Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
manfaat jalan kaki menurut para ahli

Manfaat Jalan Kaki Menurut Para Ahli Kesehatan dan Olahraga

Olahraga merupakan hal penting dalam hidup setiap orang untuk menjaga kesehatan. Pada umumnya olahraga bisa menjaga tubuh dari serangan penyakit dan risiko kematian dini. Olahraga yang bisa Anda lakukan dengan mudah ialah berjalan kaki. Manfaat dari jalan kaki sudah ada sejak dulu dan dirasakan oleh orang jaman dulu ketika belum ada alat transportasi. Ada beberapa informasiĀ  tentang manfaat jalan kaki menurut para ahli kesehatan yang akan kami sampaikan disini secara singkat dan jelas.

Sekarang ini merupakan era dimana orang-orang menjadi enggan berjalan kaki lebih banyak karena sudah tergantikan oleh sepeda, motor dan mobil. Padahal jalan kaki sangatlah bagus untuk pencegahan maupun pengobatan beberapa penyakit.

Berdasarkan berita dari Science Alert, menurut beberapa ahli menyatakan bahwa berjalan kaki sudah memadai dalam menyuguhkan manfaatnya bagi kesehatan. Berdasarkan pendapat dari ahli olahraga, Jackson Fyfe, dia berkata bahwa berjalan kaki pastinya lebih bagus ketimbang tidak berolahraga sedikit pun. Supaya lebih maksimal, Anda bisa menggabungkan aktivitas olahraga jalan kaki dengan jenis aktivitas aerobik lainnya misal berenang, lari dan bersepeda. Bisa juga Anda harus melatih tubuh dengan mengangkat beban secara teratur.

Tambahan perkataan dari Fyfe yakni bahwa bukan berarti jalan kaki tidak bermanfaat, namun ada sisi lain yang dapat juga membuat tubuh sehat di samping olahraga jalan kaki.

Pendapat lain dari ahli terapis, yang bernama Carol Maher menyatakan bahwa kegiatan tubuh bisa memberi dampak bagi kesehatan diantaranya menekan risiko obesitas, depresi, beberapa penyakit kanker, penyakit jantung, diabetes dan tulang keropos.

Berjalan kaki dalam tempo sedang bisa menjadi satu jalan menuju hal tersebut. Intinya adalah kegiatan berjalan kaki akan bagus bila dibiasakan setiap hari dan teratur.

Ahli terapis lainnya yang berpendapat senada adalah Jullie Netto, yang mengatakan bahwa jalan kaki akan menimbulkan efek baik pada kesehatan dan sangat mudah untuk mengganti kecepatan, intensitas dan seberapa jauh jarak tempuh.

Berjalan sambil memikul beban akan memperkaya jenis aktivitas sehat ini. Netto berkata bahwa Anda dapat melakukannya dengan berjalan kaki menggunakan treadmill.

Tambahan pendapat lagi dari Netto adalah berjalan pun bisa mengurangi depresi. Karena ada sisi sosial yang diperoleh ketika Anda berjalan kaki, yaitu Anda dapat langsung mengenal dan bertegur sapa dengan orang-orang di lingkungan sekitar.

Ada lagi pernyataan dari ahli biomekanis, Cavin Netto, dia berkata bahwa berjalan kaki dalam kecepatan 4 sampai 6 km per jam dalam waktu 30 menit per hari merupakan hal yang cukup.

Kata Netto bahwa olahraga jalan kaki ini gratis dan Anda dapat membawa serta teman, keluarga dan hewan peliharaan. Hal terpenting dari berjalan kaki adalah menikmati aktivitas itu sebagai penyembuh terbaik yang pernah Anda gunakan.

Sedangkan pendapat dari seorang profesor kesehatan, Tim Olds pun menyatakan dukungannya terhadap jalan kaki yang bagus untuk kebugaran fisik. Dia berkata bahwa orang dewasa di Australia secara umum berjalan kaki kurang lebih 30 menit per hari. Itu bermakna kurang lebih 40 persen dari seluruh kegiatan fisik mereka.

Olds berkata, “Kami sering berjalan kaki jauh lebih banyak. Dalam satu riset yang menunjukkan kehidupan penduduk Australia permulaan di Sydney mencatat bahwa orang berjalan kaki sekitar 4 hingga 6 jam setiap hari.”

Perkataan lagi dari Olds bahwa berjalan kaki dapat menekan risiko kematian dini pada umur berapa saja. Namun Anda wajib menyempatkan waktu lebih banyak untuk berjalan kaki. Olahraga yang berdurasi 1 menit sama dengan 3,5 menit berjalan kaki.

Risiko kematian bisa dikurangi sampai 20 persen dengan berjalan kaki sekitar 56 menit per hari. Dengan begitu Anda meraih manfaat yang setara dengan olahraga lari 16 menit.

Itulah informasi tentang manfaat jalan kaki menurut para ahli kesehatan dan olahraga yang sama-sama mendukung tentang jalan kaki yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Share