa menekan bahaya kematian karena jantung koroner.

Jalan kaki 20 menit membakar berapa kalori?

Mungkin Anda ingin tahu berapa sih jumlah kalori yang dibakar saat berjalan kaki 29 menit tiap hari? Jawabannya adalah sekitar 110 kalori. Ini berdasarkan penjelasan yang ada dalam Jurnal Nutrisi Klinis Amerika bahwa aktivitas berjalan kaki sekitar 20 menit bisa membakar sebanyak 90 – 110 kalori. Selain itu pula, ada riset membuktikan bahwa peningkatan kecil beraktivitas pada tubuh bisa mengandung manfaat untuk kesehatan. Khusus untuk para dewasa sebaiknya dapat menyempatkan waktu untuk beraktivitas fisik rutin sekurangnya 150 menit atau sekitar 2 jam 30 menit dalam waktu satu minggu.

Sebenarnya ada banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan setiap hari dan berguna untuk menurunkan risiko jantung koroner contohnya berjalan kaki, bersepeda atau naik turun tangga. Kesimpulannya adalah Anda lebih baik berolahraga kecil, ringan dan mudah tetapi setiap hari ketimbang berolahraga berat namun cuma sebulan sekali. Memang hal tersebut akan membuat tubuh makin terlatih dan terbiasa.

Sudahkah Anda siap dan mau menyempatkan 20 menit saja untuk berjalan kaki? Marilah bersama kita biasakan berjalan kaki untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Meski hanya berjalan kaki 20 menit per hari, Anda masih dapat mengontrol berat badan agar selalu langsing dan terbebas dari aneka penyakit mematikan.

Share