program berjalan kaki

Program Berjalan Kaki Untuk Tubuh Sehat dan Bugar

Setiap orang pasti ingin tubuhnya sehat dan bugar. Salah satu cara yang mudah dilakukan untuk mencapai itu adalah dengan program berjalan kaki.

Karena berjalan kaki adalah jenis olahraga yang termudah, bisa membuat senang dan keuntungannya sangat banyak. Buat Anda yang ingin mencoba cara ini mungkin masih bingung untuk memulainya. Hal pertama yang dipersiapkan adalah sepatu yang baik, pakaian yang enak dipakai dan tentu saja niat.

Berdasarkan dari thewalkingsite.com, berikut ini ada beberapa langkah yang wajib Anda lakukan untuk memulai program berjalan kaki untuk kesehatan dan kebugaran.

LANGKAH MEMULAI: Awali langkah kaki Anda dengan pelan dan santai. Berjalanlah di luar rumah selama 10 menit. Lakukan hal ini rutin tiap hari selama sepekan. Bila Anda sudah merasa mudah melakukannya, maka Anda bisa menambah durasinya 5 menit ke pekan berikutnya. Selalu tambahkan waktunya sekitar 5 menit hingga Anda mendapatkan aktivitas berjalan kaki yang diimpikan.

Bagi Anda yang baru saja berjalan kaki dan ingin serius melakukannya, awali dengan sesi yang pelan dulu dan dalam waktu yang singkat. Lalu tambahkan sedikit demi sedikit.

Tidak masalah jika kecepatan berjalan Anda rendah. Itu bisa ditingkatkan dalam beberapa pekan ke depan. Sebagian orang yang memiliki kondisi kesehatan yang bermasalah, bisa berkonsultasi ke dokter agar memperoleh nasehat sebelum melakukan aktivitas berjalan kaki.

Jaga postur tubuh Anda. Tegakkan badan Anda. Arahkan pandangan mata ke depan. Kondisikan bahu Anda senormal mungkin dan santai. Usahakan otot-otot perut dan bokong dikencangkan.

Minum air yang banyak baik itu sebelum, selama dan sesudah berjalan kaki. Lakukan tahap pemanasan, pendinginan dan peregangan di dalam aktivitas berjalan Anda.

Mulailah tahap pemanasan yang pelan dari berjalan kaki, berhenti dan lakukan latihan pemanasan atau fleksibilitas. Kemudian berjalan kaki untuk waktu yang Anda mau. Sertakan pendinginan jika sudah berjalan kaki telah habis secara pelan dan regangkan dengan benar.

Proses peregangan dapat menjadikan Anda merasa luar biasa dan menghindari cedera.

Hal yang tersulit untuk memulai program ini untuk kebugaran adalah membangun kebiasaan. Berjalan kaki setiap hari akan menolong Anda. Rutin berolahraga paling sedikit 5 hari dalam seminggu merupakan arah yang baik.

Untuk meningkatkan detak jantung, Anda wajib berjalan kaki lumayan cepat namun tidak sampai terengah-engah.

Untuk pertama kali Anda tak harus khawatir masalah jarak tempuh dan tingkat kecepatan berjalan. Anda perlu keluar ruangan saja secara teratur. Jika Anda berhasil membuat kebiasaan itu, Anda pasti mau menilai lagi program dan tujuan Anda.

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat tentang berbagai panduan umum yang akan disesuaikan dengan tujuan Anda:

Untuk mendapatkan kesehatan umum, Anda bisa berjalan kaki sedikitnya setengah jam per hari, secara umum pada hari dalam sepekan, dengan gaya kecepatan “berbicara”. Yang dimaksud adalah kondisi saat Anda merasakan peningkatkan pernafasan, namun tetap dapat berbincang-bincang.

Demikian informasi tentang program berjalan kaki dan tipsnya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Semoga dengan ini Anda bisa segera mempraktekkannya. Selamat mencoba!

Share