manfaat jalan kaki di aspal panas

Manfaat Jalan Kaki di Aspal Panas

Manfaat jalan kaki di aspal panas Untuk menjaga kebugaran tubuh banyak olahraga yang bisa dijadikan pilihan. Mulai dari yang berbayar dengan mendatangi gym hingga olahraga yang gratis.

Banyak olahrga gratis yang bisa dilakukan dan tetap memiliki banyak manfaat untuk tubuh salah satunya adalah berjalan kaki. Berjalan kaki tak hanya murah namun juga memiliki manfaat yang cukup banyak.

Berikut ulasan manfaat jalan kaki di aspal panas atau bertelanjang kaki yang harus anda tahu.

Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Menggunakan Alas Kaki di Atas Aspal

1. Meningkatkan Kualitas Tidur
Jika anda termasuk orang yang sering mengalami gangguan tidur, maka jalan kaki satu ini bisa anda jadikan sebagai olahraga anda. Menurut sebuah study yang telah dipublikasi menyebutkan jika berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki akan meningkatkan relaksasi dan juga mempengaruhi proses fisiologi.

Tak hanya itu, sebuah jurnal juga mengatakan jika orang yang berjalan dan bersentuhan langsung dengan aspal atau tanah akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Hal ini tentu saja akan berbeda dengan orang yang jarang bersentuhan langsung dengan tanah maupun aspal berkala. Berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki memang dipercaya bisa menstabilkan ritme sirkadian. Dimana ritme ini berdampak pada kualitas tidur di malam hari agar menjadi lebih baik.

Tentunya manfaat ini tidak hanya didapatkan dari berjalan kaki telanjang namun juga manfaat jalan kaki di aspal panas yang dilakukan dengan berkala.

2. Meningkatkan Sistem Imun
Menurut Journal of Environment and Public Health para peneliti menemukan jika berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki akan mengurangi jumlah sel darah putih pada darah. Serta jumlah sel darah merah pada tubuh justru akan meningkat.

Jumlah darah merah yang mengalami peningkatan menjadi indikasi bahwa respon imun yang dimiliki tubuh sangat positif. Dengan begitu sistem imun pada tubuh akan tetap terjaga jika rutin jalan kaki tanpa alas.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Dilansir dari berbagai sumber, RunBare menyatakan jika berjalan kaki tanpa menggunakan alas atau berada di aspal nantinya akan menggunakan otot tambahan pada kaki dan juga tungkai. Hal ini berfungsi untuk membantu menyeimbangkan tubuh serta mengirim pesan ke otak.

Dengan menggunakan tambahan otot kaki maka hasilnya akan sama dengan olahraga. Sehingga sirkulasi darah pada kaki akan lebih meningkat dibandingkan dengan menggunakan alas.

4. Meningkatkan Kebugaran Pada Tubuh
Setiap orang tentunya ingin jika memiliki tubuh yang bugar sehingga aktivitas tak terganggu. Manfaat jalan kaki di aspal panas atau tidak menggunakan alas akan mampu untuk meningkatkan kebugaran pada tubuh secara keseluruhan.

Hal ini didukung dengan sebuah studi dimana orang tua yang berjalan tanpa menggunakan alas mampu mengurangi tekanan pada darah, meningkatkan kebugaran dan juga meningkatkan keseimbangan pada tubuh dibandingkan yang berjalan biasa.

5. Mengurangi Peradangan
RunBare menyebutkan jika berjalan kaki tanpa menggunakan alas mampu untuk menahan radikal bebas. Radikal bebas yang terlalu berlebihan pada tubuh akan membuat tubuh sering mengalami peradangan.

Proses berjalan kaki tanpa alas atau grounding terbukti bisa mengurangi radikal bebas tersebut. Tak hanya itu, tubuh juga akan membawa ion positif di dalam radikal bebas yang ketika bersentuhan dengan tanah akan memberikan ion negatif yang baik untuk tubuh.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Seperti kita ketahui penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sering menyebabkan kematian. Salah satu manfaat jalan kaki di aspal panas atau telanjang kaki adalah mengurangi risiko penyakit jantung.

Hal ini berkaitan dengan sebuah studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Internasional, yang menyatakan jika grounding bisa mengurangi pengentalan dan pembekuan pada darah. Dimana pengentalan pada sel darah merah ini faktor utama penyakit jantung.

7. Mengurangi Ketegangan Otot dan Sakit Kepala
Sebuah studi skala internasional menemukan jika berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki bisa mencegah nyeri otot. Terutama nyeri otot yang tertunda pasca melakukan aktivitas fisik.

Tak hanya itu, bagi anda pekerja kantoran yang menghabiskan banyak waktu dengan duduk seharian juga bisa melakukan aktivitas ini untuk mengurangi otot yang tegang. Tentu saja ini bukan olahraga sulit untuk dilakukan apalagi untuk kaum rebahan.

Selain bisa mengurangi ketegangan otot, manfaat jalan kaki juga bisa mengurangi sakit kepala. Terutama untuk anda yang sering terpapar dengan radiasi sehingga menyebabkan migrain.

Migrain parah yang menyerang tentunya bisa menganggu aktivitas anda sehari-hari. Jika anda ingin mengurangi sakit kepala maupun migrain anda bisa berjalan kaki tanpa alas kaki. Karena salah satu manfaat jalan kaki di aspal panas atau tanpa alas adalah mengurangi sakit kepala.

8. Mengurangi Kram Ketika Menstruasi
Bagi kaum hawa yang sering mengalami kram ketika menstruasi tentu saja paham benar bagaimana tidak enaknya. Berjalan kaki dengan telanjang kaki secara umum bisa menghilangkan nyeri.

Tak heran jika salah satunya adalah nyeri ketika datang bulan. Sebenarnya nyeri yang kerap mampir ini diawali dengan pikiran yang kemudian berkembang menjadi stress. Stress inilah yang membuat kram ketika tamu bulanan menyapa.

9. Mengurangi Kecemasan dan Stress
Pikiran yang sedang stress atau cemas memang sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh. Langkah yang tepat bagi anda yang dalam kondisi ini adalah keluar rumah dan berjalan kaki tanpa alas kaki.

Berada di luar ruangan akan membantu untuk menyeimbangkan sistem syarat dan juga mengatur emosi. Membiarkan kaki bersentuhan dengan aspal panas atau tanah ternyata membantu mengurangi kecemasan dan juga stress yang dialami.

Hal ini disebabkan bumi memiliki muatan negatif dan tubuh kita memiliki muatan positif yang didapatkan dari gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik ini sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari hari.

Sehingga meluangkan waktu anda agar bisa bersentuhan dengan alam akan mampu memberikan dampak positif yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah menghilangkan rasa cemas dan juga stress yang menganggu anda selama ini.

10. Meningkatkan Energi Di Dalam Tubuh
Berjalan kaki di luar ruangan akan membuat kita bisa melihat keindahan atau sekedar merefresh otak. Paparan polusi serta gaya hidup yang tidak baik tentunya mempengaruhi vitalitas pada tubuh.

Tubuh menjadi mudah lelah dan inginnya hanya rebahan atau malas malasan. Salah satu manfaat jalan kaki di aspal panas atau tanpa alas kaki akan membuat anda mendapatkan energi tambahan sehingga tubuh akan lebih fresh.

Membayangkan berjalan kaki di atas aspal yang panas memang cukup mengerikan. Namun ternyata ada manfaat di balik aktivitas berjalan kaki satu ini. Bagi anda yang tidak mampu untuk melakukannya, anda bisa mengantinya dengan berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki baik di atas rumput maupun di atas tanah.

Hal ini akan memberikan manfaat yang sama asalkan dilakukan dengan berkala. Karena kaki kita bisa langsung bersentuhan dengan bumi yang bisa mengirimkan energi positif.

Share