Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
manfaat jalan pagi

Manfaat Jalan Pagi yang Wajib Anda Ketahui

Disadari atau tidak, perkembangan di segala bidang memang akan mempengaruhi banyak hal. Terutama di bidang teknologi yang menciptakan banyak kendaraan baru.

Tak bisa dipungkiri bahwa transportasi memang akan memudahkan kita untuk mencapai banyak tempat dengan waktu yang cepat. Memudahkan kita untuk berpindah dari satu tujuan ke tujuan lain.

Tetapi di sisi lain, kebiasaan sehat seperti jalan kaki mulai memudar. Tak lain karena kita dimanjakan serba modern. Padahal, manfaat jalan kaki sangatlah sehat untuk tubuh.

Kapan terakhir anda jalan kaki dan membiasakan hal baik tersebut? Jalan kaki akan membuat tubuh kita bergerak. Sebuah kebiasaan yang menghindarkan kita dari berbagai penyakit berbahaya.

Karena pada dasarnya tubuh memang harus sering bergerak untuk membakar lemak dan membuang racun yang ada di dalamnya. Sehingga bukan tanpa alasan jika memang manfaat jalan pagi atau jalan cepat menyehatkan tubuh.

Berikut beberapa manfaat dari jalan pagi yang bisa anda dapatkan.

Mengurangi Risiko Diabetes

Salah satu manfaat jalan pagi yang menyehatkan adalah mengurangi risiko diabetes. Apalagi penyakit ini memang mengancam banyak orang terutama di Indonesia.

Tetapi kita juga bisa mencegah ataupun mengurangi risikonya dengan rajin jalan kaki di pagi hari. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa jalan pagi 30 menit bisa membantu kita untuk kontrol gula darah dan juga membantu pengelolaan insulin di diabetes tipe 2.

Hal ini nanti bisa memungkinkan sel-sel yang ada di otak untuk menggunakan lebih banyak glukosa dan membantu membakar lemak tubuh yang tidak dibutuhkan.

Tak hanya itu, juga bisa membantu dalam memperbaiki indeks massa tubuh atau body mass index.

Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme yang baik akan membuat kita juga beraktivitas penuh semangat setiap harinya. Dengan rajin jalan pagi, anda akan meningkatkan metabolisme secara sadar atau tidak.

Metabolisme biasanya akan melambat ketika kita tidur. Sehingga sistem ini nantinya dibangunkan dan aktif lagi ketika anda jalan kaki pada pagi hari.

Metabolisme juga bisa kita tingkatkan dengan cara mengonsumsi makanan sehat, aktivitas yang menyehatkan dan berbagai macam sayur atau buah-buahan.

Menguatkan Jantung

Manfaat jalan pagi berikutnya adalah menguatkan jantung kita. Kalau memang ada masalah jantung yang anda alami memang bukan ide baik saat ingin melakukan olahraga lari.

Tetapi kita bisa memilih olahraga jalan kaki tiap paginya. Olahraga ringan yang akan membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan juga stroke. Terutama ketika dilakukan secara rutin. Olahraga jalan kaki bagus untuk menguatkan jantung kita.

Mengurangi Berat Badan

Bukan hal baru lagi jika manfaat jalan pagi adalah mengurangi berat badan. Terutama jika dilakukan rutin selama 30 hingga 40 menit tiap harinya.

Olahraga ini akan membantu kita dalam meningkatkan denyut jantung dan juga membakar kalori agar menurunkan berat badan. Para ahli yang ada di Centers of Disease Control and Prevention mengatakan bahwa kita bisa menurunkan berat badan dengan sehat. Sehingga tidak perlu lagi mengubah diet kita dengan berjalan kaki tiap harinya.

Mengurangi Kadar Stress

Mereka yang memiliki rutinitas cukup padat tentu berisiko tinggi terkena stress. Maka dari itu, biasakanlah untuk jalan kaki tiap pagi. Sebab, manfaat jalan pagi juga bisa mengurangi kadar stress.

Jalan kaki di pagi hari juga memberi kita waktu tambahan untuk bermeditasi serta mengurangi stress apalagi di pagi hari biasanya suasananya akan lebih tenang dan menenangkan otak yang membuat kita mudah berpikir lebih jernih.

Manfaat Jalan Sehat

Mencegah Osteoporosis

Jika anda sering mendengar istilah jalan sehat saat masih bersekolah, maka tentu yang dimaksud adalah berjalan kaki di pagi hari dan manfaat jalan sehat ini memang bagus untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah mampu mencegah adanya osteoprosis.

Menjaga kesehatan tulang tidak hanya dengan memberinya kalsium dan vitamin D saja. Namun, kita juga membutuhkan gerakan badan seperti jalan kaki kurang lebih 10000 langkah setiap hari.

Sinar matahari juga bagus untuk kesehatan kita setidaknya terpapar selama 15 menit. Jika jalan sehat ini dilakukan rutin maka tulang kita bisa bertahan lebih lama dari risiko terkena osteporosis.

Menguatkan Otot

Masih dengan kesehatan otot, manfaat jalan sehat di pagi hari bisa membuat oto kaki, paha dan juga pantat kita menjadi lebih kuat. Bahkan mampu meningkatkan daya tahan otot karena badan yang bergerak aktif yang mana membuat stamina tubuh menjadi lebih terjaga.

Maka dari itu cobalah untuk membiasakan diri aktif jalan kaki tiap pagi.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat jalan sehat yang cukup penting lainnya adalah mampu melancarkan sirkulasi darah kita. Berjalan kaki di pagi hari bisa berfungsi sebagai latihan yang akan mempercepat detak jantung sampai memompa darah ke seluruh tubuh. Misalnya saja seperti jogging. Akibatnya, sirkulasi darah dalam tubuh juga akan tetap terjaga.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat jalan sehat berikutnya adalah mampu mengontrol gula darah kita. Tidak hanya dengan mengonsumsi sejumlah sayuran saja. Tetapi, dengan berjalan kaki setiap pagi atau jalan sehat ini anda bisa mengontrol gula darah.

Ada sebuah penelitian dari American Medical Association yang mana menemukan bahwa orang yang latihan di pagi hari termasuk dengan berjalan kaki maka bisa menunjukkan kontrol yang akan lebih baik pada gula darah sepanjang hari kita.

Menyehatkan Paru-Paru

Bukan hal baru lagi bahwa berjalan kaki atau jalan sehat memang berdampak baik untuk tubuh kita terutama paru-paru. Berjalan kaki dengan tempo yang cepat akan baik untuk kesehatan paru-paru kita.

Hal ini dikarenakan adanya udara yang dihirup di pagi hari merupakan udara bersih dan belum terkontaminasi oleh polusi asap seperti pada siang hari.

Menghindari Jerawat

Seperti yang kita tahu bahwa jerawat memang sangat mengganggu penampilan kita. Jerawat menjadi momok bagi para wanita yang suka menggunakan makeup.

Tetapi dengan rutin jalan sehat, anda bisa membantu kulit untuk bernafas. Dengan oksigen yang bebas dari polusi dan juga kabut serta serat yang memiliki efek melembabkan kulit kita.

Bahkan ketika berkeringat, kulit pori-pori juga akan terbuka dan dibersihkan yang mana hasilnya dalam beberapa hari saja akan membuat kulit tampak lebih sehat.

Melepaskan Hormon Endorfin

Tahukah anda bahwa hormon endorfin merupakan hormon yang mengandung senyawa kimia dan mampu membuat seseorang merasa senang? Hormon ini memang diproduksi oleh kelenjar pituitary yang ada di bagian bawah otak.

Misalnya saja seperti morphoine yang mana hormon ini memiliki kekuatan 200 kali lebih besar. Tentu kita bisa merasa senang, nyaman dan juga membuat tubuh menjadi lebih berenergi.

Manfaat Jalan Cepat

Menjaga Kebugaran

Jalan kaki di pagi hari bisa menjadi semangat untuk memulai aktivitas. Tak hanya itu, manfaat jalan cepat di pagi hari juga tentunya bisa menjaga kebugaran kita. Hal ini bisa membantu menjaga agar kalori bisa terbakar menjadi lebih banyak dan lebih cepat.

Jika jalan kaki dilakukan secara rutin maka metabolisme tubuh juga akan tetap terjaga dengan baik di tiap harinya. Adanya perputaran energi dalam tubuh kita bisa membuat pikiran menjadi lebih jernih, segar dan juga tajam dalam berpikir. Jalan cepat akan membuat jam biologis pada tubuh kita kembali berfungsi normal.

Mencegah Penuaan

Manfaat jalan cepat berikutnya adalah mampu mencegah penuaan. Jalan cepat bisa membuat aktivitas metabolisme tubuh menjadi lebih meningkat.

Tubuh juga menjadi lebih segar dan sehat yang mana hal ini menunjukkan riset bahwa berjalan 20-25 mil per minggunya akan meningkatkan stamina dan juga kebugaran tubuh sehingga kualitas hidup juga bisa meningkat.

Berkumpul melakukan aktivitas bersama akan membuat kita bahagia. Hal ini juga bisa memperlambat dan mencegah adanya proses penuaan pada diri kita.

Meminimalisir Risiko Penyakit

Jalan kaki juga bisa membuat kita terbebas dari adanya risiko terserang penyakit. Salah satunya adalah penyakit jantung dan stroke.

Jalan kaki bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang mana juga menurunkan tingkat kadar kolesterol dalam darah kita. Jalan cepat bisa mencegah hipertensi dan meminimalisir risiko adanya terserang stroke.

Ketika kita terbiasa jalan kaki maka jantung bisa dipompa lebih cepat daripada biasanya. Hal inilah yang akan mempercepat aliran darah dalam koroner jantung sehingga oksigen yang ada di dalam jantung bisa cukup bersirkulasi.

Mengurangi Risiko dan Efek Kanker

Jalan cepat bisa mengurangi lemak dalam tubuh kita. Yang mana hal ini juga bisa memicu kanker jika tidak diimbangi dengan kebiasaan sehat seperti berolahraga.

Olahraga ini mampu mengurangi efek radiasi ketika kemoterapi. Beberapa penderita kanker yang melakukan kemoterapi tidak hanya diet dengan makan buah-buahan saja tetapi juga dengan olahraga ringan seperti berjalan cepat. Dengan begitu, anda juga bisa merasa lebih sehat.

Menjalankan Fungsi Refleksi atau Acupressure

Pada kaki manusia ada peta imajiner organ manusia yang mana tersambung pada organ bermasalah pada kesehatan kita. Jalan kaki dengan kaki telanjang tanpa alas di jalan bebatuan misalnya akan menekan titik akupuntur atau refleksi tertentu yang ada di telapak kaki. Sehingga organ seluruh tubuh terhubung dengan telapak kaki kita.

Maka dari itu, olahraga alan kaki juga bisa menjaga kesehatan tubuh namun harus tetap berhati-hati jika ada luka di kaki untuk penderita diabetes.

Detoksifikasi

Jika anda ingin melakukan detoksifikasi, salah satu manfaat jalan cepat adalah detoks. Sebab, bumi tempat kita berpijak ini memiliki ion-ion negatif. Yang mana ketika kita berjalan kaki maka bumi bisa melakukan kontak dengan telapak kaki yang bisa meneruskan pada tubuh kita.

Fungsi dari detoksifikasi adalah mengurangi peradangan, memberi kesegaran, memberi efek penenang untuk tubuh juga menghilangkan ion-ion energi buruk atau grounding.

Kebiasaan berjalan kaki tanpa alas di jalan bebatuan merupakan salah satu cara untuk melakukan detoksifikasi dengan benar.

Sarana Sosialisasi dan Pengenalan Lingkungan

Jalan kaki ternyata bisa menjadi sarana agar bisa bersosialisasi. Juga bisa menjernihkan pikiran, relaksasi serta keluar dari rutinitas yang mendukung kita.

Bahkan dalam beberapa hal tertentu, jalan kaki juga bisa menjadi bagian dari kedekatan dengan lingkungan dan alam sekitar. Jalan cepat di lingkungan yang sehat akan sangat berguna untuk tubuh kita.

Manfaat Jalan Pagi Hari Bagi Ibu Hamil

Mengurangi Resiko Keguguran

Salah satu manfaat jalan pagi-pagi bagi ibu hamil adalah mampu mengurangi adanya risiko keguguran. Mereka yang teratur melakukan jalan pagi maka tubuhnya akan terlihat segar dan bugar.

Wajah juga terlihat lebih segar bercahaya. Berbeda untuk ibu hamil yang tidak pernah melakukan jalan sehat di pagi hari.

Jika tubuh ibu sehat maka janin juga akan sehat selama ada di kandungan. Keuntungan lainnya adalah selama jalan pagi si ibu juga bisa menghirup banyak oksigen yang akan dialirkan ke arah plasenta bayi yang berguna untuk perkembangan tubuh dan memperkuat rahim si ibu.

Mencegah Peningkatan Kadar Gula

Tahukah anda bahwa selama hamil nafsu makan kita juga akan meningkat? Meski tidak semua orang mengalaminya tetapi hal ini bisa jadi diakibatkan karena ibu harus memberi makan pada si janin.

Kalau ibu makan makanan yang mengandung banyak gula dan tidak diimbangi dengan rajin gerak maka dikhawatirkan adanya peningkatan kadar gula dalam darah yang tinggi.

Bahkan dengan kondisi ini dikatakan berbahaya untuk janin dan proses persalinan karena cenderung bisa menyumbat aliran darah kita. Salah satu manfaat jalan pagi-pagi bagi ibu hamil adalah mencegah peningkatan kadar gula.

Kondisi Tubuh Tetap Fit

Membuat kondisi tubuh kita tetap fit dan juga berenergi dan terhindar dari tubuh yang pegal adalah salah satu manfaat dari jalan pagi-pagi bagi ibu hamil. Kalau ibu hamil rajin jalan pagi dan berjemur selama kurang lebih 20 menit dibawah sinar matahari pagi, maka tubuh kita bisa tetap fit.

Tubuh fit juga akan menyebabkan aktivitas ibu seberat apapun menjadi lebih ringan karena tubuh tidak cepat lelah.

Psikologis Ibu Semakin Kuat

Manfaat jalan pagi-pagi bagi ibu hamil juga bisa mempengaruhi psikologis semakin kuat. Hal ini akan membuat ibu hamil menjadi lebih percaya diri untuk menghadapi proses persalinan secara normal.

Jalan pagi yang rutin juga bisa menyebabkan kondisi pikiran ibu menjadi lebih tenang. Tak hanya itu, jalan pagi juga bisa membuat ibu lebih berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Mempermudah Proses Persalinan

Jalan di pagi hari bisa mempermudah dan mempercepat proses kelahiran normal tanpa rasa sakit yang berkepanjangan. Sebenarnya, semua otot di sekitar rahim dan juga panggul akan terhindar dari ketegangan maka dari itu proses persalinan juga bisa menjadi lebih mudah.

Mempermudah dan mempercepat proses persalinan adalah salah satu yang akan dirasakan betul bagi ibu hamil yang rajin atau rutin jalan pagi.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Jalan pagi dengan teratur dan berkecepatan sedang bisa membuat seluruh peredaran darah dalam tubuh kita makin lancar. Pikiran juga bisa menjadi lebih rileks.

Kondisi ini yang akan membuat ibu bisa tidur dengan pulas dan terhindar dari serangan penyakit susah tidur. Gerakan akibat aktivitas jalan pagi ini bisa memperbaiki kualitas tidur selama masa dalam kehamilan.

Memperlancar Aliran Darah

Jalan pagi dengan teratur juga bisa memperlancar aliran darah di semua jaringan tubuh. Sehingga selama masa kehamilan, ibu tidak menderita pegal-pegal dan juga nyeri pada punggung dan pinggang kita.

Manfaat jalan pagi-pagi bagi ibu hamil adalah mampu memperlancar aliran darah. Tentu hal yang sangat bermanfaat untuk membantu masa kehamilan menjadi lebih mudah.

Ada banyak manfaat jalan pagi yang bisa anda dapatkan. Terutama untuk meningkatkan metabolisme kita dan membuat tubuh lebih sehat tentunya.

Meski perkembangan kendaraan atau moda transportasi sebegitu cepatnya, kebiasaan jalan kaki tak boleh dilupakan. Kalaupun tak memiliki waktu terlalu banyak, cobalah 15 menit melakukannya tiap pagi dan rasakan manfaat jalan pagi untuk kesehatan kita.

Share