Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
manfaat jalan pagi bagi lansia

Manfaat Jalan Pagi Bagi Lansia Yang Harus Anda Tahu

Kali ini kami akan membahas mengenai manfaat jalan pagi bagi lansia, karena banyak yang tidak sadar manfaat besar yang ada di dalamnya. Pertambahan usia dan penurunan stamina tubuh adalah hal alami yang pasti terjadi pada setiap orang. Orang-orang yang sudah memasuki usia lansia pada umumnya akan sering mengalami masalah dengan kesehatan, mulai dari cepat lelah, letih dan yang paling sering dikeluhkan adalah sakit punggung.

Pada era kemajuan teknologi ini memang memudahkan semua orang termasuk para lansia. Misalnya pada saat bepergian, supaya tidak cepat lelah para lansia memilih menggunakan kursi roda. Hal tersebut sebenarnya bertujuan baik, namun akan berdampak besar bagi pada lansia.

Manfaat jalan pagi bagi lansia untuk kesehatan

Lansia yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan tiduran, duduk di kursi roda akan membuat mereka lebih mudah sakit karena mereka kurang bergerak maupun berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh para lansia supaya tetap segar, sehat di masa tua. Salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan para lansia yaitu jalan pagi. Meski terdengar sepele, namun jalan pagi yang dilakukan setiap hari oleh para lansia akan membuat tubuh dan pikiran para lansia menjadi segar.

Para lansia yang rajin jalan pagi akan terhindar dari beberapa penyakit seperti penyakit rematik, membuat jantung lebih kuat, menghindarkan para lansia terkena obesitas karena kolesterol akan hilang dari tubuh melalui keringat dan yang paling penting yaitu dapat terhindar dari tekanan darah tinggi, karena para lansia rentan terserang darah tinggi saat merasa stress karena sering berdiam diri di rumah.

Penelitian tentang manfaat jalan pagi bagi lansia

Berdasarkan penelitian dari Amerika menyatakan bila panjang atau pendeknya umur dan kesegaran tubuh seseorang tergantung dari pola hidup dan kebiasaan sehari-hari. Sebagai contohnya penduduk negara Jepang yang memiliki panjang usia hingga ratusan tahun dan rahasia memiliki usia panjang adalah rajin berjalan kaki. Saat lansia sedang olah raga jalan kaki akan membuat sistem peredaran darah menjadi lancar dan kekuatan otot tubuh akan semakin kuat, sehingga para lansia akan tetap segar dan bugar.

Para lansia yang memilih olahraga jalan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar merupakan pilihan tepat, karena ada beberapa olahraga yang tidak cocok untuk lansia. Lansia cukup berjalan pagi setiap hari maksimal selama 30 menit saja. Bila lansia melakukan jalan pagi minimal empat kali dalam seminggu akan membuat para lansia terhindar dari osteoporosis. Jalan pagi yang rutin dilakukan para lansia akan membuat mereka menjadi lebih segar baik fisiknya maupun pikirannya, karena saat berjalan pagi para lansia akan melihat banyak orang sehingga hormon endorphin penyebab stres akan hilang.

Lansia harus didorong supaya melakukan aktivitas seiring dengan bertambahnya usia. Para lansia yang sering berjalan pagi dan menaiki serta menuruni anak tangga akan terhindar dari saraf otot yang pasif. Otot yang pasif akan menjadi awal kemunculan berbagai penyakit yang dapat menyerang para lansia. Selain dengan memilih jalan pagi untuk menjaga stamina tubuh, para lansia juga harus memperhatikan hal lain yang penting untuk dapat hidup dengan sehat dan tubuh tetap bugar, yaitu pola hidup.

Memiliki pola hidup yang sehat merupakan salah satu rahasia untuk memiliki umur panjang. Para lansia yang dapat meminimalisir tingkat stres, lebih banyak mengkonsumsi sayuran, buah, istirahat minimal 8 jam, mengurangi penggunaan barang elektronik dan menjaga kebersihan tubuh akan membuat tubuh menjadi bugar, segar dan sehat.

Bila ingin memiliki umur panjang dan tetap sehat, jangan lupa untuk menjaga pola hidup anda. Yang harus diperhatikan bagi anda yang memiliki keluarga lansia yaitu ajak atau doronglah keluarga lansia anda untuk tetap beraktivitas seperti berjalan pagi atau olahraga lain yang dapat membuat otot tubuh menjadi kuat. Namun yang perlu diperhatikan yaitu tidak semua olahraga sesuai untuk para lansia. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan jenis penyakit yang diderita atau sesuai dengan kemampuan lansia. Meskipun terlihat sepele, namun manfaat jalan pagi bagi lansia sangatlah besar.

Share