menerapkan jalan kaki sebagai gaya hidup sehat

Menerapkan Jalan Kaki Sebagai Gaya Hidup Sehat

Semua orang pastinya ingin hidup sehat dan bahagia. Bermacam cara bisa ditempuh mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, tidur teratur, olahraga, tidak merokok, tidak minum minuman keras, dan lain-lain. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah menerapkan jalan kaki sebagai gaya hidup sehat harian.

Dengan kondisi hidup di zaman modern ini, sebagian orang selalu sibuk dengan aktivitasnya seperti pekerjaan, sekolah, kuliah, atau kesibukan di rumah tangga membuat orang tidak memiliki rencana dan kesempatan untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Untuk makanan dan minuman sekarang ini yang sering kita temui, sudah banyak yang mengandung lemak, pemanis buatan, pewarna, pengawet dan segala bahan atau kandungan yang mengancam kesehatan.

Seakan tidak bisa menahan untuk mencoba makanan dan minuman yang serba enak tersebut maka sebagian orang lupa akan rencana mereka untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Memang itu berat untuk dijalani. Namun, sebagai rasa sayang kita pada tubuh, maka wajib untuk kita memulai dan membiasakan hidup sehat.

Agar nanti kita bisa menikmati tubuh yang sehat sehingga dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar.

Tubuh manusia perlu sekali untuk bergerak aktif sehingga dapat membuat tubuh terasa nyaman karena peredaran darah tetap lancar. Dibanding orang yang hanya duduk-duduk saja, lebih baik melakukan aktivitas fisik yang bermanfaat semisal berjalan atau melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mencuci dan lain-lain.

Saat ini ada banyak hal yang membuat orang-orang tidak aktif bergerak secara fisik, misalnya duduk di atas kendaraan, duduk di depan televisi, duduk di depan laptop/komputer, sibuk menggunakan smartphone, dan lain-lain.

Ini adalah hal yang harus kita hindari semaksimal mungkin. Semakin kita berlama-lama tidak bergerak, maka akan mengurangi kualitas kesehatan dan mengalami risiko berbagai penyakit.

Salah satu aktivitas fisik yang bagus untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah berjalan kaki, baik itu untuk jarak dekat atau jauh.

Jalan kaki merupakan hal yang mendasar dalam hidup manusia. Karena kedua kaki memang diperuntukkan untuk berjalan. Jadi, berjalan kaki termasuk gerakan yang bisa kita lakukan secara rutin dan berkelanjutan.

Kita bisa memilih, berjalan kaki santai atau cepat. Keduanya bagus untuk kesehatan.

Jangan biarkan tubuh Anda diam tak bergerak. Sama halnya jika air yang menggenang dan darah yang tidak mengalir itu bermakna tidak baik.

Air yang mengalir lebih baik dibanding air yang menggenang. Darah yang mengalir lebih baik ketimbang darah yang berhenti mengalir.

Begitu juga tubuh kita yang aktif bergerak lebih baik daripada tubuh yang diam tak bergerak.

Jalan kaki berdasarkan beberapa penelitian sangat banyak manfaatnya mulai dari pencegahan osteoporosis, membantu dalam pembakaran kalori dalam tubuh, mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, stroke sampai demensia (pikun). Masih banyak lagi manfaat lainnya dari jalan kaki yang bisa Anda dapatkan informasi selengkapnya di artikel lain di situs ini.

Tentunya kita sepakat bahwa khasiat yang ditawarkan dari aktivitas jalan kaki sangatlah menarik untuk siapapun.

Karena biaya yang murah dan mudah menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari. Pria atau wanita. Muda atau tua bisa melakukannya. Tak perlu latihan khusus untuk berjalan kaki. Berbeda sekali dengan olahraga lain. Ini (jalan kaki) begitu sederhana.

Disaat Anda ingin berbelanja ke toko terdekat, Anda bisa berjalan kaki saja sekaligus untuk menggerakkan tubuh Anda.

Manfaatkanlah kesempatan itu, agar Anda terbiasa berjalan kaki dengan cara santai sembari mengamati keadaan sekitar.

Jalan kaki merupakan cara kita untuk menjaga bumi ini tetap lestari dan bersih karena tidak menimbulkan polusi udara dan bising. Memang diperlukan niat yang serius untuk menerapkannya. Karena dengan membiasakan berjalan kaki walau itu masih dalam jarak pendek, itu sudah sangat membantu.

Apalagi nanti jika sudah terbiasa berjalan kaki untuk jarak jauh. Maka kesempatan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar lebih terbuka lebar.

Tantangan yang ada di hadapan kita sekarang adalah sarana atau fasilitas untuk pejalan kaki yang masih kurang memadai. Namun itu tak perlu menjadi kendala besar. Kita masih bisa berjalan kaki kapan pun dan dimana pun.

Yang terpenting adalah kita harus tetap waspada saat berjalan kaki. Karena selain kita yang berperan sebagai pejalan kaki, masih banyak orang lain yang menggunakan kendaraan baik itu motor, mobil, sepeda dan lain-lain.

Selalu perhatikan kondisi sekitar saat berjalan, hindari terlalu dekat dengan lalu lintas kendaraan bermotor. Usahakan selalu berada di posisi paling kiri jalan.

Demikian ulasan bagaimana cara menerapkan jalan kaki sebagai gaya hidup sehat kita sehari-hari. Semoga ini bermanfaat untuk kita semua dan membuat hidup kita sehat.

Share