khasiat jalan tanpa alas kaki

Manfaat Mengejutkan Berjalan Tanpa Alas Kaki

Seberapa seringkah Anda menggunakan alas kaki saat berjalan? Jika ya, maka Anda wajib meluangkan waktu untuk berjalan kaki tanpa alas kaki (sandal atau sepatu). Karena berjalan kaki memakai alas kaki terus-menerus dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Disarikan dari situs Boldsky, ada sejumlah riset yang menyatakan bahwa berjalan tanpa alas kaki bisa menolong mengurangi peradangan, membuat tidur jadi nyenyak, dan mengurangi stres.

Kaki akan makin kuat jika berjalan tidak memakai alas dan juga membuat kaki tetap hangat saat kaki mendapat stimulasi dalam proses sirkulasinya.

Berikut ini, beberapa manfaat hebat jika Anda membiasakan berjalan tanpa alas kaki.

1. Hati akan merasa tenang dan damai

Saat Anda beraktivitas jalan kaki, tubuh akan merasa damai ketika tenaga Anda dalam situasi normal dan seimbang. Sehingga dapat memutuskan sesuatu dengan akurat dan mudah dalam memiliki pola hidup sehat dan teratur.

2. Dapat mengurangi kemungkinan terkena masalah kardiovaskuler

Anda dapat mengurangi peluang terkena penyakit kardiovaskuler dengan hanya berjalan kaki tanpa alas. Disamping itu, bisa mengurangi gangguan ringan lain contohnya sakit kepala, stres, rasa lelah dan perut kembung. Tak perlu terburu-buru beli obat di apotek, berjalanlah tanpa alas kaki dan rasakan efek positifnya.

3. Menyembuhkan insomnia

Insomnia adalah penyakit yang serius dan harus segera ditangani. Salah satunya adalah dengan berjalan tanpa alas kaki di pagi hari. Lakukan hal tersebut secara rutin. Dengan itu, Anda dapat membantu menambah kadar kortisol dan juga menunjang kualitas tidur menjadi baik. Anda pun bisa menerapkan tidur di atas lantai agar memperoleh efek serupa.

4. Mengurangi terjadinya peradangan di tubuh

Sejumlah riset membuktikan bahwa kaki mampu merasakan dampak antioksidan saat menapaki tanah atau bumi secara langsung dan hal tersebut bisa menolong Anda terhindar dari bahaya radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

5. Berat badan berkurang

Setiap orang pasti ingin punya berat badan ideal dan tidak mau berat badan yang berlebihan atau obesitas. Obesitas juga dapat berbahaya karena menjadikan penyakit lainnya berdatangan. Tak perlu dibantah lagi bahwa berjalan tanpa alas kaki sangat berguna untuk mengurangi berat badan berlebih. Berjalan kaki termasuk cara mudah dan murah serta aman dari risiko ketimbang beli obat-obatan yang kita tidak tahu efek sampingnya.

6. Dapat menunjang proses penyembuhan

Salah satu cara mudah agar tahap penyembuhan tubuh yang sedang sakit adalah berjalan tanpa memakai alas kaki karena bisa memulihkan mekanisme peran organ tubuh.

7. Memperbaiki kondisi dan suasana hati Anda

Setiap orang mau merasakan hati yang senang dan bahagia dengan terus menerus. Ini bisa diperoleh dengan sederhana yaitu berjalan santai tanpa alas kaki di tempat yang indah seperti pantai. Secepatnya Anda akan mengalami perasaan yang baik dan nyaman. Gangguan mental seperti depresi dan stres pun akan hilang berganti dengan hati yang gembira dan semangat.

Itulah manfaat menakjubkan dari berjalan tanpa alas kaki yang akan Anda raih. Jadikanlah rutinitas jalan kaki ini sebagai gaya hidup sehat Anda. Selamat mencoba!

Share