Mau Coba Olahraga Sambil Jalan Kaki di Mall? Ini Tipsnya

Saat musim hujan biasanya orang banyak tidak suka untuk berolahraga di luar ruangan dan menganggap lebih enak berada di dalam rumah untuk menghangatkan diri, terlebih ada pula yang suka tidur-tiduran saja. Ketimbang membiarkan diri bersantai dan bermalas-malasan saja, sebaiknya Anda bisa berolahraga di berbagai tempat dan tentunya tetap membuat gembira.

Saat berkunjung ke mall, kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan yang bisa membakar kalori atau hanya sia-sia saja tanpa berolahraga. Bagi Anda yang ingin tahu tips-tipsnya simak informasinya berikut ini:

Berjalan-Jalan Bersama Sahabat
Berolahraga dengan cara bersama dengan sahabat bisa membuat Anda disiplin dalam hal merencanakan untuk berolahraga setiap hari karena ada kaitannya dengan orang lain.

Menurut Carlos Woods, seorang pelatih NFL spesialis pengkondisian kekuatan dan performa olahraga, “Berjalan kaki di mall gratis dan saat ngobrol dengan sahabat, Anda tak peduli dengan waktu, sehingga membuat berjalan lebih lama dan kalori yang dibakar lebih banyak”.

Ke Mall Pagi Hari
Agar kegiatan olahraga Anda di mall lebih bagus dan nyaman, sebaiknya datanglah ke mall pada pagi hari dimana pada saat orang belum berdatangan dan mall belum penuh orang banyak. Selain itu, pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk menghirup udara segar.

Ditambah lagi, olahraga di pagi hari ternyata mampu menambah baik proses metabolisme tubuh dan berkhasiat baik untuk kesehatan.

Perkataan dari pelatih kebugaran di Arthritis Foundation, Michele Melkerson-Granryd yang disampaikannya adalah “Bila mall tengah ramai, maka makin banyak halangan dan susah untuk melakukan jalan cepat karena banyak penghalang”.

Parkirlah Kendaraan Anda di Tempat yang Jauh
Memakai cara ini mungkin jadi langkah mudah untuk meningkatkan durasi waktu dan stamina dalam olahraga rutin Anda, di mana saja dan kapan saja.

“Kita semuanya punya naluri agar bisa mendapatkan lokasi parkir terdekat, diibaratkan itu merupakan seperti hadiah. Tapi, hadiah sejatinya adalah manfaat kesehatan yang dirasakan dengan jalan mengambil peluang membakar sejumlah kalori dengan berjalan kaki,” ucap Woods.

Lebih Baik Naik Tangga Supaya Bugar
Supaya kalori bisa dibakar makin banyak, manfaatkan waktu Anda saat berjalan di mall untuk berbelanja, selalu pilihlah tangga untuk dinaiki, bukan lift. Woods kembali mengatakan berkaitan dengan hal ini, “Naik tangga adalah salah satu jenis olahraga kardio yang paling baik dan termudah dalam membakar kalori dan otot jadi kencang. Jauhi lift atau eskalator dan pilihlah tangga. Ini lebih menyehatkan dan beban tambahan dari barang yang dibawa dapat jadi bonus ekstra untuk pembakaran kalori.”

Pakailah Bangku
Biasanya bangku fungsinya untuk duduk saja, namun bisa dimanfaatkan sebagai alat olahraga di mall. Bangku yang banyak terdapat di mall bisa sama gunanya dengan bangku latihan beban yang ada di tempat kebugaran. Pakailah bangku kosong untuk berlatih kekuatan rutin misalnya push-up dan dips trisep. “Semua tipe latihan kekuatan membakar kalori dua kali lebih besar ketimbang olahraga kardio,” ucap Woods.

Bawalah Barang Berat di Tangan Anda
Olahraga di mall bisa ditambah lagi dengan menenteng barang belanja Anda sambil berjalan kaki. Lutut yang ditekuk adalah tips mudah untuk membakar kalori tambahan dan meningkatkan kekuatan otot sembari berjalan-jalan di dalam mall.

“Berjalan sambil membawa beban adalah investasi ringan dengan khasiat besar karena membuat sejumlah otot bekerja bersamaan. Anda bisa berlatih otot bisep, menekan bahu dan menambah kemampuan otot trisep ekstensi sembari berjalan dan meloncat menenteng barang belanjaan Anda,” ucap Woods.

Tentukan Tujuan Anda
Motivasi bisa sebagai ujian di mana saja supaya bisa mewujudkan rencana olahraga harian. Untuk memelihara kemauan dalam melaksanakan program olahraga di mall, tentukan target diri sendiri saat berjalan.

“Buatlah indikator misalnya toko atau capailah jarak tertentu saat berjalan kaki misalnya finish di toilet atau food court. Menjangkau target kecil semacam ini menyokong Anda agar motivasi terus menguat dalam rencana olahraga jangka panjang,” ujar Woods.

Berikan Hadiah Terhadap Diri Sendiri
Bila Anda sukses mencapai rencana berolahraga pagi di mall, Anda tentunya sangat pantas memperoleh hadiah mini dari upaya Anda itu. Ketika berjalan melihat toko-toko di mall, Anda bisa memantau apa saja barang yang menurut Anda bagus untuk dijadikan buat diri Anda.

“Memberikan penghargaan untuk diri sendiri merupakan ide bagus. Ucapkan kepada diri sendiri bahwa Anda akan berbelanja pakaian gaun baru sesudah mencapai target satu bulan berjalan,” ucap Woods.

Di bagian lain, pengeluaran impulsif pun bisa ditahan dengan memaksa diri tidak akan membeli barang berharga sebelum target terlaksana.

Share
How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. Refresh the page and start browsing the site