terapi jalan kaki untuk kesehatan

Mau Jiwamu Lebih Sehat? Cobalah Terapi Jalan Kaki

Semua orang tahu bahwa di saat ini banyak sudah yang bisa dilakukan dengan cara cepat atau instan. Seperti halnya berbelanja online, Anda bisa mendapatkan barang datang ke rumah Anda langsung tanpa susah payah seperti berbelanja offline. Namun, di sisi lain, tubuh Anda tidak akan banyak bergerak.

Sebenarnya aktivitas jalan kaki itu adalah bersifat menyehatkan badan dan sekaligus berfungsi sebagai terapi alami setiap hari. Biayanya pun hampir dipastikan gratis. Disamping itu, jalan kaki dapat berdampak baik dan hebat untuk pikiran dan mental.

Bagi Anda yang bekerja di kantor dan sering duduk di belakang meja sangat disarankan untuk beberapa kali berjalan keluar ruangan. Mengapa? Karena itu dapat membuat fisik dan mental kembali dalam kondisi baik dari sebelumnya. Ditambah ini pun bisa menjadi salah satu meditasi rutin Anda yang bisa dilakukan di dalam kantor seperti lorong dan luar kantor seperti halaman kantor.

Manfaat yang Anda peroleh ketika berjalan kaki diantaranya dapat membantu pembakaran kalori dan menyehatkan jantung. Tak hanya itu, berjalan kaki sambil bernafas dapat bermanfaat bagi Anda. Berikut 5 manfaatnya sebagaimana dikutip dari BoldSky.

1. Membuat diri lebih santai dan hati jadi tenang
Aktivitas santai dalam berjalan kaki mampu menambah asupan oksigen ke dalam paru-paru dan membangkitkan tenaga Anda. Langkah ini bisa juga membuat gangguan pikiran seperti kesedihan dan stres jadi hilang.

2. Tubuh jadi rileks
Banyak orang melakukan banyak hal untuk membuat rileks, misalnya pergi ke spa yang tentunya banyak memakan biaya. Namun, Anda bisa mencoba cara mudah dan murah yaitu berjalan kaki tapi tidak memakai alas kaki. Jika belum, Anda sebaiknya mencoba hal itu. Ketika kaki menyentuh tanah diyakini dapat merubah kondisi tubuh jadi rileks dan damai. Tak terkecuali pada pikiran dan jiwa Anda.

3. Meredam emosi negatif
Di daerah Anda apakah ada banyak pemandangan hijau yang indah untuk dipandang? Jika ada, maka cobalah berjalan kaki santai di sana. Sambil memandang indahnya pemandangan seperti tumbuh-tumbuhan sembari menghirup udara segar dan nafas yang Anda hembuskan secara perlahan bisa mengurangi tingkat emosional Anda dan menjadikan Anda berjiwa tenang.

4. Anda akan merasa damai dan makin ikhlas
Berjalan kaki santai tanpa berbicara dapat berdampak baik pada kesadaran Anda dalam proses bernafas. Selain itu, Anda pun sadar akan setiap langkahnya. Akhirnya, Anda mampu untuk bersyukur dan menerimanya dengan ikhlas

5. Sensasi positif untuk tubuh
Saat bersinggungan dengan lingkungan yakni cahaya matahari, kicauan burung, suara daun-daun yang bergerak dan kondisi yang tenang dapat menghadirkan sensasi luar biasa untuk mental agar makin mawas diri saat melalui masalah hidup sehari-hari.

Share