Manfaat Jalan Pagi di Bawah Sinar Matahari Pagi

Manfaat Jalan Pagi di Bawah Sinar Matahari Pagi hari sangat membantu tubuh untuk mencegah beberapa penyakit, dan masih banyak manfaat lainnya yang mungkin perlu kita ketahui bersama.

Kita sering mendengar bahwa berjalan-jalan di bawah sinar matahari dapat menyebabkan risiko kanker kulit. Tetapi sedikit paparan sinar matahari di pagi hari benar-benar baik untuk tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari di pagi hari dengan intensitas sedang dapat membantu mengurangi risiko banyak kanker dan masalah kesehatan serius lainnya.

Semua manfaat ini berkat vitamin D. Profesor Michael Holick dari Universitas Boston, AS mengatakan: “Kita semua mendapatkan 90 hingga 95% vitamin D dari matahari. Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting dalam penyerapan kalsium, membantu memperkuat tulang dan melawan beberapa penyakit kronis seperti osteoporosis, diabetes tipe 2, multiple sclerosis dan beberapa kanker umum lainnya.”

Profesor Michael merekomendasikan bahwa kita harus berjemur atau jalan pagi hari tanpa menggunakan tabir surya selama 5 hingga 15 menit sehari dan setidaknya 3 hari dalam seminggu, untuk meningkatkan vitamin D dalam tubuh.

Anda juga bisa mendapatkan vitamin D melalui diet tinggi protein ikan, terutama ikan berlemak, seperti ikan salmon atau ikan tuna, atau margarin, susu, telur, dan biji-bijian. Tetapi kebanyakan dari kita makan makanan tidak sehat sehingga untuk mendapatkan cukup vitamin D, memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber vitamin sangatlah penting.

Manfaat Jalan Pagi di Bawah Sinar Matahari Pagi

Berikut ini adalah beberapa manfaat tak terduga dari Jalan Pagi di Bawah Sinar Matahari Pagi Hari :

Meningkatkan hormon kebahagiaan

Sinar matahari dapat membantu meningkatkan konsentrasi serotonin, dan hormon kebahagiaan alami tubuh. Itu sebabnya kita cenderung akan merasa lebih bahagia dan lebih energik ketika matahari bersinar. Aktif berjalan-jalan di bawah sinar matahari pagi juga dapat membantu mencegah depresi.

Mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa orang-orang di Inggris berisiko lebih besar meninggal akibat penyakit jantung di musim dingin daripada di musim panas. Penyebabnya adalah bahwa musim dingin memiliki lebih sedikit sinar matahari sehingga jumlah vitamin D alami lebih rendah pada musim tersebut.

Selain itu, kadar kolesterol orang akan meningkat selama musim dingin karena kadar vitamin D yang lebih rendah, menurut sebuah penelitian di Lancet.

Mencegah diabetes

Vitamin D dapat membantu mencegah resiko diabetes. Sebuah studi di Finlandia menemukan bahwa anak-anak yang diberi vitamin D selama bertahun-tahun dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 1 hingga 80% pada masa remaja, kata Profesor Michael. Selain itu, kekurangan vitamin D juga diyakini berkontribusi terhadap perkembangan resiko diabetes tipe 2.

Memperbaiki Depresi Musiman

Depresi musiman (SAD) adalah depresi yang disebabkan oleh kurangnya sinar matahari. Pada saat ini, meningkatkan paparan sinar matahari akan efektif. Berjalanlah 15 menit sampai 1 jam di luar rumah secara teratur di pada pagi hari.

Mencegah kerusakan gigi

Sinar matahari sangat bermanfaat untuk tubuh sehingga karena juga dapat membantu kita memiliki gigi yang kuat. Sebuah studi gigi menemukan bahwa kejadian kerusakan gigi secara signifikan lebih tinggi pada anak-anak di daerah yang sedikit sinar matahari di bawah rata-rata seperti di Negara Skotlandia, Wales dan Merseyside.

Meringankan rasa sakit alami

Pergi keluar rumah untuk berjalan-jalan di bawah sinar matahari pagi hari untuk waktu yang tepat membantu memanaskan kelompok otot, meredakan ketegangan otot, dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi peradangan, seperti radang sendi.

Mengurangi risiko beberapa kanker

Meskipun paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit, vitamin D yang diserap oleh sinar matahari sebenarnya dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker lain, seperti kanker payudara ataupun kanker usus besar.

Membantu penyembuhan penyakit kulit

Paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu dengan kondisi kulit seperti psoriasis, jerawat atau eksim.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Matahari merangsang produksi sel darah putih, yang dapat sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Membantu menurunkan berat badan

Jalan Pagi di Bawah Sinar Matahari Pagi hari juga dapat membantu orang yang menurunkan berat badan untuk mencegah nafsu makan. Ini merupakan salah satu faktor penting bagi orang yang perlu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Share