manfaat jalan kaki nyeker untuk stroke

Manfaat Jalan Kaki Nyeker untuk Stroke

Penyebab utama penyakit stroke bisa terjadi oleh beberapa hal, salah satunya dikarenakan pasokan darah menuju otak mengalami gangguan atau berkurang. Sehingga, hal tersebut akan menyebabkan otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Jika kejadian ini terus berlanjut, maka sel-sel otak akan mulai mati. Penyakit ini pun terbilang dapat mengancam hidup seseorang. Untuk mencegahnya, anda dapat mengetahui manfaat jalan kaki nyeker untuk stroke.

Kenali jenis-jenis stroke terlebih dahulu

Jika Anda terserang penyakit stroke, maka Anda juga harus mengetahui beberapa jenis dari penyakit ini. Stroke sendiri memiliki 3 jenis kondisi yakni stroke iskemik dimana kondisi ini dapat terjadi ketika pembuluh darah yang akan menyuplai daerah menuju ke area otak mengalami pembekuan darah. Hal ini biasanya terjadi akibat adanya penimbunan lemak di lapisan pembuluh darah, sehingga sebagian timbunan tersebut akan membokir aliran darah ke otak Anda.

Selanjutnya adalah stroke hemoragik yang terjadi karena pembuluh darah pada otak mengalami kebocoran. Untuk itu, Anda sebaiknya mulai melatih diri dan mencari tahu manfaat jalan kaki nyeker untuk stroke. Karena penyakit dengan kondisi ini berawal dari pembuluh darah yang melemah, kemudian pecah dan menumpahkan darah di sekitarnya. Jadi dengan berjalan tanpa menggunakan alas kaki, akan berdampak pada lancarnya aliran darah dan pembuluh darah juga akan tidak lemah.

Untuk jenis yang ketiga adalah stroke ringan, dimana gejala dari penyakit ini adalah dikarenakan berkurangnya darah pada sistem saraf yang berlangsung secara singkat yakni kurang dari 24 jam. Kondisi ini biasanya terjadi karena otak tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Dan apabila Anda pernah mengalami kejadian ini, maka tak menutup kemungkinan Anda akan lebih mudah untuk terserang stroke lagi.

Bagaimana Cara Mengenali Gejala Stroke ?

Gejala dari penyakit stroke ini biasanya dapat terjadi secara tiba-tiba dan tidak sadar. Hal tersebut juga terkadang selalu menyerang bagian tubuh satu sisi saja. Penyakit stroke ini jika tak kunjung sembuh dalam jangka waktu 24-72 jam akan membuat tubuh Anda semakin memburuk. Untuk itu, Anda bisa mengenali beberapa gejala stroke yang biasanya terjadi, yakni biasanya ditandai dengan sakit kepala tiba-tiba.

Tak hanya itu saja, Anda juga akan mengalami kehilangan keseimbangan dan bermasalah dengan berjalan. Untuk itu Anda harus mulai terbiasa untuk berjalan karena akan memiliki manfaat jalan kaki nyeker untuk stroke, dimana berjalan tanpa alas kaki juga akan memberikan dampak yang positif untuk mengatasi gejala stroke. Selain itu, ketika stroke menyerang, Anda juga akan mengalami vertigo dan pusing serta penglihatan yang semakin buram dan menghitam.

Stroke sendiri juga bisa terjadi karena faktor kelelahan serta gejalanya pun bisa terjadi saat Anda tiba-tiba merasa kehilangan kesadaran atau koma. Selain itu, jika Anda mengalami kelemahan atau mati rasa pada satu sisi di bagian tubuh, wajah tangan atau kaki, maka Anda pun patut untuk berhati-hati karena hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami gejala stroke.

Apa Saja Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Untuk Obati Stroke ?

Jalan kaki tanpa menggunakan alas kaki memang dikenal mempunyai dampak yang baik terhadap kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan aliran darah akan mengalir lebih lancar daripada Anda memakai alas kaki. Selain itu, dengan berjalan kaki secara rutin dapat juga meningkatkan kesehatan untuk pasien stroke dari segala segi. Mulai dari segi fisik, mobilitas ataupun kualitas hidup. Hal ini telah diungkapkan oleh sebuah jurnal tentang penyakit stroke.

Selain itu, terdapat pula manfaat jalan kaki nyeker untuk stroke yang tentunya patut untuk Anda coba bagi Anda yang pernah dan mengalami stroke. Hal ini dikarenakan dengan berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki akan berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu keadaan berjalan kaki dengan nyeker juga dapat dikatakan sama dengan melakukan olahraga.

Dengan melakukan jalan tanpa menggunakan alas kaki, tentu saja akan berdampak pada meningkatnya sirkulasi darah untuk kaki yang dilakukan dengan menggunakan otot tambahan. Hal tersebut tentunya dapat berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh sehingga nantinya darah dapat mengirim pesan ke otak dengan baik. Tentu saja dengan berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki memiliki manfaat yang sangat baik bagi penderita stroke.

Selain itu dengan salah satu manfaat jalan kaki nyeker untuk stroke adalah juga memiliki dampak untuk mengurangi penyakit jantung. Hal ini dikarenakan stroke dan jantung sama-sama terjadi karena terhambatnya aliran darah, maka dengan berjalan tanpa menggunakan alas kaki pun akan berpengaruh juga untuk mencegah resiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan, aliran peredaran darah akan semakin lancar dan akan mengurangi tingkat kekentalan darah.

Penelitian yang Menunjukkan Jika Berjalan Kaki Dapat Mengobati Stroke

Sebuah penelitian di Jamaika yang melibatkan 128 orang penderita stroke ini dibagi menjadi 3 kelompok yang berbeda. Kelompok pertama melakukan jalan kaki rutin selama tiga kali dalam seminggu, kelompok dua menerima pijatan terapeutik dan kelompok ketiga tidak mendapatkan keduanya. Kemudian hasilnya pun terlihat berbeda antar tiga kelompok tersebut.

Kelompok pertama pun mendapatkan peningkatan kualitas hidup berdasarkan kesehatan fisik sebanyak hampir 17 persen. Kelompok ini pun dapat berjalan kaki sebanyak 18 persen lebih jauh dalam tes daya tahan serta memiliki denyut jantung 1,5 persen lebih rendah. Untuk kelompok kedua memiliki denyut jantung lebih tinggi sekitar 7 persen. Hal tersebut membuktikan bahwa berjalan kaki, apalagi jika tanpa menggunakan alas kaki akan berdampak baik untuk penderita stroke.

Selain Mengobati Stroke, Jalan Tanpa Alas Kaki Juga Bagus Untuk Mengobati Penyakit Lain

Karena memiliki manfaat yang banyak, berjalan tanpa mengunakan alas kaki, ternyata juga bagus untuk mengobati insomnia. Hal ini dikarenakan dengan berjalan tanpa alas kaki di pagi hari dapat meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari. Hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya relaksasi pada tubuh sehingga akan dapat menbentuk pola tidur dan jam biologis manusia pada umumnya.

Selain itu, peradangan yang terjadi di dalam tubuh, juga bisa dicegah jika Anda sering berjalan tanpa alas kaki. Hal ini dikarenakan Anda dapat menikmati efek antioksidan memakai kaki yang bersentuhan langsung dengan permukaan bumi. Dengan begitu, hal ini akan membatu mencegah terjadinya radikal bebas di dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, selain manfaat jalan kaki nyeker untuk stroke, jalan kaki juga memiliki fungsi lain yang sangat berguna bagi tubuh.

Untuk itulah dengan berjalan kaki nyeker, tentu saja memiliki dampak yang berguna bagi tubuh, termasuk untuk mengobati penyakit stroke. Faktor penyebab stroke juga bisa terjadi karena berat badan yang berlebih atau obesitas. Selain itu tubuh yang tidak aktif bergerak juga dapat memicu terjadinya penyakit stroke ini. Selain itu, sering mengonsumsi alkohol juga menjadi faktor utama penyebab penyakit stroke.

Share