Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sejauh Mana Anda Kuat Berjalan Kaki?

Sekarang ini pastinya sudah banyak beredar di pasaran alat transportasi atau kendaraan bermotor yang siap untuk digunakan orang untuk bepergian. Oleh karena itu, kaitannya sangatlah erat dengan aktivitas jalan kaki yang sudah mulai berkurang di masyarakat. Misalnya Anda ingin pergi ke tempat tertentu yang jaraknya tidak terlalu jauh sekitar 1 kilometer, sebaiknya ditempuh dengan berjalan kaki saja, toh itu tidak akan membuat Anda capek dan pingsan. Lebih-lebih Anda berjalan kaki dengan santai. Anda termasuk sudah berolahraga.

Sebagai informasi, secara umum kaki manusia mampu dan kuat berjalan sampai sejauh empat kilometer setiap hari atau selama umur manusia bisa berjalan sejauh dua puluh empat ribu kilometer yang setara dengan berkeliling dunia. Untuk jarak paling jauh yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki adalah sekitar 12 mil atau 19,2 kilometer per hari. Coba hitung jika ditotal selama 30 hari maka jaraknya berjumlah 576 kilometer. Luar biasa bukan?

Namun tentunya ini bisa dilakukan bagi individu yang sehat dan tak mempunyai gejala penyakit. Seseorang akan sanggup dan kuat berjalan kaki sejauh itu bila yang bersangkutan selalu rutin berjalan kaki setiap hari. Contohnya meningkatkan jarak tempuh 1 atau 2 mil per pekannya.

Berdasarkan fakta, kaki manusia terdiri dari 52 tulang, 38 otot, 214 ligamen atau ikatan sendi dan 66 sendi yang keseluruhannya dapat bekerjasama baik dan cukup mampu digunakan untuk berjalan sekitar 8000 sampai 10000 langkah setiap hari. Disamping itu, 52% tulang yang ada pada tubuh terletak di kaki.

Apabila kondisi kaki tidak sanggup berperan secara optimal secara total, maka ini dapat menjadi masalah dalam hal aktivitas berjalan dan mengacaukan rangkaian kinetik yang melibatkan anggota tubuh lain seperti tulang punggung, pergelangan kaki, pinggul dan lutut.

Ada efek yang bisa ditimbulkan berkenaan dengan kaki yang selalu dipakai untuk berjalan seharian yakni pada aktivitas otot. Ini pun disebabkan oleh ditopangnya kaki oleh sekitar 250.000 kelenjar keringat, sehingga bisa mengeluarkan lebih dari 300 mililiter uap air sepanjang hari.

Masalah kaki lainnya yang bisa saja dialami bila kaki jarang dipelihara dengan baik yakni ibu jari bengkak, bisul, kapalan dan kutil. Penyakit ini sering muncul karena pemakaian sepatu yang tidak pas. Sebaiknya Anda memakai sepatu yang cocok dengan ukuran kaki dan acara yang akan didatangi.

Saran terbaik bagi Anda yang ingin belanja sepatu adalah belilah pada saat siang hari karena kaki mengalami pembesaran. Tak hanya itu, pakaialah kaus kaki ketika pertama kali memakai sepatu baru, sehingga kaki Anda aman dari luka dan lecet. Intinya sepatu yang baik adalah sepatu yang terasa nyaman ketika Anda memakainya pertama kali.

Sangatlah penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan kaki, sehingga kaki Anda bisa digunakan untuk berjalan kaki jarak jauh. Rawatlah kesehatan kaki Anda karena nyaris semua tulang tubuh ada pada kaki.

Share