Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
olahraga jalan kaki

Mau Olahraga Jalan Kaki? Siapin Ini Dulu

Jalan kaki adalah salah satu olahraga mudah yang sangat banyak dilakukan orang. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia.

Agar Anda memperoleh manfaat yang optimal dari aktivitas atau olahraga jalan kaki, terapkanlah beberapa langkah persiapan dengan benar dan ikuti panduannya berikut di bawah ini:

1. Lakukan gerakan pemanasan, gerakan utama, dan pendinginan. Gerakan peregangan harus dilakukan untuk tetap menjaga tubuh dan khususnya kaki Anda terhindar dari kram dan cedera.

2. Kenakan baju atau pakaian dan sepatu khusus olahraga jalan kaki yang nyaman saat dipakai dan mudah menyedot udara.

3. Tetap waspada atau tidak boleh lengah, selalu awasi keadaan lingkungan sekeliling ketika Anda berjalan kaki, pilih jalan yang bagus dan aman serta tidak melalui jalanan licin, becek dan berlubang.

4. Ingatlah untuk minum air sesudah 15 menit berjalan kaki di area terbuka (outdoor) agar Anda tidak mengalami kekurangan cairan tubuh.

5. Saat pagi hari Anda berjalan kaki, sinar matahari sangatlah baik untuk membantu Anda memperoleh vitamin D. Waktu yang baik bagi tubuh dan kulit Anda berjalan kaki saat tersinari matahari adalah jam 7-9 pagi dan 3-5 sore.

6. Usahakan posisi tubuh Anda selalu tegak saat sedang berjalan kaki. Mulai dari tulang belakang dan juga leher. Arahkan kepala dan pandangan mata Anda lurus ke depan. Melangkahlah dengan rasa nyaman dan terarah. Saat mengayunkan kaki, dahulukan tumit menyentuh tanah. Kemudian dilanjutkan telapak kaki dengan menapak utuh. Jadikan ujung jari kaki Anda sebagai pendorong langkah kaki ke depan.

7. Tenang dan rileks saat menggerakan kedua tangan Anda saat melangkahkan kaki. Mulai dengan kaki kanan maju dan dibarengi dengan ayunan tangan kiri maju ke depan, kemudian kaki kiri dan tangan kanan Anda bergerak. Usahakan siku Anda seperti sudut 90 derajat. Tangan diayun sejajar dengan dada dan tangan lain digerakkan atau diayunkan ke belakang.

8. Bentuklah jari tangan Anda setengah menggenggam secara rileks. Seolah menggenggam telur atau bola pingpong. Mengapa ini dilakukan? Tujuannya untuk menghindari kekakuan di area telapak tangan Anda.

9. Aturlah nafas Anda secara normal.

10. Apabila Anda mau menambah frekuensi olahraga jalan kaki, Anda bisa melalui jalan yang menanjak.

11. Disarankan untuk bertanya dan berkonsultasi ke dokter supaya diberi nasehat mengenai kegiatan jalan kaki yang cocok dengan keadaan atau kapasitas diri Anda. Ini dimaksudkan jika Anda ingin jalan kaki sebagai olahraga favorit Anda.

Semoga dengan informasi ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan hidup sehat dan bugar dengan berjalan kaki. Selamat mencoba! Selamat berjalan kaki!

Share