manfaat jalan kaki untuk ginjal

Manfaat Jalan Kaki untuk Ginjal

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ginjal Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Clinical Journal of the American Society of Nephrology di Taiwan, menemukan bahwa berjalan kaki secara teratur dapat menolong pasien yang menderita penyakit ginjal. Manfaat jalan kaki untuk ginjal sangatlah baik.

Pasien penderita penyakit ginjal bahkan tidak perlu melakukan terapi atau transplantasi ginjal.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 6000an penduduk Taiwan yang menderita penyakit ginjal kronis dan rata rata usianya 70 tahun.

Penelitian ini berlangsung selama 1 tahun lebih dan 21 persen dari keseluruhan sampel penelitian melakukan olahraga rutin berupa jalan kaki.

Hasilnya, mereka yang tidak melakukan olahraga jalan kaki memiliki risiko kematian 58 persen dan risiko transplantasi sebesar 44 persen. Sedangkan yang melakukan olahraga jalan kaki lebih rendah persentasenya.

Apakah Jalan Kaki Adalah Olahraga Kardio Yang Baik?

Jalan kaki termasuk sebagai olahraga kardio dimana kardio sendiri merupakan singkatan dari kardiovaskular yang artinya jantung dan pembuluh darah.

Olahraga kardio yang baik adalah olahraga yang membuat jantung anda memompa lebih cepat dan kuat serta bisa memindahkan darah yang kaya akan oksigen dengan lebih efisien ke semua bagian tubuh.

Kebanyakan orang menganggap berlari adalah olahraga kardio yang baik.

Lalu bagaimana dengan manfaat jalan kaki untuk ginjal? Pada dasarnya, semua kegiatan yang menggerakan dan membuat jantung dan paru-paru serta sekelompok otot penting dalam tubuh bekerja lebih dari biasanya bisa dianggap sebagai olahraga kardio.

Jalan kaki adalah salah satunya dan termasuk olahraga kardio yang baik terutama bagi para lansia yang kebanyakan sudah tidak bisa berlari lagi.

Manfaat lainnya dari jalan kaki adalah menurunkan risiko serangan jantung, stroke dan juga diabetes.

Selain itu juga dapat meingkatkan aliran darah, mengelola tekanan darah, menjaga otot dan tulang tetap kuat, serta dapat meningkatkan kualitas tidur.

Mari simak bagaimana jalan kaki bisa membuat ginjal tetap sehat.

Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Ginjal

Dengan melakukan jalan kaki, anda bisa mengeluarkan keringat dalam tubuh yang mengandung garam.

Jadi bisa dibilang ketika kita mengeluarkan keringat, kita juga mengeluarkan kelebihan garam yang ada pada tubuh dan kadar garam dalam tubuh lebih stabil.

Dimana ketika kadar garam stabil, pekerjaan yang dilakukan oleh ginjal akan menjadi lebih ringan dan dapat membuat risiko sakit ginjal menurun.

Manfaat jalan kaki untuk ginjal lainnya adalah mengurangi terjadinya pembentukan ginjal dan mempercepat penyerapan kalsium.

Hampr semua jenis olahraga dapat mempercepat penyerapan kalsium dalam tubuh. Salah satu olahraga yang bisa mempercepat penyerapan kalsium adalah jalan kaki untuk intensitas sedang dan lari atau jogging untuk intensitas tinggi.

Bagi anda yang ingin memiliki intensitas ringan ke sedang, anda bisa melakukan jalan kaki selama 30 menit sehari.

Jalan kaki termasuk dalam olahraga intensitas ringan karena tidak membutuhkan kecepatan atau tenaga yang lebih.

Meskipun begitu, olahraga ini bisa memberikan tekanan kepada jantung dan pembuluh darah untuk mempercepat proses penyerapan kalsium yang bisa mengurangi terjadinya pembentukan batu ginjal.

Sederhananya jalan kaki memberikan manfaat terhadap kesehatan ginjal berupa terhindar dari pembentukan batu ginjal.

Tetapi hal ini juga harus diimbangi dengan minum air putih yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi dan memperhatikan kadar kepekatan darah yang juga menjadi salah satu penyebab terbentuknya batu ginjal.

Manfaat jalan kaki untuk ginjal berikutnya adalah menurunkan kadar tekanan darah dimana dengan melakukan olahraga jalan kaki secara rutin dapar menstabilkan kadar tekanan darah.

Tekanan darah menjadi normal, tidak tinggi dan juga tidak rendah. Karena tekanan darah sendiri sangat berhubungan dengan penyakt ginjal.

Salah satunya dalah hipertensi atau tekanan darah tinggi yang bisa mengakibatkan kerusakan pada arteri yang merupakan salah satu komponen penting pada ginjal.

Ginjal memerlukan asupan darah yang dialirkan melalui arteri, jika arteri mengalami kerusakan, maka aliran darah akan terhambat dan jaringan ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal dan cara kerja ginjal menjadi semakin berat dan mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu sangat disarankan bagi anda yang memiliki gangguan atau riwayat penyakit yang berhubungan tekanan darah agar berolahraga seperti jogging atau jalan kaki setiap harinya demi kesehatan tubuh dan ginjal.

Dengan berjalan kaki, kinerja jantung dan pembuluh darah akan lebih efisien dan dapat menurunkan risiko-risiko penyakit yang disebabkan oleh terhambatnya aliran darah maupun tekanan darah yang tidak normal.

Manfaat jalan kaki untuk ginjal selanjutnya adalah menggerakan otot dan tulang yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan berjalan kaki menyusuri sekitar perumahan atau daerah anda, bisa membuat otot-otot yang ada pada tubuh aktif bergerak. Apalagi jika anda melakukannya secara ruti dan terus menerus.

Gerakan pengulangan yang dilakukan oleh otot-otot pada tubuh ini dapat membantu memberikan tekanan pada jantung.

Jantung akan lebih terbiasa dengan tekanan yang diberikan dan dapat mengaliri darah dengan lebih efisien termasuk mengalirkan darah ke organ ginjal.

Jalan kaki adalah olahraga ringan yang mudah dilakukan dan bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko penyakit ginjal kronis.

Salah satu penyebab munculnya penyakit ginjal yang jarang diketahui adalah diabetes tipe 1 dan 2.

Bagi penderita yang mempunyai riwayat penyakit diabetes juga mudah terserang penyakit ginjal. Diabetes sendiri adalah penyakit yang membuat pembuluh darah kecil dalam tubuh terluka sehingga aliran darah menjadi terhambat.

Salah satu pembuluh darah kecil tersebut berada pada ginjal. Hal inilah yang bisa mengakibatkan munculnya penyakit ginjal yang diawali oleh diabetes meiltus.

Dimana ginjal tidak dapat membersihkan darah dengan baik karena pembuluh darahnya terluka. Jalan kaki sendiri bisa mengatasi masalah tersebut karena jalan kaki mempunyai manfaat dalam menurunkan kadar gula darah.

Jadi keberadaan 2 penyakit kronis ini bisa diminimalisir dengan melakukan jalan kaki selama 30 menit sehari secara rutin.

Penyebab Penyakit Ginjal

Ginjal adalah salah satu sistem kekebalan tubuh yang membuat seseorang bisa bekerja dengan maksimal.

Penyakit ginjal kronis disebabkan oleh penyakit atau kondisi yang merusak fungsi ginjal dan dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal selama beberapa bulan atau tahun dan jika dibiarkan akan fatal akibatnya.

Beberapa kondisi atau penyakit yang menjadi penyebab dari penyakit ginjal adalah diabetes tipe 1 atau 2, tekanan darah tinggi, infeksi ginjal berulang, peradangan pada unit penyaringan ginjal, serta terjadinya obstruksi berkepanjangan pada saluran kemih seperti batu ginjal.

Hal itu bisa diminimalisir dengan cara sederhana yakni berolahraga seperti manfaat jalan kaki untuk ginjal yang baik.

Penjelasan tersebut adalah beberapa manfaat jalan kaki untuk kesehatan ginjal, apa saja penyebab penyakit ginjal, dan bagaimana cara ajaib yang dilakukan olahraga ringan seperti jalan kaki yang bisa menyembuhkan dan meminimalisir risiko terkena berbagai macam penyakit.

Disarankan bagi anda semua untuk berolahraga ringan secara rutin setiap harinya, tidak hanya yang mempunyai indikasi penyakit.

Share