teknik dasar jalan cepat

Teknik Dasar Jalan Cepat

Teknik Dasar Jalan Cepat Olahraga atletik merupakan olahraga yang sering dilombakan dalam kejuaraan olahraga. Salah satu cabang olahraga atletik adalah jalan cepat.

Olahraga ini hampir sama dengan lari, namun perbedaannya terletak pada telapak kaki dimana saat berjalan cepat, kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki bagian belakang meninggalkan tanah.

Berikut ini ulasan mengenai teknik dasar jalan cepat yang perlu anda ketahui.

4 Teknik Dasar Saat Melakukan Jalan Cepat

Ketika sedang melakukan jalan cepat, ada 4 teknik dasar yang harus anda kuasai agar anda bisa melakukan jalan cepat dengan baik dan benar.

Teknik tersebut diantaranya teknik awalan, posisi badan, teknik langkah kaki, dan teknik akhiran.

Tentunya setiap cabang olahraga harus melakukan awalan yang baik. Seperti halnya dengan saat melakukan cabang olahraga ini, anda juga harus mengetahui cara melakukan teknik start sebelum memulai jalan cepat.

Cara melakukan awalan yaitu pertama-tama melakukan sikap bersedia dengan cara berdiri di belakang garis start.

Saat mendengar aba aba untuk bersedia, maka anda harus meletakkan salah satu kaki lurus ke arah belakang , sedangkan bagian kaki satunya diarahkan ke depan dengan kondisi lutut ditekuk.

Setelah itu, badan harus dalam posisi lurus agak maju ke arah depan. Sedangkan kedua tangan kondisi rileks berada di sisi badan.

Kondisi ini akan membuat berat badan bertumpu di kaki bagian depan. Saat petugas mengatakan aba aba “ya” atau membunyikan pistol maka gerakkan kaki di bagian belakang ke depan dengan mengayunkan tangan ke depan dan ke belakang secara bergantian.

Selanjutnya teknik dasar jalan cepat adalah sikap posisi badan dimana harus menghadap lurus ke arah depan sedangkan bagian siku-siku membentuk sudut 90 derajat.

Saat melakukan jalan cepat ini, anda juga harus menguasai cara melangkahkan kaki yang benar. Ketika kaki digerakkan berat tubuh akan bertumpu pada bagian paha.

Saat menggerakkan bagian kaki ke arah depan, bagian lutut sedikit ditekuk bersamaan dengan ayunan kaki.

Ketika kondisi kaki menyentuh tanah maka bagian yang paling dahulu mendarat ke tanah adalah tumit kemudian diikuti dengan ujung kaki.

Selanjutnya melakukan teknik akhiran pada jalan cepat dengan tidak langsung berhenti ketika kaki mencapai garis finish, melainkan tetap melanjutkan langkah setidaknya sejauh 5 meter.

Baru setelah melewati garis finish, jalan diperlambat dengan tumpuan berat badan pada kaki satu dengan yang lain secara bergantian, hingga akhirnya benar benar berhenti.

Setelah sampai pada tahap ini, maka jalan cepat sudah dianggap selesai.

Hal-Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Jalan Cepat

Ketika sedang melakukan jalan cepat maka anda harus memperhatikan beberapa hal seperti sikap tubuh, posisi kepala, langkah kaki serta lengan dan pundak.

Hal ini bertujuan agar jalan cepat bisa dilakukan dengan lancar dan sempurna. Ketika sudah menguasai teknik dasar jalan cepat, maka anda tinggal memperbanyak melakukan latihan secara rutin.

Dengan begitu, kesempatan untuk menjadi juara akan semakin mudah dicapai.

Hal pertama yang harus diperhatikan saat melakukan jalan cepat adalah memperhatikan postur tubuh ketika melangkah.

Posisi badan harus lurus dan mengarah ke depan. Hal ini sangat penting agar keseimbangan tubuh tetap terjaga serta mengetahui kapan waktunya menggerakkan badan ke depan maupun ke belakang secara sinkron.

Anda juga harus mempertahankan tubuh tetap tegak saat kaki diayunkan ke depan.

Saat sedang mengayunkan kaki dan bergerak maju anda juga harus menjaga posisi kepala agar tetap stabil sehingga tidak mengganggu gerakan.

Biasanya para atlet akan menggeleng-gelengkan kepala ke arah kanan dan kiri secara bergantian agar keseimbangan tetap terjaga.

Namun, anda juga harus memastikan bahwa gerakan tersebut tidak akan mengganggu kecepatan kaki ketika sedang melangkah.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah saat melakukan teknik dasar jalan cepat langkah kaki, anda harus melakukannya secara tepat agar tidak terlalu jauh jaraknya dengan garis khayal tubuh atlet.

Lalu ketika kaki menyentuh tanah maka bagian kaku yang pertama kali menyentuh adalah bagian tumit. Selain itu, gerakan kaki harus teratur saat melangkah secara bergantian.

Anda juga harus mempertahankan sikap dimana lengan diayunkan bergantian dengan langkah kaki.

Pada saat kaki melangkah ke arah depan, kondisi tangan harus rileks ke arah depan maupun belakang dengan siku yang membentuk sudut 90 derajat.

Setelah menguasai teknik dan hal hal yang perlu diperhatikan saat melakukan jalan cepat, maka anda bisa mempraktekkan dengan mudah. Latihan jalan cepat bisa dilakukan baik di lintasan yang lurus maupun tikungan.

Manfaat Melakukan Jalan Cepat Bagi Tubuh

Penting untuk mengetahui manfaat jalan cepat agar anda semakin bersemangat melakukannya. Ada banyak manfaat dari jalan cepat yang diperoleh oleh tubuh diantaranya yaitu membuat tubuh menjadi kencang.

Tentunya kondisi tubuh ini sangat diinginkan bagi mereka yang sedang mengalami berat badan yang turun. Adanya penurunan berat badan akan menyebabkan kulit mengendur dan kurang enak dilihat.

Dengan melakukan olahraga ini, maka tubuh akan akan lebih kencang.

Jalan cepat juga bisa membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan saat mempraktekkan teknik dasar jalan cepat, maka tubuh akan melakukan pembakaran lemak untuk mendapatkan energi.

Kondisi ini akan menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak keringat. Selain sehat bagi kondisi jantung, adanya pembakaran lemak ini juga dapat menurunkan berat badan, sehingga sangat tepat dilakukan bagi yang sedang menjalani program diet.

Saat melakukan jalan cepat maka otot-otot tubuh akan ikut bergerak, apalagi jalan cepat ini melibatkan seluruh bagian tubuh untuk bergerak mulai dari kaki, badan, tangan hingga kepala.

Dengan melakukukan jalan cepat secara rutin maka tubuh akan lebih nyaman saat digerakkan serta lebih fleksibel. Adanya gerakan tubuh ini akan dapat memperlancar sirikulasi darah sehingga dapat mencegah tubuh terkena penyakit stroke.

Selain berguna bagi kesehatan tubuh, ternyata jalan cepat juga dapat memperbaiki suasana hati. Jalan cepat yang dilakukan secara rutin apalagi dilakukan di tempat yang sejuk dan udara yang segar akan memberikan efek relaksasi bagi tubuh.

Hal ini akan berpengaruh untuk meredakan rasa cemas yang anda alami sehingga sangat disarankan bagi orang yang sedang mengalami depresi agar kondisi hatinya menjadi lebih baik.

Jalan cepat juga dapat meningkatkan tenaga bagi tubuh. Melakukan olahraga ini secara rutin akan membuat tubuh menjadi bertenaga dan terbiasa melakukannya.

Dengan begitu, anda akan lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas yang lain.

Kondisi tubuh yang lelah setelah berolahraga juga akan membuat anda menjadi lebih mudah tidur serta mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Tentunya hal ini harus dilakukan dengan menerapkan teknik dasar jalan cepat yang benar.

Melakukan jalan cepat harus dilakukan secara tepat dengan menguasai teknik dasar yang benar.

Teknik dasar saat melakukan jalan cepat terdiri dari teknik awalan, posisi badan, teknik langkah kaki dan teknik akhiran.

Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat sedang melakukan jalan cepat adalah memperhatikan sikap tubuh, posisi kepala, langkah kaki dan lengan serta pundak.

Jalan cepat memiliki banyak manfaat bagi tubuh mulai dari membakar lemak hingga melancarkan sirkulasi darah.

Share