manfaat jalan kaki menanjak

Manfaat Jalan Kaki Menanjak untuk Kesehatan

Manfaat jalan kaki menanjak – Hidup sehat merupakan keinginan semua orang. Beragam upaya akan dilakukan untuk mendapatkan hidup sehat, meskipun harus mengeluarkan biaya yang besar.

Padahal, ada cara mudah dan sederhana untuk mendapatkannya, yaitu dengan berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat sehari-hari. Salah satu jenis olahraga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah jalan kaki menanjak.

Jalan kaki menanjak sebaiknya dilakukan setiap pagi selama setengah jam, atau minimal dilakukan beberapa hari tertentu dalam sepekan.

Cara melakukannya dengan berjalan kaki dan mencari jalur yang agak menanjak, atau bisa juga dengan berjalan kaki dan mengakhirinya dengan naik-turun tangga selama beberapa kali.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat jalan kaki menanjak bagi kesehatan, maka pada kelanjutan artikel di bawah saya akan menyebutkannya secara rinci.

Semoga dengan mengetahui manfaatnya, Anda tidak lagi bermalas-malasan dan berupaya untuk membiasakan diri untuk berjalan kaki di pagi hari agar bisa mendapatkan berbagai manfaat tersebut.

7 Manfaat Jalan Kaki Menanjak

1. Membakar Kalori dan Lemak

Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami orang-orang. Lemak yang bertumpuk dan kalori yang tidak terbakar merupakan penyebab utama obesitas tersebut.

Orang yang mengalami obesitas berisiko tinggi mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan sedot lemak atau aktif berolahraga di gym. Ada cara mudah dan murah tapi efektif untuk melakukannya, yaitu berjalan kaki di pagi hari.

Tentunya, manfaat yang akan didapatkan dengan berjalan kaki tergantung pada beberapa faktor, misalnya berapa lama waktu berjalan kaki, kecepatan berjalan kaki, jarak yang ditempuh, serta seberapa berat medan yang dilalui.

Jika Anda baru mulai melakukannya, sebaiknya lakukan pembiasaan diri terlebih dahulu dengan melakukannya secara bertahap. Mulailah dengan berjalan kaki setidaknya 15 menit setiap hari terlebih dahulu.

Lama kelamaan waktu dan jarak tempuh berjalan kaki semakin ditingkatkan, termasuk menempuh medan yang agak berat dan menanjak agar Anda bisa mendapatkan manfaat jalan kaki menanjak.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Terkadang kita berada dalam kondisi hati yang kurang mood disebabkan oleh banyak hal. Dalam kondisi seperti ini, sebagian orang terkadang berupaya untuk menghilangkannya dengan bersantai sembari menikmati secangkir kopi panas dan cemilan-cemilah ringan, atau melakukan perjalanan wisata yang menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Cara tersebut di atas memang cukup efektif untuk memperbaiki suasana hati yang kurang mood. Tapi tahukah Anda kalau ada cara yang lebih efektif, murah, dan menyehatkan untuk mengembalikan suasana hati yang kurang mood tersebut? Caranya tersebut adalah dengan berjalan kaki kaki, termasuk berjalan kaki menanjak secara rutin.

Perlu diketahui bahwa rasa bahagia yang dirasakan oleh seseorang disebabkan oleh hormon endorphin yang dilepaskan oleh tubuh. Dengan berjalan kaki menanjak, tubuh kita akan melepaskan hormon endorphin yang membantu menghadirkan perasaan bahagia dan menjadikan pikiran lebih tenang.

Apalagi jika berjalan kaki dilakukan di tempat-tempat terbuka yang memiliki pemandangan alam yang indah di sekitarnya. Tentu berjalan kaki akan terasa lebih asik dan menyenangkan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh manusia memegang peranan penting terkait dengan kesehatan tubuh. Fungsinya, sebagai benteng pertahanan tubuh dari serangan virus, bakteri, dan berbagai penyebab penyakit yang setiap saat menyerang tubuh.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga memiliki peranan yang penting dalam memperbaiki jaringan yang sudah rusak, mati, serta tidak normal dengan cara mengeliminasinya.

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan berjalan kaki menanjak setiap pagi selama kurang lebih setengah jam. Dengan berjalan kaki, maka sel-B, sel-T dan sel-sel pembunuh alami lainnya yang masuk ke dalam sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat aktifitasnya. Hasilnya, tubuh akan menjadi lebih segar dan sehat sepanjang hari.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Fungsi utama jantung adalah memompa darah yang mengandung oksigen utama ke seluruh bagian-bagian tubuh. Jika kondisi jantung tetap sehat maka kinerjanya akan tetap normal. Sehingga, kondisi kesehatan akan tetap normal pula.

Salah satu cara efektif dan sederhana untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan berjalan kaki menanjak selama kurang lebih setengah jam yang dilakukan setiap pagi, atau minimal beberapa kali dalam sepekan.

Berjalan kaki menanjak terbukti sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 19%. Penyebabnya, kebugaran kardiorespirasi memiliki keterkaitan penting dengan tekanan darah dan kesehatan jantung.

Artinya, semakin rutin seseorang berjalan kaki, termasuk berjalan kaki menanjak, maka tingkat kebugaran kardiorespirasinya akan semakin tinggi pula.

5. Mengurangi Risiko Diabetes dan Osteoporosis

Salah satu penyebab utama penyakit diabetes menimpa seseorang dikarenakan gaya hidup pasif atau malas bergerak yang dijalaninya sehari-hari. Oleh sebab itu, para praktisi kesehatan sangat merekomendasikan kepada setiap orang untuk melakukan pencegahan penyakit diabetes dengan cara berjalan kaki secara rutin setiap hari sebanyak 5 ribu langkah.

Akan lebih baik lagi jika medan yang dilalui saat berjalan kaki menanjak. Cara di atas juga sangat direkomendasikan untuk dilakukan sebagai upaya pengelolaan dari diabetes tipe 2.

Manfaat berjalan kaki menanjak setiap hari tidak hanya terkait dengan efektifitas pengontrolan kadar gula dan pencegahan terhadap penyakit diabetes, tetapi juga membantu memperkuat tulang sehingga risiko osteoporosis semakin berkurang.

Selain itu, berjalan kaki secara rutin juga bermanfaat dalam mencegah penyakit radang sendi dan masalah lainnya terkait kesehatan tulang.

6. Menguatkan Daya Ingat dan Menekan Risiko Demensia

Demensia merupakan istilah untuk kondisi neurologis yang bisa diketahui dengan semakin berkurangnya daya ingat dan fungsi kognitif lainnya secara bertahap. Jika kondisi ini terus terjadi, bisa saja penderita sampai pada fase penurunan fungsi tubuh.

Saat ini terjadi, penderita akan menjadi lemah ingatannya dan hanya bisa bergantung pada orang lain ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk menekan risikonya. Diantara cara tersebut adalah menerapkan pola hidup sehat, menjaga pola makan yang sehat, melatih otak secara berkala, dan berolahraga secara teratur.

Untuk jenis olahraga maka berjalan kaki secara rutin, termasuk berjalan kaki menanjak merupakan salah satu olahraga terbaik yang bisa dilakukan.

7. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

Berjalan kaki secara teratur, termasuk berjalan kaki menanjak sangat bermanfaat dalam membangkitkan semangat untuk bergerak lebih aktif dan energik. Hal ini akan mengakibatkan pikiran menjadi lebih jernih dan kreatif.

Dengan demikian, tentu saja kreativitas dan produktivitas baik di sekolah maupun di tempat kerja akan selalu terjaga dan bisa memberikan hasil yang maksimal.

Demikianlah penjelasan tentang 7 manfaat jalan kaki menanjak bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan penjelasan di atas tentunya bisa ditarik kesimpulan bahwa tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendapatkan hidup sehat.

Buktinya, Anda bisa mendapatkan kesehatan tubuh hanya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan berjalan kaki menanjak secara rutin.

Share